Neurodex Tablet (Vitamin)

Update terakhir: Feb 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 748.448 orang

Neurodex Tablet adalah produk multivitamin yang digunakan untuk mencegah dan mengobati kekurangan asupan vitamin B yang dapat mengakibatkan beriberi dan penyakit yang menyangkut metabolisme lainnya (terutama metabolisme protein), serta mengatasi neuralgia (nyeri saraf), anoreksia (kehilangan nafsu makan), multivitamin untuk masa penyembuhan, mual dan muntah saat hamil. Neurodex Tablet mengandung Vit B complex (Vit B1, Vit B6, Vit B12).

Berikut ini adalah informasi lengkap multivitamin Neurodex Tablet.

Pabrik

Dexa Medica

Golongan

Bisa diperoleh tanpa resep dokter

Kemasan

Produk vitamin ini dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • 1 Dos isi 20 Strip x 10 Tablet

Kandungan

Neurodex Tablet mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Vitamin B1 100 mg
  • Vitamin  B6 200 mg
  • Vitamin B12 250 mcg

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Vitamin B1

Thiamine (vitamin B1) adalah vitamin larut air, yang digunakan untuk mengobati kasus defisiensi vitamin B1, salah satunya penyakit beri-beri. Bersama dengan ATP, membentuk senyawa thiamine pyrophosphate, suatu koenzim esensial yang sangat berperan dalam proses metabolisme karbohidrat. Secara alami, thiamine banyak ditemukan dalam makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, daging, telor, beras merah, gandum, asparagus, kembang kol, kentang, dan semangka.

Vitamin B6

Pyridoxine (vitamin B6) adalah salah satu bagian dari vitamin B. Vitamin ini sebenarnya adalah sekelompok senyawa kimia yang sangat mirip dan dapat saling menggantikan (interconverted) dalam sistem biologi. Beberapa bentuk vitamin B6 yang telah dikenal misalnya, pyridoxine, pyridoxine 5-phosphate, pyridoxal, pyridoxal 5-phosphate, pyrodoxamine, pyridoxamine 5-phospahte, dan lain-lain. Bentuk aktif dari vitamin ini adalah pyridoxal 5-phosphate, yang kegunaanya antara lain membantu metabolisme makronutrien, sintesis neurotransmitter, sintesis histamin, sintesis hemoglobin, dan ekspresi gen.

Vitamin B12

Cyanocobalamin (vitamin B12) adalah vitamin yang bisa digunakan untuk mengobati anemia pernisiosa, defisiensi vitamin b12 akibat kurangnya asupan dari makanan, tirotoksikosis, perdarahan, penyakit hati, dan ginjal. Obat ini bisa diberikan baik secara oral maupun injeksi.

Indikasi

Kegunaan Neurodex Tablet adalah untuk membantu mengatasi kekurangan asupan vitamin B (seperti pada polineuritis), dan penyakit yang menyangkut metabolisme (terutama metabolisme protein), serta mengatasi neuralgia (nyeri saraf), anoreksia (kehilangan nafsu makan). Multivitamin ini umumnya diberikan saat masa penyembuhan, mual dan muntah saat hamil.

Kontraindikasi

  • Jangan menggunakan produk vitamin ini untuk pasien yang memiliki riwayat alergi / hipersensitivitas pada salah satu komponen di atas.

Efek Samping Neurodex Tablet

Semua produk obat, vitamin, atau pun suplemen bisa menimbulkan efek samping yang tidak dikehendaki, terutama jika digunakan secara berlebihan. Berikut ini adalah beberapa efek samping Neurodex Tablet yang mungkin terjadi :

  • Efek samping Neurodex Tablet yaitu dapat menyebabkan sindrom neuropati. Hal ini terjadi bila pasien menggunakan obat yang mengandung vitamin B6 ini dalam dosis besar dan jangka waktu lama.
  • Efek samping lain yang mungkin terjadi seperti reaksi alergi.

Perhatian

Hal-hal yang perlu diperhatikan pasien selama menggunakan vitamin ini adalah sebagai berikut :

  • Sebaiknya tidak digunakan untuk pasien yang sedang menjalani terapi levodopa
  • Vitamin ini bisa digunakan dengan atau tanpa makanan. Sebaiknya digunakan setelah makan untuk mencegah ketidaknyamanan pada saluran pencernaan.

Interaksi Obat

Saat menggunakan produk obat, vitamin, atau suplemen, pastikan Anda telah berkonsultasi sebelumnya dengan dokter. Beritahukan kepada dokter, produk obat apa saja yang Anda konsumsi, karena setiap obat bisa berinteraksi satu sama lain. Ada kalanya interaksi obat bisa menimbulkan efek negatif.

Vitamin ini bisa berinteraksi dengan produk-produk berikut ini :

  • Penggunaan bersamaan dengan obat antikonvulsan menurunkan penyerapan Vitamin B12 dari usus.
  • Penggunaan bersamaan dengan obat neomycin, asam aminosalicylic, colchicine, cimetidine, ranitidine, mengurangi penyerapan B12 dari usus.
  • B12 dapat memperparah reaksi alergi yang disebabkan oleh vitamin B1.

Dosis Neurodex Tablet

Obat Neurodex Tablet diberikan dengan dosis sebagai berikut :

  • 1 x sehari 1 Tablet, atau menurut petunjuk dokter.

Aturan pakai :

  • Lebih baik dikonsumsi dengan makanan atau sesudah makan.

Terkait

  • Merk-merk multivitamin untuk anak
  • Merk suplemen, multivitamin, dan mineral

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan obat Neurodex Tablet harus sesuai dengan yang dianjurkan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit