5 Obat Sakit Gigi Anak yang Paling Manjur dan Aman

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 23, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
5 Obat Sakit Gigi Anak yang Paling Manjur dan Aman

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Tidak semua obat sakit gigi untuk dewasa aman diberikan untuk anak-anak. Jangan sembarang memberikan obat untuk anak;
  • Tak hanya sebagai obat penurun demam, paracetamol juga bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi anak yang manjur;
  • Ibuprofen memiliki efek antiinflamasi yang tak hanya mampu meredakan sakit gigi pada anak, tetapi juga masalah gusi bengkak;
  • Cataflam Drops bisa menjadi pilihan untuk anak. Obat ini berbentuk cairan yang diteteskan sehingga mudah digunakan untuk anak-anak yang mengalami sakit gigi;
  • Asam mefenamat dapat digunakan sebagai obat sakit gigi. Akan tetapi, obat in hanya bisa diberikan kepada anak yang usianya di atas 14 tahun;
  • Bila Anda mencari obat sakit gigi anak yang berbentuk oles, gunakan Dentasol.
  • Klik untuk membeli Dentasol serta obat gigi, mulut, dan tenggorokan lainnya dari rumah Anda melalui HDMall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Anda juga dapat memesan paket perawatan gigi melalui HDMall. Nikmati potongan harga dan pelayanan dari dokter berkualitas. 

Orang tua tentu merasa sangat sedih dan khawatir saat sang buah hati menderita sakit gigi. Penyebab sakit gigi pada anak bervariasi.  Akan tetapi, penyebab paling sering adalah masalah gigi berlubang. Agar sakit si kecil tak berlarut-larut, atasi dengan obat sakit gigi anak yang manjur dan aman.

Apakah obat sakit gigi manjur untuk anak?

Beberapa obat sakit gigi tergolong manjur dan aman diberikan untuk anak. Namun, tidak semua obat sakit gigi untuk orang dewasa bisa diberikan untuk anak.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Pasalnya, tubuh anak tentu berbeda dengan tubuh orang dewasa. Menurunkan dosis obat yang biasa dikonsumsi orang dewasa belum tentu aman bagi anak.

Daya tahan tubuh anak dan berbagai sistem dalam tubuhnya masih bertumbuh dan berkembang. Jangan sampai hal ini rusak akibat obat sakit gigi yang kita berikan kepadanya hingga berujung penyesalan di kemudian hari. 

Baca juga:

Apa Bedanya Dokter Gigi Anak dan Dokter Gigi Umum?

Jenis obat sakit gigi anak yang aman

Setidaknya ada 5 macam obat sakit gigi untuk anak yang dapat dipilih orangtua, antara lain:

1. Parasetamol

Paracetamol memang terkenal sebagai obat penurun panas di saat demam. Namun, efek obat ini ternyata juga bisa diandalkan untuk meredakan rasa sakit, salah satunya sakit gigi. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Paracetamol untuk anak tersedia dalam berbagai jenis dan pilihan rasa. Untuk anak-anak di bawah 6 tahun sebaiknya menggunakan sediaan sirup. 

Sedangkan untuk anak yang lebih besar dapat menggunakan tablet dengan dosis setengah dewasa apabila ia sudah bisa minum obat tablet. Dosis dan aturan pakai sebaiknya mengikuti petunjuk yang ada pada kemasan.

Baca Selengkapnya: Parasetamol: Kegunaan, Dosis, Efek Samping

Paracetamol tersedia dalam bentuk obat generik atau obat paten seperti Sanmol, Mirasic, dan sebagainya.

Di antara banyaknya jenis obat sakit gigi anak yang tersedia, parasetamol adalah pilihan yang paling aman. Namun, obat ini lebih cocok untuk mengobati sakit gigi yang tergolong ringan.

2. Ibuprofen

Seperti halnya parasetamol, ibuprofen juga sering diandalkan untuk meredakan demam. Khasiat analgetik yang dimilikinya cenderung lebih kuat daripada parasetamol sehingga dapat meredakan sakit gigi pada anak yang terasa lebih berat. Selain itu, ibuprofen juga memiliki efek antiinflamasi yang dapat mengatasi peradangan dan pembengkakan, misalnya gusi bengkak.

Iklan dari HonestDocs
Pencabutan Gigi Di Tooth's Kingdom Dental Care

Pencabutan gigi adalah tindakan di mana sebuah gigi atau beberapa gigi diangkat oleh ahli bedah mulut dan wajah-rahang (maksilofasial) menggunakan peralatan kedokteran gigi lengkap. Ini adalah teknik sederhana yang dikenal sebagai bedah mulut, biasanya membutuhkan bius lokal atau umum, dan obat penenang

Istock 181864178 %281%29

Bentuk sediaan obat ibuprofen juga bervariasi, ada sirup dan tablet untuk memudahkan dalam mengonsumsinya. Sebaiknya gunakan obat ini setelah makan dan minum air putih secukupnya.

Baca Selengkapnya: Ibuprofen: Kegunaan, Dosis, Efek Samping

3. Cataflam drops

Cataflam adalah salah satu obat sakit gigi berbentuk tablet yang umum digunakan oleh dewasa (tablet). Namun, obat ini juga tersedia dalam bentuk cairan yang diteteskan (drops) sehingga mudah digunakan untuk anak-anak.

Obat sakit gigi anak ini termasuk dalam kategori obat anti inflamasi non steroid. Zat aktif yang terkandung di dalamnya adalah kalium diklofenac 15 mg per ml. Tapi ingat, obat ini hanya boleh digunakan untuk anak yang berusia 6 tahun ke atas dengan dosis 1 mg/kgBB 2 kali sehari.

4. Asam mefenamat

Asam mefenamat juga merupakan obat yang sering diandalkan untuk meredakan sakit gigi dewasa, namun tidak benar-benar aman untuk anak. Meskipun beberapa dokter membolehkan penggunaan asam mefenamat sebagai obat sakit gigi anak, namun rekomendasi yang paling aman adalah untuk anak yang sudah berumur 14 tahun.

Hal ini dikhawatirkan anak-anak tidak dapat mentolerir efek samping asam mefenamat pada pencernaannya, seperti perih ulu hati dan mual. Akan tetapi, efek samping ini dapat diminimalisir dengan cara mengonsumsinya segera setelah makan atau perut dalam keadaan terisi.

Ada banyak sekali merek obat yang mengandung asam mefenamat. Bebebapa contohnya seperti Ponstan, Anastan, dan Mefinal.

5. Dentasol

Obat untuk anak sakit gigi lainnya adalah Dentansol. Berbeda dengan obat sakit gigi lainnya yang digunakan lewat oral alias diminum, Dentasol justru dioleskan langsung ke bagian gigi atau gusi sakit.

Obat ini berupa cairan kental seperti gel yang mengandung zat patirasa, antiseptik, dan beberapa bahan lainnya. Penggunannya pun cukup mudah, cukup dioleskan pada cotton bud lalu tempelkan pada gigi atau gusi yang bermasalah. 

Namun perlu diingat bahwa obat ini tidak boleh ditelan. Jadi, sebaiknya hanya gunakan pada anak yang sudah besar sehingga bisa diinstruksikan untuk tidak menelannya.

Nah, berbagai obat sakit gigi anak tadi tergolong manjur, mudah didapat, dan tentunya aman. Namun, perlu diingat bahwa obat tersebut hanya bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit yang timbul. Untuk mengatasi masalah gigi atau gusi secara tuntas, sebaiknya periksakan ke dokter gigi anak.

Baca juga: Kapan Harus Memeriksakan Gigi Anda ke Dokter?

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
9 home remedies for a toothache. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320315.php)
Teething Treatment: First Aid Information for Teething. WebMD. (https://www.webmd.com/parenting/baby/teething-treatment)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app