Nyeri Bahu - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Aug 14, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 1.202.414 orang

Bahu memiliki rentang gerak yang luas dan serbaguna. Ketika ada sesuatu yang salah dengan bahu Anda, hal tersebut dapat menghambat Anda untuk bergerak bebas dan dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa disertai ketidaknyamanan.

Bahu adalah sendi yang terbentuk dari bola dan soket (mangkok) yang memiliki tiga tulang utama: humerus (tulang lengan panjang), klavikula (tulang selangka), dan skapula (juga dikenal sebagai tulang belikat). Tulang-tulang ini dilindungi oleh lapisan tulang rawan. 

Ada dua sendi utama pada bahu, yang pertama adalah sendi acromioclavicular yang terletak di antara bagian tertinggi dari skapula dan klavikula. Sendi glenohumeral terdiri dari bagian atas, berbentuk bola dari tulang humerus dan tepi luar skapula. Sendi ini juga dikenal sebagai sendi bahu.

Sendi bahu adalah sendi yang paling mudah bergerak dalam tubuh. Sendi bahu menggerakkan bahu maju dan mundur. Sendi bahu juga memungkinkan lengan bergerak dalam gerakan memutar, bergerak ke atas dan bergerak menjauhi tubuh.

Bahu mendapatkan rentang gerak dari struktur yang dikenal dengan rotator cuff. Rotator cuff terdiri dari empat tendon. Tendon adalah jaringan yang menghubungkan otot ke tulang. Anda mungkin akan merasa sakit atau sulit untuk mengangkat lengan ke atas kepala Anda jika tendon atau tulang di sekitar rotator cuff rusak atau bengkak.

Bahu Anda bisa terluka saat melakukan pekerjaan, berolahraga, atau bahkan dengan melakukan gerakan berulang. Penyakit tertentu dapat menyebabkan rasa sakit yang menjalar ke bahu. Penyakit tulang belakang leher, penyakit hati, jantung, atau kantong empedu dapat menyebabkan rasa sakit yang menjalar ke bahu.

Anda lebih cenderung memiliki masalah pada bahu Anda seiring bertambahnya usia. Biasanya terjadi setelah usia 60 tahun. Kondisi ini terjadi karena jaringan lunak yang mengelilingi bahu cenderung memburuk seiring bertambahnya usia.

Dalam banyak kasus, Anda dapat mengatasi nyeri bahu dengan pengobatan di rumah. Namun, terapi fisik, obat-obatan, atau pembedahan mungkin juga diperlukan.

Apa yang menyebabkan nyeri bahu?

Sejumlah faktor dan kondisi dapat menyebabkan nyeri bahu. Penyebab paling umum adalah rotator cuff tendinitis. Kondisi ini ditandai dengan peradangan pada tendon. Penyebab umum lain dari nyeri bahu adalah sindrom impingement di mana rotator cuff terjepit di antara acromium (bagian dari skapula yang menutupi bola) dan kepala humerus (bagian bola humerus).

Kadang-kadang nyeri bahu adalah akibat dari cedera pada lokasi lain di tubuh Anda, biasanya leher atau otot bisep. Kondisi ini dikenal dengan nyeri yang menjalar atau radiating pain. Nyeri yang menjalar umumnya tidak bertambah buruk saat Anda menggerakkan bahu.

Penyebab lain nyeri bahu adalah beberapa bentuk peradangan sendi , tulang rawan robek, atau  rotator cuff yang sobek  Pembengkakan kantung bursa (struktur yang melindungi bahu) atau tendon juga dapat menyebabkan rasa sakit. Pada beberapa orang terdapat taji tulang pada daerah persendian. Taji tulang adalah tonjolan tulang yang berkembang di sepanjang tepi tulang.

Saraf di leher atau bahu yang terjepit, atau tulang bahu atau lengan yang patah, juga dapat menimbulkan rasa sakit. Istilah Frozen Shoulder adalah suatu kondisi ketika tendon, ligamen, dan otot menjadi kaku dan menjadi sulit atau tidak mungkin untuk bergerak. 

Dislokasi bahu adalah suatu kondisi ketika kepala humerus yang berbentuk bola keluar dari soket bahu. Cedera karena aktivitas yang berlebihan atau berulang juga dapat menyebabkan cedera.

Kondisi serius seperti cedera tulang belakang atau serangan jantung dapat menyebabkan nyeri bahu.

Iklan dari HonestDocs
Tanya Dokter Online via HonestDocs

Punya pertanyaan seputar gejala, penyakit, dan obat? Klik di sini untuk memulai konsultasi dengan tim medis HonestDocs!

Tanya dokter

Bagaimana penyebab nyeri bahu didiagnosis?

Dokter Anda akan bertanya mengenai penyebab nyeri bahu Anda. Dokter akan bertanya mengenai riwayat dan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter akan menilai apakah ada pembengkakan dan nyeri tekan, dan juga akan menilai rentang gerak dan stabilitas sendi Anda. Tes pencitraan, seperti X-ray atau MRI , dapat menghasilkan gambaran rinci bahu Anda untuk membantu menentukan diagnosis.

Dokter Anda mungkin juga mengajukan pertanyaan untuk menentukan penyebabnya. Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apakah rasa sakit terjadi pada satu bahu atau keduanya?
  • Apakah rasa sakit ini mulai secara tiba-tiba? Jika demikian, apa yang sedang Anda lakukan sebelum rasa sakit tersebut muncul?
  • Apakah rasa sakit tersebut menjalar ke area lain dari tubuh Anda?
  • Bisakah Anda menentukan area rasa sakit?
  • Apakah Anda merasa sakit ketika tidak bergerak?
  • Apakah Anda merasa lebih sakit ketika Anda bergerak dengan cara tertentu?
  • Bagaiaman karakteristik rasa sakit yang Anda rasakan? Apakah tajam atau tumpul?
  • Apakah rasa sakit disertai kemerahan, panas, atau bengkak?
  • Apakah rasa sakit membuat Anda tetap terjaga di malam hari?
  • Apa yang membuat rasa sakit tersebut lebih buruk dan apa yang membuatnya lebih baik?
  • Pernahkah Anda membatasi aktivitas Anda karena masalah pada bahu?

Kapan saya harus mencari bantuan medis?

Jika nyeri bahu Anda terjadi secara tiba-tiba dan tidak terkait dengan cedera, segera konsultasikan dengan dokter. Kondisi tersebut mungkin merupakan pertanda serangan jantung. Tanda-tanda lain dari serangan jantung termasuk kesulitan bernapas, sesak dada, pusing , keringat berlebih , dan nyeri pada leher atau rahang. Hubungi 911 segera jika Anda mengalami gejala ini.

Segera pergi ke unit gawat darurat jika Anda mengalami cedera bahu Anda disertai dengan perdarahan, bengkak, atau Anda dapat melihat jaringan yang terbuka.

Selain itu, Anda harus menghubungi dokter jika mengalami demam, ketidakmampuan untuk menggerakkan bahu, memar yang lama, panas, dan nyeri di sekitar persendian, atau rasa sakit yang bertahan hingga beberapa minggu setelah perawatan di rumah.

Apa saja pilihan perawatan untuk mengatasi nyeri bahu?

Perawatan akan tergantung pada penyebab dan keparahan nyeri bahu. Beberapa pilihan perawatan termasuk terapi fisik atau okupasi, penyangga bahu , atau operasi. Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat-obatan seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) atau kortikosteroid. Kortikosteroid adalah obat antiinflamasi yang kuat yang dapat disuntikkan oleh dokter ke bahu Anda atau digunakan dengan cara diminum.

Jika Anda telah menjalani operasi bahu Anda, ikuti instruksi setelah perawatan dengan hati-hati.

Beberapa nyeri bahu minor dapat diobati di rumah. Menekuk bahu selama 15 hingga 20 menit tiga atau empat kali sehari selama beberapa hari dapat membantu mengurangi rasa sakit. Gunakan kantong es atau bungkus es dengan handuk karena meletakkan es langsung di kulit Anda dapat menyebabkan peradangan akibat dingin dan membakar kulit.

Mengistirahatkan bahu selama beberapa hari sebelum kembali ke aktivitas normal dan menghindari gerakan yang dapat menyebabkan rasa sakit dapat membantu. Batasi pekerjaan atau aktivitas yang memerlukan Anda mengangkat tangan melewati kepala

Pengobatan di rumah lainnya termasuk menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid yang dijual bebas untuk membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan serta menekan daerah dengan perban elastis untuk mengurangi pembengkakan.

Bagaimana saya bisa mencegah terjadinya nyeri bahu?

Latihan bahu yang sederhana dapat membantu meregangkan dan memperkuat otot dan tendon rotator cuff . Seorang ahli terapi fisik atau ahli terapi okupasi dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukannya dengan benar.

Jika Anda memiliki masalah sebelumnya dengan bahu, gunakan es selama 15 menit setelah berolahraga untuk mencegah cedera di masa depan.

Setelah menderita radang bursa atau tendinitis, melakukan latihan rentang gerak sederhana setiap hari dapat mencegah Anda mengalami frozen shoulder.

Ditinjau secara medis oleh William A Morrison MD pada 29 Februari 2016 - Ditulis oleh Ann Pietrangelo

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit