Sakit Dada Sebelah Kanan Bisa Jadi Karena 7 Hal Ini

Dipublish tanggal: Sep 5, 2019 Update terakhir: Mei 7, 2021 Waktu baca: 3 menit
Sakit Dada Sebelah Kanan Bisa Jadi Karena 7 Hal Ini

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Gejala sakit dada sebelah kanan meliputi munculnya rasa tertusuk di bagian dada, terasa nyeri saat mengubah posisi duduk, hingga dada terasa sesak seperti ditekan dan diremas.
  • Berbagai penyebab sakit dada sebelah kanan yang perlu diwaspadai adalah gangguan jantung, gangguan paru, dan gangguan pencernaan.
  • Nyeri dada sebelah kanan juga dapat terjadi akibat stres, olahraga atau aktivitas terlalu berat, peradangan hati, dan cedera di dada.
  • Segera periksakan diri ke dokter jika dada sakit sebelah kanan disertai dengan sulit menelan, demam, menggigil, hingga batuk darah.
  • Klik untuk mendapatkan obat anti nyeri lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.
  • Bandingkan harga paket dan dapatkan harga promo medical check up di HDmall sekarang, klik di sini.

Beberapa orang sering mengalami nyeri dada sebelah kanan, tapi sayangnya kerap diabaikan. Padahal, rasa tidak nyaman di dada terutama sebelah kanan bisa menjadi sinyal penyakit serius dalam tubuh. Walaupun biasanya serangan jantung terasa pada sebelah kiri, sakit dada sebelah kanan tetap perlu diwaspadai. 

Tanda dan gejala sakit dada sebelah kanan

Tingkat keparahan nyeri pada dada sebelah kanan bisa berbeda-beda pada setiap orang. Namun, pada beberapa kasus, gejala sakit dada sebelah kanan bisa berupa:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

  • Terasa tertusuk di bagian dada
  • Dada terasa nyeri saat mengubah posisi duduk
  • Dada terasa sesak seperti ditekan dan diremas
  • Terasa perih pada belakang tulang dada dan rongga dada
  • Nyeri muncul saat bernapas dan berbaring

Berbagai penyebab sakit dada sebelah kanan

Tidak semua kasus nyeri dada sebelah kanan menunjukkan adanya masalah serius pada tubuh. Namun, penting untuk tetap berkonsultasi ke dokter guna memastikan penyebabnya.

Ada banyak hal yang mungkin bisa menjadi penyebab sakit dada sebelah kanan yang dialami, antara lain:

1. Gangguan jantung

Gangguan jantung identik dengan rasa nyeri atau perih di dada sebelah kiri. Namun, bukan berarti sakit di dada sebelah kanan tidak ada kaitannya dengan masalah jantung.

Bila Anda sering merasakan sakit dada sebelah kanan, segeralah konsultasi ke dokter. Hal ini dikhawatirkan menjadi gejala sejumlah gangguan jantung seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, perikarditis, kardiomiopati hipertrofik, angina, hingga diseksi aorta. 

2. Gangguan pernapasan

Selain gangguan jantung, masalah paru juga dapat menimbulkan rasa sakit di dada sebelah kanan. Di antaranya adalah pneumonia, pleuritis (peradangan pada pleura atau selaput pembungkus paru-paru), atau pneumothorax.

3. Gangguan pencernaan

Tanpa disadari, penyebab sakit dada sebelah kanan bisa jadi karena adanya masalah pada pencernaan. Salah satunya adalah penyakit asam lambung yang menyebabkan nyeri dan perih di dada bagian kanan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Hal ini karena kerongkongan dan jantung berbagi jaringan saraf yang sama. Selain itu, sensasi tidak nyaman di dada juga bisa muncul akibat radang pankreas atau tukak lambung.

4. Stres 

Saat mengalami sakit dada sebelah kanan, jangan buru-buru mendiagnosis diri sendiri mengalami serangan jantung. Sebab, bisa saja Anda sedang mengalami serangan panik, apalagi jika Anda baru saja mengalami kejadian traumatis atau stres. 

Perlu diketahui bahwa gejala serangan panik mirip seperti serangan jantung sehingga sering disalahartikan. Stres pada tubuh acap menyebabkan dada sebelah kanan terasa sakit atau bahkan di kedua sisinya.

Baca selengkapnya: Sama-sama Bikin Jantung Berdebar, Ini Bedanya Serangan Panik dan Serangan Jantung

5. Olahraga atau aktivitas

Olahraga atau aktivitas terlalu berat bisa membuat otot dada bekerja secara berlebihan. Jika tidak diimbangi dengan istirahat, hal ini bisa menimbulkan sakit dada sebelah kanan. 

6. Peradangan hati atau hepatitis

Hepatitis diam-diam sering bertanggung jawab terhadap munculnya sakit dada sebelah kanan. Letak hati berdekatan dengan dinding rongga dada kanan. Jika hati mengalami masalah serius, area dada sebelah kanan juga bisa terkena imbasnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

7. Cedera pada dada

Cedera pada tulang, otot, dan saraf di dada juga bisa mengakibatkan nyeri dada sebelah kanan. Hal ini sering tidak disadari sehingga sebaiknya diperiksa lebih lanjut dengan dokter untuk memastikan penyebabnya.

Baca juga: 7 Kondisi yang Paling Sering Menyebabkan Tulang Dada Terasa Sakit

Kapan harus ke dokter?

Di dalam rongga dada tersimpan berbagai organ yang sangat vital. Karena itulah, jangan anggap remeh bila dada terasa sakit dan mengganggu.

Segera konsultasikan ke dokter jika Anda sering mengalami sakit dada sebelah kanan. Apalagi jika disertai dengan gejala:

Jangan tunda lagi untuk periksa ke dokter jika sakit dada sebelah kanan terasa semakin parah dan tidak membaik. Segera cari pertolongan gawat darurat jika Anda mengalami:

  • Serangan mendadak seperti sesak dan tekanan yang berat pada tulang dada.
  • Dada terasa sakit secara mendadak, disertai dengan sesak napas. Hal ini kerap terjadi jika Anda lama tidak melakukan olahraga. 
  • Nyeri dada meluas ke tangan kiri, punggung, dan rahang.
  • Denyut jantung atau tekanan darah cenderung rendah.
  • Detak jantung kian cepat, pusing, mual, pucat, dan keringat berlebih.

Penanganan yang cepat dan pencegahan sejak dini sangatlah diperlukan. Semakin cepat terdeteksi, maka semakin besar pula peluang keberhasilan pengobatan dan mencegah sakit dada sebelah kanan semakin parah. 

Baca juga: Sering Sakit Dada Sebelah Kiri? 6 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

46 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Chest Pain Symptoms That Are Serious, Remedies & Treatments. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/chest_pain/article.htm)
Other conditions may be causes of chest pain. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/other-conditions-may-be-causes-of-chest-pain)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app