Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Nyeri Penis - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: DEC 5, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 1.194.403 orang

Nyeri pada penis dapat terjadi pada pangkal, batang, atau kepala penis. Nyeri pada penis juga bisa memengaruhi kulup (kulit yang menutupi kepala penis). Sensasi gatal, terbakar, atau berdenyut bisa menyertai rasa sakit. Nyeri penis dapat disebabkan oleh kecelakaan atau penyakit, dan dapat memengaruhi pria dari segala usia.

Rasa sakit dapat bervariasi tergantung pada kondisi atau penyakit apa yang menyebabkannya. Jika Anda mengalami cedera, rasa sakitnya mungkin parah dan terjadi secara tiba-tiba. Jika Anda memiliki penyakit atau kondisi medis yang menyebabkan penis Anda terasa sakit, rasa sakitnya mungkin ringan dan lambat laun bisa memburuk.

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Obat ericfil diindikasikan untuk mengatasi masalah seksual pada pria, seperti disfungsi ereksi. Selain itu, obat ini dapat mengatasi hipertensi pulmonal. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Ericfil 100 mg 4s 1

Segala jenis rasa sakit pada penis tentu saja dapat menyebabkan kekhawatiran dan menimbulkan masalah pada seorang pria, terutama jika terjadi selama ereksi, saat ingin buang air kecil, terjadi bersamaan dengan orgasme, disertai dengan luka, kemerahan, atau pembengkakan.

Kemungkinan Penyebab Nyeri pada Penis

Penyakit Peyronie
Penyakit Peyronie terjadi akibat terjadinya peradangan yang menyebabkan jaringan parut, yang disebut plak terbentuk di sepanjang punggung atas atau bawah batang penis. 

Karena jaringan parut terbentuk di sebelah jaringan yang menjadi keras selama ereksi, Anda mungkin akan menemukan bahwa penis Anda menekuk ketika ereksi. Penyakit ini dapat terjadi jika terjadi pendarahan di dalam penis akibat Anda tanpa sengaja menekuknya berlebihan atau penis Anda mengalami trauma, penyakit ini juga bisa terjadi jika Anda memiliki gangguan jaringan ikat, atau jika Anda memiliki peradangan pada sistem aliran getah bening atau pembuluh darah Anda. Penyakit ini dapat menurun di beberapa keluarga atau dapat terjadi karena alasan yang tidak diketahui.

Priapisme
Priapisme menyebabkan ereksi yang menyakitkan dan berkepanjangan. Ereksi ini dapat terjadi bahkan ketika Anda tidak ingin berhubungan seks. Menurut Mayo Clinic , masalah ini paling umum terjadi pada anak laki-laki berusia antara 5 dan 10 tahun dan pria berusia 20 hingga 50 tahun. 

Jika hal ini terjadi, Anda harus segera mendapatkan perawatan khusus sesegera mungkin atau kerusakan permanen pada penis Anda dapat terjadi. Kerusakan ini mungkin dapat menyebabkan Anda tidak dapat ereksi lagi di masa depan.

Priapisme dapat disebabkan oleh:

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Obat ericfil diindikasikan untuk mengatasi masalah seksual pada pria, seperti disfungsi ereksi. Selain itu, obat ini dapat mengatasi hipertensi pulmonal. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Ericfil 100 mg 4s 1
  • efek samping dari obat yang digunakan untuk mengobati masalah ereksi atau obat yang digunakan untuk mengobati depresi
  • gangguan pembekuan darah
  • gangguan kesehatan mental
  • kelainan darah, seperti leukemia atau anemia sel sabit
  • penggunaan alkohol
  • penggunaan obat-obatan terlarang
  • cedera pada penis atau sumsum tulang belakang

Balanitis
Balanitis adalah infeksi pada kulup dan kepala penis. Balanitis biasanya terjadi pada pria dan anak laki-laki yang tidak menjaga kebersihan dengan mencuci secara teratur atau pada pria yang belum disunat, 

meskipun mereka yang disunat juga masih memiliki kemungkinan untuk mendapatkannya. Balanitis juga dapat terjadi jika Anda menderita infeksi jamur, infeksi menular seksual (IMS), atau alergi terhadap sabun, parfum, atau produk lainnya.

Infeksi Menular Seksual (IMS)
Infeksi akibat IMS dapat menyebabkan nyeri pada penis. IMS yang menyebabkan rasa sakit meliputi:

  • klamidia
  • gonorea
  • Herpes genital
  • sipilis

Infeksi Saluran Kemih (ISK)
Infeksi saluran kemih (ISK) lebih sering terjadi pada wanita, tetapi juga bisa terjadi pada pria. ISK terjadi ketika bakteri menyerang dan menginfeksi saluran kemih Anda. Infeksi dapat terjadi jika Anda:

  • tidak disunat
  • memiliki sistem kekebalan yang lemah
  • memiliki masalah atau penyumbatan pada saluran kemih Anda
  • berhubungan seks dengan seseorang yang memiliki infeksi
  • melakukan seks anal
  • memiliki pembesaran prostat

Cedera
Seperti bagian tubuh Anda yang lain, cedera juga dapat terjadi pada penis dan dapat merusak penis Anda. Cedera dapat terjadi jika Anda:

  • mengalami kecelakaan mobil
  • terbakar
  • berhubungan seks yang kasar
  • Meletakkan sebuah alat seperti cincin di sekitar penis Anda untuk memperpanjang penis Anda saat ereksi
  • Pemasangan kateter, yang merupakan tabung yang bertujuan untuk mengeluarkan urin dari penis Anda

Phimosis dan Paraphimosis
Phimosis terjadi pada laki-laki yang tidak disunat ketika kulup penis terlalu ketat dan tidak bisa ditarik dari kepala penis. Penyakit ini biasanya terjadi pada anak-anak, tetapi juga bisa terjadi jika balanitis atau cedera yang menyebabkan jaringan parut pada kulup.

Iklan dari HonestDocs
Beli Rozgra - Sildenafil Citrate 100MG via HonestDocs

Rozgra Tablet adalah obat yang digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi. Rozgra Tablet mengandung zat aktif Sildenafil citrate (Obat yang termasuk inhibitor selektif cGMP). Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Rozgra sildenafil citrate 100mg

Kondisi terkait yang disebut paraphimosis terjadi jika kulup Anda menarik kembali dari kepala penis, tetapi kemudian tidak dapat kembali ke posisi semula menutupi penis. Paraphimosis adalah keadaan darurat medis karena dapat mencegah Anda untuk buang air kecil dan dapat menyebabkan kematian jaringan di penis.

Kanker
Kanker penis adalah penyebab lain rasa sakit pada penis, meskipun jarang terjadi. Faktor-faktor tertentu meningkatkan peluang Anda terkena kanker, termasuk:

  • merokok
  • tidak disunat
  • memiliki infeksi human papillomavirus
  • tidak membersihkan di bawah kulit khatan Anda jika Anda tidak disunat
  • menderita psoriasis

Menurut Klinik Cleveland , sebagian besar kasus kanker penis terjadi pada pria yang berusia di atas 50 tahun.

Pilihan pengobatan untuk mengatasi nyeri pada Penis
Pengobatan bervariasi tergantung pada kondisi atau penyakit:

  • Suntikan dapat digunakan untuk melunakkan plak yang terbentuk akibat penyakit Peyronie, dan ahli bedah dapat mengangkatnya dalam kasus yang parah.
  • mengeluarkan darah dari penis dengan jarum dengan tujuan untuk membantu mengurangi ereksi jika Anda mengalami priapismus. Obat-obatan juga dapat menurunkan volume darah yang mengalir ke penis.
  • Antibiotik digunakan untuk mengobati ISK dan beberapa IMS, termasuk klamidia, gonore, dan sifilis. Antibiotik dan obat antijamur juga dapat mengobati balanitis.
  • Obat antivirus dapat membantu mengurangi atau mengatasi nyeri pada penis akibat penyakit herpes.
  • Meregangkan kulup dengan jari-jari Anda mungkin dapat membuatnya lebih longgar jika Anda mengalami phimosis. Krim steroid yang dioleskan pada penis juga bisa membantu. Dalam beberapa kasus, pembedahan mungkin diperlukan.
  • mendinginkan kepala penis Anda dapat mengurangi pembengkakan jika Anda menderita paraphimosis. Dokter Anda juga mungkin menyarankan untuk memberi tekanan pada kepala penis. Dokter juga dapat menyuntikkan obat ke dalam penis untuk membantu mengeluarkan darah dari penis untuk mengurangi terjadinya ereksi yang berlebihan, atau mereka dapat membuat luka kecil pada kulup untuk mengurangi pembengkakan.
  • Dokter bedah dapat mengangkat bagian kanker yang ganas dari penis. Perawatan untuk kanker penis juga mungkin termasuk perawatan radiasi atau kemoterapi.

Mencegah Nyeri pada Penis

Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk mengurangi kemungkinan timbulnya rasa sakit, seperti menggunakan kondom saat berhubungan seks, menghindari hubungan seks dengan siapa pun yang memiliki infeksi apa pun, dan meminta pasangan seksual untuk menghindari gerakan kasar yang menyebabkan penis Anda menekuk.

Jika Anda mengalami infeksi berulang atau masalah lain dengan kulup penis Anda, disarankan untuk melakukan sunat atau membersihkan bagian kulup secara teratur setiap hari.

Yang perlu Anda perhatikan dalam jangka panjang

Jika Anda mengalami rasa sakit pada penis, konsultasikan dengan dokter Anda segera. Diagnosis dini dan pengobatan penyebab yang mendasarinya dapat secara drastis memengaruhi kesehatan dan kualitas hidup Anda. Jika IMS adalah penyebab terjadinya nyeri pada penis Anda, beri tahu pasangan Anda untuk menghindari terjadinya penyebaran infeksi.

Ditinjau secara medis oleh Steve Kim, MD pada 17 Maret 2016 - Ditulis oleh Holly McGurgan

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit