Pasque Flower: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 19, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Bunga Pasque secara ilmiah dikenal sebagai Pulsatilla vulgaris milik keluarga Buttercup (Ranunculaceae), dan terkait erat dengan genus Anemone. Tanaman ini berasal dari Eropa utara dan tengah dan Asia barat. 

Nama umum lainnya dari bunga Pasque adalah bunga passe , bunga matahari, Prairie Crocus, padang rumput anemon, pulsatilla, bunga Paskah, crocus liar, tulip biru, mata kucing, lonceng Coventry, bunga Dane, ramuan mimpi, bunga angin, tanaman tanduk hart, jenggot singa, mayflower, passe-flower, dan lily batu. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Pulsatilla vulgaris identik dengan Anemone pulsatilla.

Tanaman bunga pasque dikenal sebagai pasque flower dan mekar selama Paskah. Tanaman dipanen saat mekar. Ramuan tersebut beracun ketika masih segar, sehingga bahan tanaman harus dikeringkan dengan benar sebelum dapat digunakan untuk tujuan pengobatan. 

Ramuan kering mulai kehilangan khasiatnya setelah satu tahun atau lebih. Dalam ilmu herbal, bagian tanaman di atas tanah umumnya digunakan sebagai obat herbal.

Mengenai Bunga Pasque

Golongan

Herbal

Kemasan

Ekstrak bunga yang dikeringkan

Kandungan

Bunga pasque mengandung glikosida ranunculin

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Manfaat Bunga Pasque

  • Bermanfaat untuk Pria. Bunga Pasque banyak digunakan untuk mengobati sebagian besar keluhan sistem reproduksi pria. Ramuan ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang terkait dengan pembengkakan testis, suatu kondisi yang dikenal sebagai orkitis.
  • Kesehatan Kulit. Bunga Pasque juga ditemukan cukup bermanfaat untuk mengobati beberapa jenis kondisi kulit seperti bisul, infeksi bakteri, radang kulit dan cacar air.
  • Sinusitis. Selain menjadi obat yang sangat berguna untuk masalah kesehatan wanita, obat homeopati pulsatilla juga dianjurkan untuk menyembuhkan sinusitis disertai dengan sakit kepala dan katarak kekuningan.
  • Kesehatan Saraf. Bunga Pasque cukup efektif dalam mengobati masalah saraf seperti sakit kepala, migrain, neuralgia, kelelahan saraf, panik, depresi, hiperaktif dll. Ramuan ini juga digunakan untuk menyembuhkan gangguan tidur, kelelahan sistem adrenal dan masalah mental seperti pikun dan skizofrenia.
  • Masalah Kesehatan Wanita. Bunga Pasque adalah obat homeopati umum untuk mengatasi masalah kesehatan wanita, termasuk aliran menstruasi pendek, mens terlambat, atau amenore dengan nyeri hebat (dismenore).
  • Kesehatan Pernafasan. Bunga Pasque banyak digunakan untuk mengobati masalah pernapasan seperti batuk, asma, batuk rejan dan radang selaput lendir serta bronkiolus.
  • Kesehatan Jantung. Bunga pasque sangat bermanfaat untuk perawatan jantung karena ramuan ini dapat digunakan untuk menyembuhkan miokardium, suatu kondisi yang mengakibatkan penebalan otot jantung.
  • Gangguan pencernaan. Bunga pasque paling baik digunakan untuk semua jenis gejala gangguan pencernaan, termasuk mual, muntah, gangguan pencernaan, diare, dan wasir yang gatal dan menyakitkan.
  • Infeksi Telinga. Bunga Pasque dikenal untuk mengobati infeksi telinga dan sakit telinga.
  • Infeksi mata. Bunga pasque dikenal untuk mengobati masalah peradangan mata seperti konjungtivitis (mata merah muda), kornea yang meradang, dan bintitan.
  • Artritis dan Kondisi Sendi. Bunga Pasque juga dianggap sebagai obat homeopati yang baik untuk kondisi artritis seperti rheumatoid arthritis, terutama ketika rasa nyeri atau peradangan seseorang berubah lokasi.

Dosis Bunga Pasque

Sebagai herbal teh: Tambahkan ½-1 sendok teh (0,12 hingga 0,3 g) ramuan kering ke dalam secangkir air dan rebus selama 10 hingga 15 menit sebelum disaring. Teh dapat diminum tiga kali sehari atau saat dibutuhkan.

Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman dan penggunaan dosis bisa menjadi penting. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum mengkonsumsi bunga pasque.

Efek samping Bunga Pasque

Bunga pasque dapat menyebabkan peradangan dan gatal-gatal.Namun untuk penggunaan yang rutin sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter untuk menghindari terjadinya komplikasi.

Konsumsilah herbal bunga pasque dalam jumlah yang cukup. Hindari penggunaan herbal bunga pasque yang berlebihan untuk menghindari terjadinya efek samping yang tidak diinginkan.

Interaksi Bunga Pasque dengan obat Lain

Masih belum ada data yang diketahui mengenai interaksi penggunaan bunga pasque dengan obat-obatan lain. Namun bila Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan dan rutin mengkonsumsi bunga pasque, sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter untuk menghindari terjadinya reaksi pada obat.Perhatian

  • Tanaman bunga pasque sedikit beracun dan racun larut dengan panas atau dengan mengeringkan tanaman.
  • Penggunaan berulang pada tanaman dapat menyebabkan iritasi kulit pada beberapa orang.
  • Obat ini harus digunakan dengan hati-hati, penggunaan dosis yang berlebihan dapat menyebabkan diare, muntah dan kejang.
  • Seharusnya tidak direkomendasikan untuk pasien dengan pilek.
  • Seharusnya tidak disimpan lebih dari 12 bulan sebelum digunakan.
  • Dosis tinggi atau tidak tepat dapat menyebabkan koma, kejang, dan bahkan kematian.
  • Kontraindikasi untuk mereka yang mengalami pendarahan usus dan disentri karena panas lembab.
  • Jangan gunakan atau mengkonsumsi tanaman/ bunga yang masih segar.
  • Bunga pasque tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan atau selama menyusui.
  • Tidak direkomendasikan untuk mengobati gastritis.
  • Terlalu sering menggunakan bunga pasque dapat menyebabkan depresi, sakit perut dan gugup, dan penggunaan tingtur bisa berakibat fatal jika digunakan dalam jumlah besar.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sramkó, Gábor & Laczkó, Levente & Volkova, Polina & Bateman, Richard & Mlinarec, Jelena. (2019). Evolutionary history of the Pasque-flowers (Pulsatilla, Ranunculaceae): Molecular phylogenetics, systematics and rDNA evolution. Molecular Phylogenetics and Evolution. 135. 10.1016/j.ympev.2019.02.015.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/331457183_Evolutionary_history_of_the_Pasque-flowers_Pulsatilla_Ranunculaceae_Molecular_phylogenetics_systematics_and_rDNA_evolution)
Pulsatilla: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/pulsatilla/supplements.htm)
Pasque Flower Uses, Benefits & Dosage. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/pasque-flower.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app