Kesehatan Fisik

Kenali Apa Saja Faktor Penyebab Dada Terasa Berat

Dipublish tanggal: Mar 9, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 26, 2019 Waktu baca: 3 menit
Kenali Apa Saja Faktor Penyebab Dada Terasa Berat

Rasa nyeri serta sesak pada area dada sering kali dikaitkan dengan penyakit jantung atau jantung yang sedang berada dalam gangguan. Ya memang ini ialah benar adanya, rasa dada yang sakit dan berat memang erat kaitannya dengan organ jantung yang memang berada di area dada setiap manusia. 

Namun rasa sakit pada dada dan rasa berat pada dada tidak melulu diakibatkan oleh adanya masalah pada jantung saja. Ada berbagai faktor penyebab lainnya yang bisa membuat dada terasa sesak dan lebih berat dari biasanya. 

Nah untuk menambah informasi dan wawasanmu mengenai dada yang terasa berat, yuk langsung simak artikel dibawah ini

Berbagai faktor penyebab dada terasa berat dan sesak, meliputi:

1. Asma

Dada yang terasa berat dan sesak bisa jadi diakibatkan oleh seseorang yang menderita penyakit asma dimana ketika seseorang menderita asma maka umumnya penderita akan mengalami sesak nafas, batuk batuk serta suara nafas yang akan berbunyi ngik ngik. 

Penyakit asma akan mengakibatkan saluran udara pada pernafasan si penderita mengalami pembengkakan atau penyempitan sehingga nafas akan terasa sangat berat begitupun sehingga menyebabkan dada terasa lebih sesak dan berat

2. Asam lambung yang naik

Kejadian asam lambung yang sedang meningkat atau dalam istilah medis lebih dikenal dengan nama gastroesophageal refluks ialah keadaan ketika asam lambung naik ke atas kerongkongan. 

Sehingga menyebabkan cairan lambung yang begitu asam naik ke area kerongkongan melewati area dada dan akan menimbulkan rasa atau sensasi yang panas dan terbakar di belakang tulang dada si penderita. Hal ini akan menyebabkan dada si penderita akan terasa berat dan sesak. 

3. Cacar ular

Pastinya sudah banyak dari kamu yang tahu mengenai penyaki cacar air, lalu bagaimana dengan penyakit cacar ular. Ya, cacar ular merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus yang sama dengan cacar air. 

Virus cacar air yang sering diderita oleh setiap orang ketika mereka kecil umumnya tidak mati seutuhnya melainkan bisa tertidur dan bersembunyi dalam tubuh seseorang sampai ketika orang tersebut dewasa atau bahkan berusia lanjut dan sedang memiliki sistem imun yang tidak normal dan menurun maka virus tersebut dapat bangun kembali dan menyebabkan cacar ular. 

Pada kasus cacar ular, umumnya gejalanya ialah rasa gatal dan panas serta perih pada area yang ditumbuhi oleh cacar tersebut. Bila area yang diplih oleh si virus ialah area dada, maka rasa dan sensasi panas terbakar pun akan muncul pada area dada. 

Hal ini lah yang dapat mengakibatkan seseorang merasakan adanya rasa sesak dan berat pada area dada mereka. 

4. Serangan panik

Apakah kamu pernah merasakan dada yang tiba tiba terasa sangat berat saat kamu merasa panik? Bila iya, mungkin kamu sedang mengalami serangan panik dalam tubuhmu. 

Hal ini biasanya akan menyebakan kamu menghirup banyak oksigen lalu melepaskan oksigen tersebut dengan sangat cepat dalam hitungan detik sehingga kadar karbon dioksida dalam tubuh akan menurun dengan sangat cepat pula dan mengakibatkan adanya penyemptan pembuluh darah sehingga supply oksigen dalam darah ke arah otak dan paru paru mengalami hambatan dan menyebabkan dada terasa sakit dan berat. 

Dalam istilah medis hal ini dpaat dikatakan sebagai hiperventilasi. Namun  jangan khawatir, hiperventilasi akibat adanya serangan panik dalam tubuh tidaklah berbahaya bagi tubuh kita.

5. Gangguan pada area Pankreas

Gangguan yang terjadi pada area pankreas atau sering disebut pankreatitis merupakan suatu keadaan dimana pankreas seseorang mengalami peradangan yang akut. 

Letak pankreas yang memang berada tepat di belakang rongga perut secara letak memang cukup jauh dengan area dada. 

Namun rasa sakit pada area pankreas yang terus menerus terjadi secara intens dan mendalam dapat mengakibatkan rasa sakit itu menjalar ke bagian atas sampai dada dan menyebabkan dada si penderita terasa sangat berat dan sesak.

Hal hal diatas tersebutlah yang membuktikan bahwa sakit pada area dada atau rasa berat dan sesak yang muncul pada area dada bukanlah melulu akibat adanya serangan jantung atau penyakit jantung lainnya. 

Penyakit dan faktor lain seperti yang sudah disebutkan diatas bisa menjadi beberapa faktor alasan mengapa dada kita sering terasa berat dan sakit walaupun tidak mengidap penyakit jantung.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tight Chest: Anxiety, Heaviness, Stress, Shortness of Breath. Healthline. (https://www.healthline.com/health/tight-chest)
Why does my chest feel heavy? 13 causes and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324537.php)
Chest Tightness, Heavy Chest, Wheezing & 3 Other Symptoms NOT To Ignore. WebMD. (https://www.webmd.com/heart-disease/serious-symptoms-not-ignore)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app