Kesehatan Mulut dan Gigi

Gusi Bernanah dan Bengkak? Ini Solusinya

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Gusi Bernanah dan Bengkak? Ini Solusinya

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Munculnya nanah pada gusi atau sela gigi yang disertai dengan pembengkakan dan rasa sakit bisa menjadi tanda gusi bengkak bernanah. Nanah sendiri terbentuk sebagai bagian dari proses tubuh untuk melawan infeksi
  • Penyebab gusi bernanah bisa terjadi akibat menumpuknya bakteri yang disebabkan oleh plak dan karang gigi, adanya gigi berlubang, hingga sisa makanan yang masuk ke dalam gusi
  • Yang perlu dilakukan untuk mengobati gusi bernanah adalah dengan mengonsumsi obat antibiotik atau berkumur air garam hingga perawatan dokter gigi yang bertujuan membersihkan nanah dan melawan infeksi tersebut 
  • Untuk mencegah gusi bengkak bernanah bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Caranya dengan membersihkan sisa makanan yang mungkin menempel pada gigi maupun gusi serta melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi

Siapa saja pasti sangat khawatir ketika melihat ada nanah pada gusi, dan seringkali gusi bernanah disertai dengan pembengkakan dan rasa sakit. Nanah juga bisa saja terlihat jelas mengalir di sela-sela gigi atau mungkin tersembunyi di dalam gusi yang bengkak.

Penyebab Gusi Bernanah

Dalam istilah medis nanah disebut dengan "pus" sedangkan nanah yang tersimpan atau tersembunyi dalam ruangan (pembengkakan) disebut dengan "Abcess" dibaca abses.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Saluran Akar via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan saluran akar hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia d09 perawatan saluran akar

Nanah terbentuk melalui proses tubuh dalam melawan infeksi. Sistem kekebalan tubuh mengirimkan sel darah putih ke daerah yang terinfeksi untuk mencoba melawan bakteri dan akhir dari proses ini terbentuklah nanah. Nanah mengandung sel hidup dan mati serta enzim. Nanah yang tak kunjung keluar dan tersimpan di dalam rongga jaringan (abses) akan menimbulkan masalah, di antaranya terlihat bengkak dari luar dan gejala lainnya.

Abses dapat terbentuk di hampir setiap bagian tubuh. Terkhusus pada mulut, abses dapat terbentuk di gusi (gusi bernanah), gigi, atau akar gigi. Jadi dapat disimpulkan bahwa kalau ada nanah berarti ada infeksi bakteri di sana.

Penyebab gusi bernanah bisa terjadi karena bakteri masuk melalui beberapa cara:

  • Melalui trauma (makanan atau sisa yang tertanam jauh di dalam gusi)
  • Melalui pembusukan (gigi berlubang) yang menjalar sampai ke saraf gigi dan pembuluh darah (pulpa gigi)
  • Melalui celah antara gigi dan gusi, contohnya melalui penumpukan plak dan karang gigi

Baca juga: Gigi atau Gusi Bernanah: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Gejala Gusi Bengkak Bernanah 

Gejala utama gusi bengkak bernanah adalah nyeri berdenyut yang tidak kunjung mereda. Pada awalnya, gigi akan sensitif terhadap panas dan tekanan pada saat mengunyah. Kemudian bisa timbul demam. Kelenjar getah bening di bawah rahang atau di leher mungkin membengkak dan sakit. Anda juga mungkin merasa nyeri di daerah sinus (sekitar pipi depan dekat hidung).

Terlihat bahwa gusi mengalami pembengkakan dan memerah, selang beberapa hari ketika kita raba gusi bengkak akan terasa lunak yang menandakan adanya cairan nanah dibalik gusi. Jika gelembung gusi (abses) terbuka atau pecah, maka keluarlah cairan berbau busuk berwarna kekuningan, jelas sudah inilah gejala gusi bernanah.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Saluran Akar via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan saluran akar hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia d09 perawatan saluran akar

Namun, jika abses tidak pecah dan mengeluarkan isinya, maka infeksi dapat menyebar ke area lain di sekitar gusi yang berdekatan atau bahkan daerah kepala dan leher. Jika kondisinya demikian, maka bisa berbahaya dan mengancam nyawa.

Pengobatan Gusi Bernanah

Untuk dapat mengobati gusi bengkak bernanah dengan efektif, maka pertama kali yang dilakukan adalah membersihkan nanah dan mengusir infeksi tersebut. Apabila nanah sudah keluar seluruhnya, maka kebanyakan gejala akan hilang dengan cepat atau dalam beberapa hari. Namun, gusi bengkak bernanah dapat kambuh lagi apabila akar masalah atau penyebabnya tidak dihilangkan. Oleh karena itu, Anda perlu mendapatkan perawatan dari dokter gigi.

Perawatan Gusi Bengkak Bernanah

  • Jika jaringan gusi yang bengkak begitu lunak dan lembut, maka akan mudah bagi dokter untuk mengeluarkan nanah itu melalui sayatan ringan (drainase). Namun, jika nanah meluas dan terletak lebih dalam, maka dokter gigi akan membersihkan jaringan yang terkena infeksi bahkan sampai ke akar gigi.
  • Jika infeksi dimulai dari gigi yang berlubang, maka dokter juga akan mebersihkannya dan melakukan perawatan saluran akar sampai akhirnya ketika sudah bersih dan tidak sakit lagi dapat dilakukan penambalan.
  • Hal ini tidak berlaku pada gigi yang sudah begitu rusaknya (membusuk) sehingga tidak bisa diperbaiki lagi, dalam kondisi ini maka dilakukan pencabutan gigi.
  • Pengobatan untuk meredakan rasa sakit, bengkak, dan antibiotik akan diberikan sesuai indikasi.
  • Mungkin dokter gigi juga akan menganjurkan Anda untuk berkumur air garam hangat, dengan cara 1 sendok teh garam dapur dicampur dengan air hangat satu gelas, dipakai berkumur selama 1 menit 3 kali sehari.

Baca juga: Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak, Efektif dan Aman

Pencegahan Gusi Bernanah dan Bengkak

Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik dapat membantu mencegah abses. Untuk itu lakukan hal berikut:

  • Selalu bersihkan sisa-sisa makanan pada gigi dan gusi.
  • Pemeriksaan gigi secara teratur setiap enam bulan ke dokter gigi.
  • Segera atasi gigi yang berlubang atau membusuk dengan dokter gigi sebelum menjadi sakit, terinfeksi atau bengkak.
  • Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah karena obat atau penyakit, informasikan hal ini kepada dokter.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Swollen gum around one tooth: Causes and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326016.php)
What Causes a Swollen Gum Around One Tooth?. Healthline. (https://www.healthline.com/health/swollen-gum-around-one-tooth)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Kenali Gejala Gigi Bernanah
Kenali Gejala Gigi Bernanah

Gejala utama gigi bernanah adalah rasa nyeri yang berdenyut di dekat gigi atau gusi Anda. Rasa nyeri biasanya muncul secara tiba-tiba dan semakin memburuk seiring waktu.

Buka di app