Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
AHMAD MUHLISIN
Kesehatan Mulut dan Gigi

Obat Sakit Gigi Anak di Apotek Yang Paling Manjur dan Aman

Update terakhir: DEC 10, 2019 Tinjau pada DEC 10, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.571.864 orang

Obat Sakit Gigi Anak di Apotek Yang Paling Manjur dan Aman

Sebagai orangtua tentu merasa sangat kasihan melihat sang buah hati menderita sakit akibat gigi, penyebabnya pun bervariasi dan paling sering akibat gigi berlubang. Apapun penyebabnya, agar penderitaan si buah hati tak berlarut-larut, atasi dengan obat sakit gigi anak yang manjur dan aman.

Ya, manjur dan aman. Memang ada banyak jenis obat sakit gigi yang di jual di apotek, akan tetapi, walaupun manjur untuk orang dewasa, belum tentu aman untuk anak-anak. Pasalnya anak-anak bukanlah orang dewasa bertubuh kecil, jadi tidak serta merta dengan menurunkan dosis obat yang biasa dikonsumsi orang dewasa sudah cukup aman untuk anak.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Daya tahan tubuh anak dan berbagai sistem dalam tubuhnya masih bertumbuh dan berkembang, jangan sampai hal ini rusak akibat obat sakit gigi yang kita berikan kepadanya hingga berujung penyesalan di kemudian hari. Lantas, obat apa saja yang aman untuk mengatasi sakit gigi anak?

Berikut 5 macam obat sakit gigi anak yang dapat dipilih:

1. Parasetamol

Obat ini memang terkenal sebagai obat penurun panas di saat demam, namun sesungguhnya efek obat ini juga dapat diandalkan untuk meredakan rasa sakit, salah satunya sakit gigi. Di apotek pun, ada banyak varian bentuk sediaan dan juga rasanya.

Untuk anak-anak di bawah 6 tahun sebaiknya menggunakan sediaan sirup, dan untuk anak yang lebih besar gunakan tablet dengan dosis setengah dewasa apabila ia sudah dapat mengonsumsinya. Dosis dan aturan pakai sebaiknya mengikuti petunjuk yang ada pada kemasan, atau Anda bisa membacanya di sini: Parasetamol: Kegunaan, Dosis, Efek Samping

Anda dapat membelinya di apotek dengan merek generik parasematol, atau yang bermerek seperti Sanmol, Mirasic, dll.

Di antara obat sakit gigi anak yang tersedia, parasetamol adalah pilihan yang paling aman. Namun, cocoknya untuk sakit gigi yang tergolong ringan. Untuk sakit gigi yang lebih berat, gunakan obat lainnya seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

2. Ibuprofen

Ibuprofen 400 mg

Seperti halnya parasetamol, ibuprofen juga sering diandalkan untuk meredakan demam. Khasiat analgetik yang dimilikinya lebih kuat daripada parastemaol sehingga dapat meredakan sakit gigi pada anak yang terasa lebih berat. Selain itu, ibuprofen juga memiliki efek antiinflamasi yang dapat mengatasi peradangan dan pembengakakan, misalnya pada gusi bengkak.

Bentuk sediaan obat ibuprofen juga bervariasi, ada sirup dan tablet untuk memudahkan dalam mengonsumsinya. Sebaiknya gunakan obat ini setelah makan, dan minum air putih secukupnya. Selengkapnya ikuti aturan pakai pada kemasan atau baca informasinya di sini, Ibuprofen: Kegunaan, Dosis, Efek Samping

3. Cataflam Drops

Cataflam merupakan merk obat sakit gigi yang cukup populer dan umumnya digunakan oleh dewasa (tablet). Pada gilirannya produsen pun memproduksi obat dalam bentuk cairan yang diteteskan (drops) sehingga mudah digunakan untuk anak-anak.

Obat sakit gigi anak ini termasuk dalam kategori obat anti inflamasi non steroid. Zat aktif yang terkandung di dalamnya adalah kalium diklofenac 15 mg di setiap 1 ml nya. Tapi ingat, hanya boleh untuk anak yang berusia 6 tahun ke atas, dengan dosis 1 mg/kgBB 2 kali sehari.

4. Asam Mefenamat

kemasan asam mefenamat 500 mg tablet

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Asam mefenamat juga merupakan obat yang sering diandalkan untuk meredakan sakit gigi dewasa, namun tidak benar-benar aman untuk anak. Meskipun beberapa dokter membolehkan penggunaan asam mefenamat sebagai obat sakit gigi anak, namun rekomendasi yang paling aman adalah untuk anak yang sudah berumur 14 tahun.

Dikhawatirkan anak-anak tidak dapat mentolerir efek samping pada pencernaan yang ditimbulkannya, seperti perih uluhati dan mual. Efek samping ini dapat diminimalisir dengan cara konsumsinya, yakni segera setelah makan atau perut dalam keadaan terisi.

Ada banyak sekali merek obat yang mengandung asam mefenamat, dan Anda pun boleh memilih salah satunya. Bebebapa contohnya seperti Ponstan, Anastan, Mefinal, dll.

5. Dentasol

Obat untuk anak sakit gigi lainnya adalah Dentansol. Berbeda dengan obat sakit gigi lainnya yang penggunaannya lewat oral alias diminum, Dentasol justru dioleskan langsung ke bagian gigi atau gusi sakit. Bentuk obat ini berupa cairan kental seperti gel yang mengandung zat patirasa, antiseptik, dan beberapa bahan lainnya.

Penggunannya pun cukup mudah, oleskan pada cotton buds lalu tempelkan pada gigi atau gusi yang bermasalah. Namun perlu diingat, obat ini tidak boleh ditelan, jadi hanya gunakan pada anak yang sudah besar sehingga bisa diinstruksikan untuk tidak menelannya.

Itulah daftar obat sakit gigi untuk anak yang tergolong manjur, mudah di dapat dan aman tentunya. Namun ingat, obat diatas hanya bertujuan menghilangkan rasa sakit yang timbul. Untuk mengatasi masalah gigi atau gusi secara tuntas, sebaiknya periksakan ke dokter.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit