Telbivudine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Jul 8, 2019 Waktu baca: 3 menit

Infeksi virus hepatitis B kronis (HBV) mempengaruhi lebih dari 350 juta orang di seluruh dunia. Hepatitis B kronis dikaitkan dengan komplikasi penyakit hati stadium akhir, termasuk sirosis (kondisi dimana sel-sel hati sudah mati dan tidak berfungsi) dan kanker.

Enam obat telah disetujui sebagai pengobatan hepatitis B kronis:  interferon-alpha, pegylated interferon-alpha, lamivudine, adefovir dipivoxil, entecavir dan baru-baru ini telbivudine.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Telbivudine berbeda dengan obat-obatan anti-virus lainnya karena sebagian besar agen yang dirancang untuk menargetkan hepatitis B dihambat oleh perkembangan resistensi, tolerabilitas yang buruk atau efek yang kurang baik.

Oleh karena itu, pencarian agen baru dan strategi pengobatan terus berlanjut. Telbivudine termasuk ke obat anti-HBV terbaru yang disetujui. Obat ini adalah analog nukleosida yang diberikan secara oral yang bekerja dengan menghambat replikasi HBV secara selektif. 

Dosis dan Cara Penggunaan Telbivudine?

Telbivudine tersedia dalam bentuk tablet. Dosis Telbivudine yang disarankan adalah 600 mg (satu tablet) sekali sehari. Larutan oral dapat dipertimbangkan untuk pasien yang mengalami kesulitan menelan tablet.

Respon pengobatan pada minggu ke 24 telah terbukti sebagai prediksi respons jangka panjang. Tingkat DNA HBV harus dipantau pada 24 minggu pengobatan untuk memastikan penurunan jumlah virus secara pasti (DNA HBV kurang dari 300).

Untuk pasien dengan DNA HBV yang terdeteksi setelah 24 minggu terapi, modifikasi pengobatan harus dipertimbangkan.

DNA HBV harus dipantau setiap 6 bulan untuk memastikan tidak terjadi kekambuhan. Jika pasien dites positif untuk DNA HBV kapan saja setelah respons awal mereka, modifikasi pengobatan harus dipertimbangkan. Terapi yang optimal harus dipandu oleh tes resistensi. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Durasi pengobatan yang optimal tidak diketahui. Penghentian pengobatan harus dipertimbangkan sebagai berikut:

  • Pada pasien HBeAg-positif tanpa sirosis, pengobatan harus diberikan setidaknya 6-12 bulan setelah serokonversi HBeAg (kehilangan HBeAg dan kehilangan DNA HBV dengan deteksi anti-HBe) dikonfirmasi atau sampai serokonversi HBsAg atau ada bukti obat ini sudah tidak manjur. Tingkat serum ALT dan HBV DNA harus dievaluasi secara teratur setelah penghentian pengobatan untuk mendeteksi kekambuhan.
  • Pada pasien HBeAg-negatif tanpa sirosis, pengobatan harus diberikan setidaknya sampai serokonversi HBsAg atau sampai ada bukti bahwa obatnya sudah tidak manjur. Dengan perawatan yang berkepanjangan selama lebih dari 2 tahun, evaluasi secara berkala diperlukan untuk mengatasi terjadinya kekambuhan.

Jika dosis terlewat, pasien dapat meminum dosis yang terlewat hanya sampai 4 jam sebelum dosis terjadwal berikutnya. Dosis berikutnya harus diambil pada waktu yang biasa.

Informasi di atas bukan lah merupakan pengganti konsultasi dokter, selalu konsultasikan kondisi Anda dengan dokter, agar dokter dapat mengambil langkah yang tepat untuk menangani kondisi Anda secara optimal. 

Efek samping apa yang dapat ditimbulkan obat ini?

Telbivudine dapat menyebabkan efek samping. Beri tahu dokter Anda jika salah satu dari gejala ini parah atau tidak hilang:

Interaksi dengan produk obat lain dan bentuk interaksi lainnya

Sebuah uji klinis yang menyelidiki kombinasi telbivudine, 600 mg setiap hari, dengan interferon pegilasi alfa-2a, 180 mikrogram sekali seminggu dengan pemberian subkutan, menunjukkan dengan peningkatan risiko pengembangan terjadinya gangguan saraf (perifer). 

Selalu beritahukan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Perhatian

Beri tahu dokter dan apoteker Anda jika Anda alergi terhadap telbivudine atau obat lain. beri tahu dokter dan apoteker semua penggunaan obat baik itu vitamin, suplemen nutrisi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau rencanakan untuk diminum. 

Beri tahu dokter Anda agar dokter Anda dapat mengubah dosis obat Anda atau memantau kondisi Anda lebih seksama.

Beri tahu dokter Anda jika Anda pernah menjalani transplantasi hati (operasi untuk mengganti hati yang sakit), atau penyakit ginjal.

Beri tahu dokter Anda jika Anda hamil, merencanakan kehamilan, atau sedang menyusui. Jika Anda hamil saat menggunakan telbivudine, hubungi dokter Anda. Jangan menyusui saat Anda menggunakan telbivudine.

Jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beri tahu dokter atau dokter gigi bahwa Anda dalam pengobatan telbivudine. 


2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Telbivudine - C10H14N2O5. U.S. National Library of Medicine National Center for Biotechnology Information. (https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/Telbivudine)
Telbivudine Oral: Uses, Side Effects, Interactions, Pictures, Warnings & Dosing. WebMD. (https://www.webmd.com/drugs/2/drug-145813/telbivudine-oral/details)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app