Kebiasaan Sehat

Fakta Menarik Seputar Tanggal Kadaluarsa yang Perlu Anda Ketahui

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Okt 8, 2019 Waktu baca: 3 menit
Fakta Menarik Seputar Tanggal Kadaluarsa yang Perlu Anda Ketahui

Di setiap kemasan makanan maupun minuman pasti tertera tanggal kadaluarsa. Tanggal tersebut umumnya menandakan kapan batas produk tersebut aman dikonsumsi. Namun, ternyata tidak semua tanggal yang tertera di kemasan menandakan batas aman konsumsi, lho! Ada juga beberapa produk makanan atau minuman kemasan yang tetap aman dikonsumsi meski sudah melampaui tanggal yang dicantumkan.

Ketahui istilah dalam tanggal kadaluarsa

Dalam kemasan makanan atau minuman, ada beberapa jenis tanggal yang biasa dicantumkan. Masing-masing tanggal tersebut memiliki arti tersendiri. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Ada informasi tanggal yang menandakan batas aman pemakaian, lalu ada juga yang menunjukkan kapan makanan tersebut berada dalam kualitas terbaiknya. Sebagai konsumen, Anda harus paham betul beberapa istilah dalam tanggal kadaluarsa agar bisa mengonsumsi makanan atau minuman dengan aman. 

Berikut istilah-istilah dalam tanggal kadaluarsa yang baik untuk dipahami, yaitu:

1. Best before

Setiap membeli makanan atau minuman kemasan, Anda tentu mencari kata 'best before'. Ya, tanggal best before menginformasikan batas waktu makanan atau minuman tersebut aman dikonsumsi dalam kualitas terbaiknya.

Konsumsi melebihi batas waktu tersebut sebetulnya boleh saja, tapi tidak disarankan. Hal ini karena kualitasnya tentu sudah semakin menurun, entah itu menyangkut tekstur, kesegaran, serta rasanya. Jadi, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan atau minuman sebelum melewati tanggal best before.

Perlu diingat bahwa tanggal best before hanya berlaku bagi produk yang masih dalam kondisi tertutup. Apabila produk makanan dan minuman sudah dibuka, maka kualitasnya akan semakin menurun dan Anda tidak bisa mengacu pada tanggal itu lagi.

2. Sell by

Tanggal sell by artinya jatuh tempo produk tersebut bisa ditampilkan di toko. Selain itu, tanggal sell by juga menunjukkan kondisi batas waktu makanan dan minuman tersebut dalam kualitas terbaik. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Produk yang sudah melewati sell by masih bisa dikonsumsi selama kondisi produk masih baik dan disimpan dengan benar.

3. Expiration

Tanggal expiration sering disingkat menjadi "exp". Tanggal ini menunjukkan kapan produk tersebut sudah tidak layak dikonsumsi dan sebaiknya dibuang.

Tidak hanya menandakan bahwa kualitas produk sudah buruk, tanggal kedaluwarsa juga berpengaruh pada keamanan produk jika dikonsumsi. Bila Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa, maka hati-hati dengan risiko keracunan dan risiko gangguan kesehatan lainnya.

4. Tanggal use by

Tanggal use by menunjukkan tanggal terakhir produk makanan atau minuman sebaiknya dikonsumsi. Jika sudah melewati tanggal tersebut, kualitasnya semakin menurun.

Pro kontra mengenai tanggal "best before"

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tanggal best before menginformasikan kapan kualitas produk makanan dan minuman kemasan akan menurun, tapi tidak berkaitan dengan keamanannya. Jadi meski sudah melewati tanggal best before, makanan dan minuman masih aman dikonsumsi dengan catatan kemasannya masih tertutup.

Kalaupun sudah terbuka, Anda masih bisa mengkonsumsinya selama disimpan dengan benar. Berbeda dengan tanggal expiration yang menandakan produk sudah tak aman lagi untuk dikonsumsi. Apabila nekat dikonsumsi, maka akan menimbulkan efek buruk yang berbahaya bagi kesehatan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Anda Harus Berhenti Konsumsi Makanan Kemasan dari Sekarang

Bahaya mengkonsumsi makanan yang sudah lewat tanggal kedaluwarsa

Makanan yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa (expiration date) harus segera dibuang karena kualitasnya sudah buruk dan keamanannya tidak terjamin. Ciri makanan atau minuman yang melewati tanggal kedaluwarsa meliputi:

  • Timbul bau tak sedap
  • Rasa makanan atau minuman berubah
  • Mudah hancur
  • Kondisinya berlendir dan lengket
  • Ditumbuhi jamur
  • Bentuk serta warnanya berubah dari aslinya
  • Dihinggapi belatung atau ulat.

Ada beberapa efek samping yang akan Anda rasakan jika mengonsumsi makanan yang sudah kedaluwarsa. Dampak buruk tersebut di antaranya adalah diare, sakit perut, masalah pada lambung, keracunan, dan sembelit.

Setelah tahu mengenai istilah tanggal-tanggal kadaluarsa pada kemasan makanan dan minuman, kini Anda harus semakin waspada. Hindari konsumsi makanan yang melewati tanggal kedaluwarsa karena kondisinya sudah tidak layak dikonsumsi dan berdampak buruk bagi kesehatan. 

Setiap membeli produk kemasan, cek dulu tanggal kadaluarsanya. Pastikan produk tersebut masih jauh dari tanggal kedaluwarsa agar aman dikonsumsi dan Anda tidak perlu terburu-buru menghabiskannya.

Baca Juga: Tidak Sengaja Minum Vitamin Kedaluwarsa, Apakah Berbahaya?

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app