Thymalfasin: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 21, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Jun 25, 2019 Waktu baca: 3 menit

Thymalfasin (thymosin-alpha 1) adalah agen imunomodulasi yang dapat meningkatkan respon imun Thl (sistem kekebalan tubuh). Obat ini telah terbukti sebagai imunomodulator dalam pengobatan terkait pada beberapa penyakit, termasuk hepatitis B dan C kronis, AIDS, penyakit defisiensi imun primer dan kanker

Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang pada hal ini adalah meningkatkan fungsi sel T. Thymalfasin dijual dengan nama merek dagang Zadaxin.

Iklan dari HonestDocs
Paket Vaksin Hepatitis B Di NK Health Klinik

Cegah Penyakit Hepatitis B dengan Vaksin. Paket ini termasuk 3x suntik vaksin Hepatitis B, biaya registrasi, konsultasi dengan dokter, dan pemeriksaan tanda-tanda vital.

Paket vaksin hepatitis b di nk health klinik

Mengenai Thymalfasin

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Injeksi

Kandungan:

Obat golongan imunomodulasi

Pada keadaan apa saja obat ini dapat digunakan?

Hepatitis Kronis B
Thymalfasin diindikasikan dapat digunakan sebagai pengobatan tunggal atau kombinasi dengan interferon sebagai pengobatan hepatitis B kronis. 

Dari sebuah penelitian yang melibatkan 223 pasien dengan memberikan Thymalfasin dua kali seminggu selama 6 bulan, menunjukan hasil yang lebih baik dibandingkan hanya dengan menggunakan interferon.

Hepatitis C Kronis
Thymalfasin diindikasikan sebagai terapi kombinasi dengan interferon untuk pengobatan hepatitis C kronis. Setelah 6 hingga 12 bulan setelah selesai pengobatan, dalam sebuah penelitian diamati pada 22,4% pasien yang diobati dengan terapi kombinasi mengalami kemajuan yang cukup signifikan dibandingkan dengan hanya menggunakan interferon saja yang memiliki angka kesembuhan hanya 9,3%.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kanker
Thymalfasin diindikasikan sebagai terapi tambahan untuk kemoterapi pada pasien-pasien dengan karsinoma paru-paru sel kecil (NSCLC), melanoma ganas, karsinoma hepatoseluler (HCC), kanker payudara, limfoma non-Hodgkin (program CHOP), kanker kolorektal, kanker kepala dan leher, leukemia, karsinoma pankreas, dan karsinoma sel ginjal. 

Studi klinis pada lebih dari 1.000 pasien dengan berbagai jenis kanker menunjukkan bahwa Thymalfasin meningkatkan parameter imunologis meningkatkan tingkat respons tumor, dan meningkatkan kelangsungan hidup dan kualitas hidup.

ZADAXIN (thymalfasin) dikontraindikasikan pada pasien dengan riwayat hipersensitif terhadap thymosin alpha 1 atau komponen injeksi apa pun. Karena terapi ZADAXIN (thymalfasin) tampaknya bekerja dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, 

terapi tersebut harus dianggap sebagai kontraindikasi pada pasien yang dengan sengaja ditekan kekebalannya, seperti pasien transplantasi organ, kecuali jika potensi manfaat terapi jelas melebihi potensi risiko.

Dosis dan cara pemberian obat Thymalfasin

ZADAXIN (thymalfasin) diberikan melalui injeksi subkutan (di bawah kulit) dan tidak boleh diberikan secara intravena (melalui pembuluh darah). Dosis yang dianjurkan untuk penggunaan Zadaxin adalah 1,6 mg (900  g / m2) dua kali seminggu selama 6 hingga 12 bulan. Obat lain dapat berinteraksi dengan Zadaxin. 

Thymalfasin harus dilarutkan dengan 1,0 ml pengencer yang disediakan, yang terdiri dari 1,0 ml Air Steril untuk Injeksi, segera sebelum digunakan. Berdasarkan petunjuk dokter, pasien dapat diajari untuk memeberikan sendiri pengobatannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8
  • Dosis ZADAXIN (thymalfasin) yang direkomendasikan untuk hepatitis B kronis bila digunakan sebagai monoterapi atau dalam kombinasi dengan interferon (pada dosis berlabel dan jadwal untuk interferon) adalah 1,6 mg (900 μg / m2) diberikan secara subkutan dua kali seminggu selama 6 sampai 12 bulan. Pasien dengan berat kurang dari 40 kg harus menerima dosis ZADAXIN (thymalfasin) 40 μg / kg.
  • Dosis ZADAXIN (thymalfasin) yang direkomendasikan untuk kanker adalah 1,6 mg (900 μg / m2) yang diberikan secara subkutan selama 6 bulan atau diberikan di antara siklus kemoterapi selama masa pengobatan.

Sediaan dan cara menyimpan obat

ZADAXIN (thymalfasin) tersedia dalam vial sekali pakai yang mengandung 1,6 mg thymosin alpha 1 lyophilized per vial. Setiap karton berisi dua botol ZADAXIN (thymalfasin). 

Setiap karton juga mengandung dua ampul pengencer untuk ZADAXIN (thymalfasin), masing-masing berisi 1,0 ml Air Steril untuk Injeksi, yang akan digunakan untuk merekonstitusi ZADAXIN (thymalfasin).

Simpan ZADAXIN (thymalfasin) antara 2 ° dan 8 ° C (36 ° hingga 46 ° F). ZADAXIN yang sudah diencerkan (thymalfasin) harus segera digunakan.

Efek samping apa yang dapat ditimbulkan dari penggunaan obat ini?

Efek samping umum dari Zadaxin termasuk kemerahan dan ketidaknyamanan di tempat suntikan, atrofi otot, nyeri dan nyeri sendi di beberapa lokasi, dan pembengkakan dan ruam di tangan.

Beri tahu dokter Anda mengenai semua obat yang Anda minum. Jangan menggunakan kembali jarum suntik atau jarum. Jika Anda hamil hanya konsumsi Zadaxin dengan resep dokter.

Berhati-hatilah saat meminum Zadaxin saat sedang menyusui karena Thymalfasin adalah obat tipe D dalam golongan obat-obatan yang berpengaruh terhadap kehamilan, yang artinya dalam percobaan di hewan, obat ini dapat menyebabkan kelainan bawaan.

Ini bukan daftar lengkap efek samping. Efek samping yang lain mungkin terjadi. Hubungi dokter Anda untuk nasihat medis tentang efek samping.

Interaksi Obat

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. 

Selalu beritahukan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter. 



5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zadaxin (Thymalfasin): Uses, Dosage, Side Effects, Interactions, Warning. RxList. (https://www.rxlist.com/zadaxin-drug.htm)
Thymalfasin Dosage & Drug Information. MIMS.com. (https://www.mims.com/thailand/drug/info/thymalfasin?mtype=generic)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app