HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Penyebab Rasa Sakit Pada Tulang Belikat

Penyebabnya adalah otot yang kaku atau cedera yang dialami di punggung, bekerja di depan komputer terlalu lama, mengangkat beban yang terlalu berat dan olahraga yang dilakukan terlalu berlebihan. Ini semua adalah penyebab sakit tulang belikat yang paling sering terjadi
Dipublish tanggal: Sep 4, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Skapula atau tulang belikat terletak di bahu bagian belakang atau punggung bagian atas dan memiliki bentuk segitiga. Rasa nyeri yang terjadi pada skapula adalah masalah yang sangat umum terjadi dan memiliki banyak faktor penyebab. Secara umum nyeri skapula atau nyeri tulang belikat bukanlah sebuah masalah serius. 

Penyebabnya adalah otot yang kaku atau cedera yang dialami di punggung, bekerja di depan komputer terlalu lama, mengangkat beban yang terlalu berat dan olahraga yang dilakukan terlalu berlebihan. Ini semua adalah penyebab sakit tulang belikat yang paling sering terjadi 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Penyakit seputar tulang belikat

Sakit pada tulang belikat tidak hanya menyebabkan otot kaku dan cedera yang dialami di punggung saja. Masih ada beberapa penyakit lain yang ditimbulkan seperti :

1. Diseksi aorta

Keadaan ini terjadi saat ada pembuluh darah yang menuju ke jantung mengalami robekan hingga mengakibatkan rasa sakit yang parah di punggung. Kondisi ini biasanya terjadi pada pria dengan usia 60 hingga 70 tahun.

2. Emboli paru

Keadaan ini terjadi saat terjadi penyumbatan pembuluh darah besar yang terdapat di paru paru. Penyebabnya adalah terlepasnya gumpalan darah yang terjadi pada tungkai lalu terbawa hingga paru paru. Keadaan ini akan menyebabkan sakit pada tulang belikat yang sangat perah saat penyumbatan berlangsung.

3. Patah tulang belikat

Keadaan ini terjadi karena kecelakaan, jatuh ataupun trauma. Patahnya tulang belikat akan mengakibatkan rasa yang sangat sakit disertai bengkak dan memar di area sekitar tulang belikat. Selain itu, Anda juga tidak bisa melakukan gerakan gerakan seperti mengangkat tangan pada sisi tulang belikat yang patah.

Selain ketiga penyakit yang sudah disebutkan diatas, penyakit penyakit seperti stenosis spinal, batu empedu,  skoliosis, osteoartritis, fibromyalgia, kanker paru paru, limfoma, kanker hati dan kanker esofagus (kerongkongan) juga dapat menyebabkan sakit pada tulang belikat yang cukup parah.

Cara efektif menghilangkan rasa sakit pada tulang belikat

Rasa sakit pada skapula atau tulang belikat dapat diatasi sendiri dengan menggunakan beberapa cara, seperti :

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

1. Cukup beristirahat

Saat merasakan sakit pada area tulang belikat, sebaiknya Anda beristirahat untuk sementara waktu, terutama jika penyebab rasa sakitnya adalah cedera. Beristirahat dalam waktu yang cukup akan sangat membantu meredakakan serta memulihkan kondisi Anda.

2. Kompres area yang sakit dengan menggunakan air dingin atau air hangat

Rasa sakit pada tulang belikat dapat dihilangkan dengan mengompresnya dengan air dingin ataupun air hangat selama 15 menit pada area yang terasa sakit. Proses ini Anda bisa mengulanginya setiap empat jam.

3. Pijat punggung

Memijat dengan lembut pada area tulang belikat cukup efektif untuk membantu otot kaku menjadi rileks serta dapat mengatasi rasa sakit yang disebabkan aktivitas otot yang berlebihan.

4. Olah raga dan lakukan peregangan otot

Melakukan gerakan sit-up,push-up atau pull-up  dapat membantu penguatan otot punggung dan perut, juga dapat membantu meredakan rasa sakit. Selain itu gerakan ini cukup efektif untuk meregangkan otot yang kaku supaya lebih rileks. 

Peregangan ini kemudian meningkatkan aliran darah ke sendi dan juga otot, yang dapat menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan gerakan sendi.

5. Konsumsi makanan Sehat

Beberapa jenis makanan dapat membantu meringankan rasa sakit yang muncul, terutama buah-buahan, sayuran atau makanan sumber gizi yang memiliki kandungan omega-3, misalnya seperti ikan salmon.

Kapan sebaiknya mengunjungi dokter?

Jika rasa sakit yang dirasakan sangat kuat dan mengganggu aktivitas sehari hari, maka sebaiknya Anda datang dan berkonsultasi dengan dokter.

Tapi kalau gejala rasa sakit pada tulang belikat disertai juga dengan gejala  gejala seperti berikut ini maka sebaiknya Anda segera datang ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis segera :

Perawatan nyeri bahu tergantung pada apa saja yang menjadi penyebabnya dan seberapa parah tingkatan penyakit. Masing masing penderita biasanya berbeda beda masa penyembuhannya.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Shoulder pain. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/shoulder-pain/)
Shoulder Pain: Causes, Treatments & Diagnosis. Healthline. (https://www.healthline.com/health/chronic-pain/shoulder-pain)
12 Common Shoulder Problems & How To Treat Them. WebMD. (https://www.webmd.com/pain-management/why-does-my-shoulder-hurt)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app