Myxedema - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Mei 16, 2019 Update terakhir: Apr 30, 2020 Waktu baca: 3 menit

Myxedema adalah istilah lain untuk hipotiroidisme berat tingkat lanjut. Keadaan ini merupakan kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup. Tiroid adalah kelenjar kecil yang berada tepat di depan leher Anda. 

Kelenjar ini melepaskan hormon yang membantu tubuh Anda mengatur energi dan mengendalikan berbagai macam fungsi tubuh. Myxedema adalah hasil dari hipotiroidisme berat yang tidak terdiagnosis atau tidak diobati.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Dapatkan Alat Kontrasepsi & Hormon Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 7

Istilah "myxedema" dapat digunakan untuk hipotiroidisme yang sangat parah. Tetapi istilah tersebut juga dapat digunakan untuk menggambarkan perubahan kulit pada seseorang dengan hipotiroidisme berat tingkat lanjut. Perubahan kulit tersebut berupa:

  • Pembengkakan pada wajah, yang meliputi bibir, kelopak mata, dan lidah
  • Pembengkakan dan penebalan kulit di mana saja di area tubuh, terutama di kaki bagian bawah

Apa yang menyebabkan myxedema?

Hipotiroidisme terjadi ketika kelenjar tiroid berhenti berfungsi dengan baik. Keadaan ini mungkin disebabkan oleh

Myxedema adalah hasil dari hipotiroidisme berat yang tidak terdiagnosis atau tidak diobati. Kondisi ini juga dapat berkembang ketika seseorang berhenti minum obat tiroid. Myxedema lebih sering terjadi pada orang tua dan wanita.

Krisis Myxedema sering terjadi setelah seseorang mengalami hipotiroidisme yang berkepanjangan. Kondisi ini paling sering terjadi selama musim dingin. Krisis myxedema dapat dipicu oleh salah satu dari hal-hal berikut ini:

Tanda dan gejala myxedema

Myxedema merupakan suatu kondisi yang serius. Siapa pun yang mengalami gejala miksedema atau hipotiroidisme berat harus segera mendapatkan pengobatan medis. Seseorang dengan myxedema mungkin akan menemukan pembengkakan di area wajah, kaki, atau lidah mereka. Kulit mereka juga menjadi kering dan pucat.

Gejala lain dari hipotiroidisme berat dapat meliputi:

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Dapatkan Alat Kontrasepsi & Hormon Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 7
  • intoleransi terhadap dingin
  • Kelelahan
  • pertambahan berat badan
  • mata yang sayu
  • Syok
  • nafas menurun
  • Kebingungan
  • apatis atau depresi
  • Psikosis
  • Sembelit
  • rambut yang kasar
  • Gondok
  • kekurangan tenaga
  • Kejang
  • mobilitas berkurang
  • Koma
  • suhu tubuh yang rendah

Myxedema juga dapat menyebabkan kadar oksigen dan karbon dioksida yang rendah dalam darah.

Bagaimana cara mencegah terjadinya myxedema?

Cara terbaik untuk mengatasi myxedema adalah dengan cara mencegahnya. Meskipun tidak ada cara khusus untuk mencegah kondisi ini, skrining bayi baru lahir dapat efektif dalam mendiagnosis perkembangan awal. Pencegahan lainnya termasuk pengobatan dini hipotiroidisme, minum obat tiroid secara teratur, dan pengenalan gejala-gejala peringatan krisis myxedema.

Bagaimana cara mengobati myxedema?

Diagnosa
Gejala Anda akan menyebabkan dokter Anda mencurigai adanya hipotiroidisme berat. Tes darah dapat membantu dokter Anda mengkonfirmasi hal tersebut. Tes hormon perangsang tiroid (TSH) mengukur berapa banyak TSH yang dihasilkan kelenjar pituitari Anda. 

Kelenjar hipofisis Anda akan meningkatkan produksi TSH jika tiroid Anda tidak cukup memproduksi. Dengan kata lain, kadar TSH yang tinggi dapat berarti Anda memiliki hipotiroidisme.

Tes TSH biasanya diperiksa bersama dengan tes tiroksin (T4). Tes ini dilakukan untuk mengukur tingkat T4, hormon yang diproduksi langsung oleh tiroid Anda. 

Jika Anda memiliki kadar T4 rendah ditambah dengan TSH tingkat tinggi, Anda mengalami hipotiroidisme. Dokter Anda mungkin ingin melakukan lebih banyak pemeriksaan untuk menentukan fungsi tiroid Anda dan kondisi lain yang mungkin mempengaruhinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Dapatkan Alat Kontrasepsi & Hormon Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 7

Krisis Myxedema adalah keadaan darurat medis. Pengobatan dapat dimulai sesegera mungkin. Diagnosis awal seringkali bergantung pada pemeriksaan fisik. Anda akan mulai menerima terapi penggantian hormon tiroid jika dokter Anda mencurigai adanya krisis myxedema. 

Rute pengobatan yang disukai adalah melalui vena menggunakan jalur intravena (IV). Dokter Anda akan menyarankan dilakukanya tes darah lain untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang sistem tubuh Anda. CT scan otak juga mungkin akan dibutuhkan. Fungsi vital dan tingkat kesadaran Anda juga terus dipantau.

Pengobatan medis

  • Cairan intravena
  • Penggantian elektrolit sesuai kebutuhan
  • Hormon tiroid biasanya diberikan melalui vena (intravena atau IV) agar cepat memperbaiki rendahnya kadar hormon tiroid dalam darah. Hormon tiroid oral biasanya tidak digunakan untuk myxedema berat karena mungkin perlu berhari-hari atau berminggu-minggu untuk mendapatkan kadar darah yang tepat.
  • Kortisol intravena atau hormon korteks adrenal lainnya
  • Selimut penghangat jika suhu tubuh rendah
  • Suplemen glukosa jika kadar gula darah rendah
  • Antibiotik jika ada infeksi

Krisis Myxedema dianggap suatu kegawatdaruratan medis dan membutuhkan pertolongan yang segera. Seseorang yang mengalami krisis myxedema perlu dirawat di ICU. Jantung dan pernapasan perlu dipantau terus. Seiring dengan penggantian hormon tiroid, pengobatan steroid dan obat-obatan lainnya mungkin diperlukan.


9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Kingery FAJ. Myxedema in Hyperthyroidism. JAMA. 1965;194(6):663. doi:10.1001/jama.1965.03090190085021. JAMA Network. (Accessed via: https://jamanetwork.com/journals/jama/article-abstract/656968)
Myxedema Coma Definition, Symptoms, Causes, Treatment. MedicineNet. (Accessed via: https://www.medicinenet.com/myxedema_coma/article.htm)
What is myxedema?. Medscape. (Accessed via: https://www.medscape.com/answers/123577-44268/what-is-myxedema)

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app