Pengobatan Kelenjar Getah Bening Bengkak Sesuai Penyebabnya

Dipublish tanggal: Des 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Pengobatan Kelenjar Getah Bening Bengkak Sesuai Penyebabnya

Kelenjar getah bening ini adalah organ berbentuk lonjong dan berukuran kecil, tapi fungsinya sangat penting untuk menjaga sistem imun tubuh. Ketika organ ini bermasalah, misalnya terjadi pembengkakan atau peradangan, tentu saja tubuh jadi tidak mampu melawan berbagai zat asing atau patogen berbahaya dengan maksimal. Lantas, apa saja langkah pengobatan kelenjar getah bening bengkak yang dapat dilakukan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Lokasi pembengkakan kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening berada di beberapa area tubuh, seperti di leher, ketiak, hingga lipatan paha. Masing-masing bagian tersebut memungkinkan terjadi pembengkakan bila ada infeksi yang masuk ke dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Penyebab pembengkakan kelenjar getah bening dapat diketahui sesuai dengan lokasinya. Berikut selengkapnya.

1. Leher

Getah bening yang membengkak cukup sering terjadi di bagian leher. Hal ini sangat mudah diketahui dengan melihat adanya tonjolan atau pembengkakan di area leher.

Pembengkakan kelenjar getah bening di leher bisa terjadi pada saat Anda terkena pilek atau sakit tenggorokan. Selain itu, tumor dan cedera karena gigitan maupun luka juga dapat menyebabkan kondisi ini.

2. Lipatan paha

Bila kelenjar getah bening di paha mengalami pembengkakan, maka hal ini bisa jadi pertanda adanya infeksi atau cedera di area sekitar paha. Misalnya di daerah selangkangan, alat kelamin, maupun kaki. Bengkak pada getah bening di lipatan paha juga bisa disebabkan karena limfoma.

3. Ketiak

Jika pembengkakan terjadi di area ketiak, hal ini bisa mengindikasikan seseorang mengalami kanker pada kelenjar getah bening (limfoma) atau kelenjar payudara. Namun, pada kondisi tidak begitu parah biasanya disebabkan oleh adanya cedera maupun infeksi. 

Baca Juga: 7 Penyakit Kelenjar Getah Bening Beserta Ciri-Cirinya

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Pilihan pengobatan kelenjar getah bening bengkak

Kelenjar getah bening aktif bekerja saat tubuh mulai terserang penyakit. Organ tubuh yang satu ini memiliki berbagai macam sel imun yang dapat memerangi berbagai penyebab penyakit. Ketika infeksinya cukup kuat, maka hal ini bisa menimbulkan peradangan pada kelenjar getah bening yang disebut dengan limfadenitis

Pengobatan kelenjar getah bening bengkak atau meradang berbeda-beda pada setiap pasien. Hal ini akan disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahannya masing-masing.

Berikut pilihan pengobatan kelenjar getah bening bengkak berdasarkan penyebabnya:

1. Obat radang dan antinyeri

Pembengkakan getah bening sering kali disebabkan oleh adanya infeksi atau peradangan. Biasanya, dokter akan meresepkan obat antiradang dan pereda nyeri seperti aspirin atau ibuprofen guna meringankan gejalanya.

Namun, jika dalam tubuh seseorang didapati tanda-tanda infeksi bakteri, maka dokter juga akan menyarankan pasien untuk minum obat antibiotik sesuai yang diresepkan.

2. Penanganan khusus

Jika kelenjar getah bening membengkak diakibatkan oleh infeksi virus, maka tidak memerlukan tindakan khusus. Kondisi ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya setelah virus tersebut berhasil dilawan oleh tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Namun, lain halnya bila virus yang menyerang adalah HIV, maka dokter akan memberikan penanganan khusus untuk mengatasinya. Anda akan diminta menjalani sejumlah pemeriksaan guna memastikan adanya infeksi HIV dalam tubuh.

3. Istirahat cukup

Istirahat menjadi tahapan pengobatan kelenjar getah bening bengkak yang tak kalah penting. Hal ini akan membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat efek pembengkakan.

Selain itu, Anda juga dapat mengompres bagian yang bengkak dengan kompres hangat. Lakukan secara rutin hingga nyerinya mereda dan tubuh Anda kembali terasa nyaman.

4. Terapi kanker

Dalam kondisi yang parah, pembengkakan getah bening juga bisa jadi pertanda kanker, atau yang disebut dengan limfoma. Kondisi ini jelas harus segera ditangani dengan penanganan yang serius.

Dokter akan menganjurkan sejumlah terapi kanker guna mencegah sel kanker kian menyebar ke bagian tubuh lainnya. Tindakannya bisa dengan radiasi, kemoterapi, hingga operasi, tergantung dari penyebaran dan keparahan sel kanker dalam tubuh.

Jika Anda mengalami pembengkakan yang tidak wajar disertai dengan rasa sakit,  segera konsultasikan ke dokter mengenai kondisi Anda. Pengobatan kelenjar getah bening bengkak dilakukan untuk membantu meringankan gejala sekaligus mencegahnya semakin parah.

Baca Juga: Gejala Kanker Getah Bening yang Perlu Anda Waspadai

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Swollen Lymph Nodes: Locations, Causes, Signs, Test & Treatment. eMedicineHealth. (Accessed via: https://www.emedicinehealth.com/swollen_lymph_glands/article_em.htm)
Swollen Glands in the Neck. Harvard Health. (Accessed via: https://www.health.harvard.edu/decision_guide/swollen-glands-in-the-neck)
Swollen Lymph Glands (Lymph Nodes) - Causes, Treatment, Info. Patient. (Accessed via: https://patient.info/signs-symptoms/neck-lumps-and-bumps-leaflet/swollen-lymph-glands)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app