Pakis Burung Unta: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 19, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Pakis burung unta adalah salah satu jenis tanaman pakis. Tunas muda dari pakis burung unta, dikenal sebagai fiddlehead, yang biasa digunakan untuk membuat obat. Orang menggunakan pakis burung unta sebagai obat kumur untuk sakit tenggorokan

Pakis burung unta juga kadang-kadang dioleskan langsung ke kulit untuk mengobati luka dan bisul. Dalam dunia kuliner, fiddlehead dari pakis burung unta dapat diolah sebagai salah satu cita rasa kuliner musiman. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Tunas muda pakis burung unta tersedia dalam kemasan kaleng, beku, atau segar. Fiddlehead segar harus direbus setidaknya 10 menit sebelum dikonsumsi. Mengkonsumsi fiddlehead mentah dapat menyebabkan keracunan makanan yang parah.

Mengenai Pakis Burung

Golongan

Herbal

Kemasan

-

Kandungan

  • pigmen xanthophyll,
  • asam lemak esensial (termasuk asam linolenat, arakidonat, dan asam eicosapentaenoate)
  • flavon (demethoxy matteucinol, matteucinol, matteuorien)
  • stilbenes (pinosylvin, pinosylvin 3-O-beta-D-glucopyranoside, 5-beta-D-glucosyloxy-3-hydroxyl-trans-stilbene-2-carboxylic acid) Senyawa antioksidan (asam klorogenat dan caffeoylhomoserine)
  • Minyak atsiri (E) -phytol, nonanal, dan decanal

Manfaat Pakis Burung Unta

Pakis burung unta mungkin dapat bertindak seperti obat pencahar. Selain itu, mengingat kandungan nutrisinya yang kaya, pakis fiddlehead memberikan banyak manfaat kesehatan. Berikut beberapa manfaat yang terkait dengan mengkonsumsi pakis unik ini.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tunas pakis burung unta kaya akan antioksidan, seperti vitamin A dan vitamin C, menambahkan pakis fiddlehead ke dalam makanan dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi. 

Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan kanker dan penuaan dini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Karena kandungan niasin dan kaliumnya, mengkonsumsi pakis fiddlehead secara teratur dapat melindungi jantung dan menurunkan jumlah kolesterol. Tunas dari pakis ini dapat menurunkan kolesterol LDL, membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kemungkinan mengalami stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung.

3. Meningkatkan sel darah merah

Tunas pakis burung unta kaya akan zat besi, rutin mengkonsumsi tunas pakis burung unta dapat membantu menjaga jumlah sel darah merah dan melindungi dari anemia. kandungan  tembaga dan zat besi di dalamnya juga dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

4. Menjaga kesehatan mata

Tunas pakis burung unta mengandung sejumlah besar vitamin A, yang dapat membantu melindungi dan meningkatkan penglihatan. Tunas pakis burung unta juga berpotensi untuk melindungi mata Anda dari degenerasi makula seiring bertambahnya usia.

5. Meningkatkan energi

Tunas pakis burung unta adalah tambahan yang bagus untuk diet yang sehat dan seimbang karena mereka membantu melancarkan metabolisme dan meningkatkan energi. 

Kandungan mangan yang terdapat dalam tunas pakis burung unta juga dapat membantu mengatur fungsi tiroid serta menjaga kadar gula darah.

Dosis Pakis Burung Unta

  • Dosis yang tepat dari pakis burung unta tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang tepat untuk penggunaan pakis burung unta. 
  • Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman, oleh karena itu Anda tetap harus memperhatikan berapa banyak tunas pakis burung unta yang dapat Anda konsumsi. 
  • Konsultasikan dengan apoteker ,dokter atau profesional kesehatan lainnya jika Anda mengalami masalah kesehatan terkait dengan mengkonsumsi pakis burung unta.

Efek samping Pakis Burung Unta

Pakis burung unta tampaknya aman bagi kebanyakan orang bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar sebagai makanan, asalkan direbus setidaknya 10 menit sebelum dimakan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Mengkonsumsi pakis burung unta yang belum direbus dengan benar dapat menyebabkan mual, muntah, kram perut, diare, sakit kepala, dan keracunan makanan yang parah. Tidak ada informasi yang cukup untuk mengetahui apakah aman menggunakan pakis rebus sebagai obat.

Interaksi Pakis Burung Unta

Tidak ada interaksi obat yang dilaporkan yang terkait dengan penggunaan pakis burung unta.

Perhatian

Sebelum mengkonsumsi pakis burung unta, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

  • Saat ini tidak ada bukti ilmiah yang kuat yang mendukung manfaat kesehatan dari penggunaan pakis burung unta. Pakis burung unta tidak boleh digunakan sebagai pengganti obat tradisional.
  • Diskusikan dengan dokter Anda mengenai penggunaan pakis burung unta.
  • Ketika dikonsumsi mentah, pakis burung unta memiliki rasa pahit.
  • Pakis burung unta tidak boleh dikonsumsi mentah karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.
  • Keracunan makanan dapat terjadi jika pakis burung unta tidak disimpan dan dimasak dengan benar.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Ostrich Fern: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-492/ostrich-fern)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app