Hyaluronidase: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Feb 16, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Mei 21, 2019 Waktu baca: 3 menit

Hyaluronidases adalah keluarga enzim yang mengkatalisasi degradasi asam hialuronat (HA). Obat ini memiliki banyak kegunaan yang biasa digunakan dalam menangani beberapa masalah medis. Berikut pada artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai obat Hyaluronidase. Selamat membaca.

Apa sih kegunaan dari obat Hyaluronidase?

Obat Hyaluronidase dapat menurunkan viskositas hyaluronan, sehingga dapat meningkatkan permeabilitas jaringan. Oleh karena itu, obat ini digunakan dalam pengobatan bersama dengan obat lain untuk mempercepat penyebaran dan pengirimannya.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Obat Hyaluronidase adalah obat yang biasa digunakan pada berbagai macam kondisi seperti pada operasi mata, dalam kombinasi dengan anestesi lokal. 

Obat ini juga dapat meningkatkan laju penyerapan cairan parenteral yang diberikan oleh hipodermoklysis, dan merupakan tambahan dalam urografi subkutan untuk meningkatkan resorpsi agen radiopak.

Obat Hyaluronidase dapat digunakan untuk ekstravasasi larutan hiperosmolar. Obat ini juga biasa digunakan oleh ahli bedah plastik dan ahli dermatologi untuk membalikkan efek injeksi asam hialuronat yang digunakan sebagai pengisi kulit ( dermal filler).

Berapa dosis obat Hyaluronidase yang biasa digunakan?

Obat Hyaluronidase hanya dapat diperoleh berdasarkan resep dari dokter. Obat ini tersedia dalam bentuk sediaan larutan. Berikut pemberian obat Hyaluronidase yang biasa diberikan:

Dosis Parenteral untuk Memfasilitasi injeksi Subkutan / Intramuskular

  • Dewasa: 1500 unit langsung ditambahkan ke injeksi.

Dosis Parenteral untuk Tambahan dalam hypodermoclysis

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4
  • Dewasa: 1500 unit untuk setiap 500-1000 ml cairan untuk admin Subkutan.

Dosis Parenteral untuk Membantu penyebaran anestesi lokal dalam oftalmologi

  • Dewasa: 15 unit / ml larutan anestesi lokal.

Dosis Parenteral untuk Membantu penyebaran cairan atau darah ekstravasasi

  • Dewasa: 1500 unit dalam 1 ml air untuk inj atau salin normal disuntikkan ke daerah yang terkena.

Seorang perawat atau profesional kesehatan terlatih lainnya yang akan memberi Anda obat ini di rumah sakit. Obat ini diberikan sebagai suntikan di bawah kulit Anda. Sebelum menerima obat ini untuk pertama kalinya, Anda mungkin akan diberikan tes kulit untuk memastikan Anda tidak alergi terhadap obat tersebut.

Bacalah petunjuk penggunaan obat sesuai yang tertera pada kemasan obat atau resep dokter. Simpan dan letakkan obat pada tempat yang sejuk 2 sampai 8 derajat celcius. Hindari paparan langsung sinar matahari serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan. 

Periksa dan perhatikan selalu tanggal pemakaian sebelum menggunakan obat.

Apa saja efek samping dari penggunaan obat Hyaluronidase?

Seiring dengan efek obat yang digunakan, setiap obat-obatan dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan, yang kadang-kadang menimbulkan efek yang serius. Namun, setiap orang umumnya dapat menimbulkan reaksi yang berbeda-beda terhadap dosis obat yang sama.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Seperti halnya dalam penggunaan obat Hyaluronidase  yang juga memiliki beberapa efek samping, sebagai berikut:

  • Urtikaria atau gatal-gatal
  • Reaksi alergi
  • Nyeri pada tempat penyuntikan

Jika setelah menggunakan obat Hyaluronidase terdapat tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan diatas atau terdapat tanda dan gejala lain yang menetap dan memburuk, segera hubungi dokter atau layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Kontraindikasi obat Hyaluronidase

  • Hipersensitivitas
  • Malignancy atau keganasan.
  • Aplikasi langsung ke kornea
  • Penyuntikan ke dalam atau di sekitar area yang terinfeksi.
  • Pemberian Intravena; persalinan prematur yang tidak dapat dijelaskan

Obat apa saja yang dapat bereaksi dengan obat Hyaluronidase?

Tindakan yang diperkuat oleh urokinase terutama dalam pengobatan infark miokard. Dapat meningkatkan penyerapan dan toksisitas anestesi lokal.

Heparin, salisilat dan NSAID dapat menghambat aksi penyebaran dan kemanjuran obat Hyaluronidase.

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Hyaluronidase?

  • Hindari penggunaan obat ini untuk penderita yang memiliki riwayat alergi terhadap obat Hyaluronidase atau obat-obatan lainnya.
  • Sebelum menggunakan obat ini sebaiknya Anda memberi tahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda konsumsi baik itu vitamin, herbal, obat dari resep dokter atau tanpa resep dokter. Karena beberapa obat dapat menimbulkan efek samping jika dikombinasikan dengan obat Hyaluronidase.
  • Hati-hati penggunaan obat ini pada penderita gangguan fungsi ginjal, bayi, penderita yang lanjut usia dan pasien dengan infeksi.
  • Tidak ada penelitian yang memadai pada wanita untuk menentukan risiko bayi saat menggunakan obat ini selama menyusui. Konsultasikan kembali mengenai potensi manfaat dan potensi risiko sebelum menggunakan obat ini saat menyusui.
  • Hati-hati pemberian obat ini pada ibu hamil. Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil atau berencana hamil. Anda perlu membicarakan tentang manfaat dan risiko penggunaan injeksi Hyaluronidase saat Anda hamil.

Jika setelah menggunakan obat ini tidak terdapat perbaikan atau terjadi perburukan pada kondisi kesehatan Anda. Segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.


16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Rüschen H, Adams L, Bunce C. Use of hyaluronidase as an adjunct to local anaesthetic eye blocks. Cochrane Database of Systematic Reviews 2013, Issue 2. Art. No.: CD010368. DOI: 10.1002/14651858.CD010368.. Cochrane Library. (https://www.cochranelibrary.com/cdsr/doi/10.1002/14651858.CD010368/full)
Stern, R., & Jedrzejas, M. (2006). Hyaluronidases: Their Genomics, Structures, and Mechanisms of Action. Chemical Reviews, 106(3), 818-839. https://doi.org/10.1021/cr050247k. ACS Publications. (https://pubs.acs.org/doi/10.1021/cr050247k)
Buhren, Bettina & Schrumpf, Holger & Hoff, Norman-Philipp & Bölke, Edwin & Hilton, Said & Gerber, Peter Arne. (2016). Hyaluronidase: From clinical applications to molecular and cellular mechanisms. European Journal of Medical Research. 21. 10.1186/s40001-016-0201-5. (https://www.researchgate.net/publication/294289652_Hyaluronidase_From_clinical_applications_to_molecular_and_cellular_mechanisms)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app