Waspadai 7 Gejala Kanker Penis yang Sudah Parah

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 8, 2019 Waktu baca: 2 menit
Waspadai 7 Gejala Kanker Penis yang Sudah Parah

Kanker penis menjadi penyakit yang paling ditakuti oleh kaum pria. Meskipun jarang terjadi, para pria tetap perlu mewaspadai penyakit ini karena bisa terjadi kapan saja. Terlebih bila Anda tidak menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksi yang satu ini. Sudah tahu apa saja gejala kanker penis yang perlu diwaspadai? Berikut ulasan lengkapnya.

Tanda dan gejala kanker penis yang sudah parah

1. Perubahan warna kulit penis

Gejala kanker penis yang paling awal adalah terjadinya perubahan warna pada kulit penis. Hal ini merupakan pertanda bahwa sel kanker mulai menyerang kepala atau batang penis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Perubahan warna kulit ini juga terjadi karena adanya area kulit yang menebal. Biasanya, gejala ini tidak kunjung membaik atau tidak sembuh selama 4 minggu.

2. Adanya luka atau benjolan di penis

Gejala kanker penis yang bisa juga dialami adalah adanya luka di area penis. Benjolan juga bisa muncul, tapi biasanya ada di daerah pangkal paha

Luka akibat kanker penis umumnya tampak kebiruan dan berkerak, bahkan bisa juga memicu perdarahan di penis atau bagian bawah katupnya. Selain luka, gejala kanker penis juga bisa menimbulkan ruam di sekitar penis.

Hal ini berarti sel kanker sudah menjalar ke kelenjar getah bening yang terdapat di selangkangan. Akibatnya, area tersebut menjadi bengkak dan terasa sakit. 

Bila pembengkakan sudah menjalar ke kulit kepala penis, maka luka tersebut bisa jadi sulit sembuh. Kondisi ini tidak lagi bisa disepelekan karena artinya kanker sudah menyebar dan risikonya akan lebih berbahaya.

3. Keluarnya cairan berbau

Penyakit kanker penis yang sudah parah biasanya ditandai dengan keluarnya cairan berbau busuk dari kulit penis. Saat mengeluarkan cairan ini, batang kepala penis akan terasa gatal, terasa panas, dan iritasi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Bila tidak segera ditangani, masalah ini bisa memicu perdarahan. Dampak fatalnya bahkan ujung penis bisa mengeluarkan darah.

Baca Juga: Penis Keluar Nanah, Waspada Beberapa Penyakit Ini!

4. Penis terasa sakit

Nyeri pada penis juga bisa menjadi gejala kanker penis. Meski bisa disebabkan oleh banyak hal lainnya, nyeri penis akibat kanker bisa dirasakan saat Anda buang air kecil.

Selain itu, rasa sakit juga akan terjadi ketika penis tertekan oleh pakaian dalam yang digunakan.

5. Tumbuh kutil di penis

Hati-hati ketika penis Anda ditumbuhi kutil yang tidak kunjung hilang dapat waktu 4 minggu. Pasalnya, hal ini bisa menjadi salah satu gejala kanker penis.

Tumbuhnya kutil di area penis kadang-kadang akan terasa sakit. Kondisi ini juga bisa membuat penis terasa sakit dan berbau busuk. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Baca Selengkapnya: 4 Prosedur Medis yang Ampuh Mengobati Kutil Kelamin Hingga Tuntas

6. Cepat lelah

Penyakit kanker membuat daya tahan tubuh menjadi lemah sehingga Anda lebih cepat lelah. Akibatnya, Anda tidak bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan normal seperti biasanya.

Gejala kanker penis yang satu ini bukan hanya terjadi sehari dua hari saja, tapi terjadi dalam waktu yang lama. Kelelahan dapat terus berlanjut dan menyebabkan berat badan turun.

7. Sakit perut dan nyeri tulang

Saat mengalami kanker penis, Anda akan merasakan sakit di bagian perut yang tidak hilang-hilang. Hal ini bisa menjadi pertanda sel kanker sudah mulai menyebar ke organ tubuh lainnya. Penyebaran sel kanker juga bisa menyebabkan nyeri tulang, sehingga penderitanya tidak bisa beraktivitas secara normal.

Agar terhindar dari penyakit kanker penis, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan penis. Konsumsi makanan yang sehat dan kaya antioksidan juga dapat membantu mencegah sel kanker menjadi ganas. Bila Anda mengalami gejala kanker penis seperti yang disebutkan, segera periksakan diri ke dokter.

Baca Juga: 11 Penyebab Iritasi Penis dan Apa Saja yang Harus Dilakukan

21 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Penile cancer: Causes, symptoms, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323554.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app