Methisoprinol: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Jan 7, 2019 Update terakhir: Okt 23, 2020 Tinjau pada Feb 28, 2019 Waktu baca: 4 menit

Definisi Dari Obat Methisoprinol

Methisoprinol adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi mukokutan akibat virus herpes simpleks, kutil kelamin, subacute sclerosing panencephalitis dan beberapa kondisi lainnya. Methisoprinol merupakan sejenis garam yang mungkin dapat digunakan untuk tujuan yang tidak diberikan pada petunjuk medis. Informasi detil yang berhubungan dengan penggunaan methisoprinol, efek samping methisoprinol, tanggapan pengguna methisoprinol, pertanyaan mengenai methisoprinol, dan peringatan penggunaan methisoprinol adalah sebagai berikut:

Indikasi Penggunaan Methisoprinol

Methisoprinol digunakan untuk mengobati, mengontrol, mencegah dan memperbaiki penyakit, kondisi dan gejala berikut ini:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kulit via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 6

Efek Samping Methisoprinol

Berikut ini adalah daftar mengenai efek samping yang mungkin terjadi apabila Anda menggunakan obat yang mengandung methisoprinol. Daftar berikut ini bukanlah daftar yang komprehensif. Efek samping berikut ini merupakan efek samping yang mungkin terjadi, tetapi tidak selalu terjadi. Beberapa efek samping berikut mungkin jarang tetapi sifatnya serius. Konsultasikan ke dokter Anda apabila Anda mendapati efek samping berikut, terutama apabila efek samping tersebut tidak kunjung hilang:

Jika Anda menyadari adanya efek samping lain yang tidak terdaftar di sini, hubungi dokter untuk mendapatkan saran medis. Anda juga dapat melaporkan efek samping penggunaan Methisoprinol kepada otoritas di bidang administrasi obat dan makanan.

Cara kerja, mekanisme aksi dan farmakologi Methisoprinol

Methisoprinol meningkatkan kondisi pasien dengan melakukan fungsi yaitu menstimulasi proses-proses imun yang dimediasi oleh sel untuk melawan infeksi virus dalam tubuh. 

Cara menggunakan Methisoprinol

Untuk menggunakan methisoprinol, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau farmasis atau bacalah petunjuk penggunaan pada kemasan methisoprinol. Pemberian dosis obat methisoprinol harus disesuaikan dengan kasus yang dialami. Berikut anjuran dosis yang disarankan:
1) Terapi mukokutan herpes simpleks: 1 gram 4 kali/hari selama 8-14 hari.
2) Terapi kutil kelamin: 1 gram 3 kali/hari selama 14-28 hari.
3) Subacute sclerosing panencephalitis (pembengkakan otak akibat infeksi virus measles): 50-100 mg/kg berat badan sehari dalam dosis terbagi setiap 4 jam.

Selalu monitor kadar asam urat pada pasien yang memiliki gangguan ginjal, asam urat, atau hiperurisemia (kadar asam urat tinggi dalam darah). Jangan konsumsi obat ini jika Anda sedang hamil atau menyusui.

Interaksi Methisoprinol

Konsultasikan kepada dokter atau farmasis atau baca petunjuk penggunaan yang tersedia bersama methisoprinol atau terdapat pada kemasan.

Kontraindikasi Methisoprinol

Konsultasikan kepada dokter atau farmasis atau baca petunjuk penggunaan yang tersedia bersama methisoprinol atau terdapat pada kemasan.

Melewatkan satu dosis Methisoprinol

Jika Anda melewatkan satu kali dosis, segera minum setelah Anda mengingatnya. Jika dosis yang terlewat itu hampir mendekati dosis selanjutnya, lewatkan saja dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal dosis seperti sedia kala. Jangan meminum dosis ekstra untuk mengganti dosis yang terlewat. Jika Anda melewatkan dosis hampir secara rutin, cobalah untuk menggunakan pengingat atau memasang alarm atau meminta anggota keluarga untuk mengingat. Konsultasikan pada dokter dan diskusikan segala perubahan jadwal dosis atau jadwal dosis yang baru untuk mengganti dosis yang terlewat, jika Anda telah melewatkan terlalu banyak dosis.

Overdosis Methisoprinol

  • Jangan menggunakan methisoprinol lebih dari dosis yang diresepkan. Menggunakan methisoprinol secara berlebihan tidak akan memperbaiki gejala yang terjadi, tetapi akan menyebabkan keracunan dan efek samping yang lebih serius. Jika Anda mencurigai Anda atau orang lain mengalami overdosis methisoprinol, segera hubungi ambulans atau bawa ke unit gawat darurat di rumah sakit terdekat atau rumah perawatan. Bawalah kotak obat, wadah, atau label bersama Anda untuk membantu dokter mengetahui kondisi Anda
  • Jangan memberikan methisoprinol milik Anda kepada orang lain meskipun Anda tahu bahwa mereka memiliki kondisi yang sama dengan Anda atau sepertinya mereka memiliki kondisi yang mirip dengan kondisi Anda. Pemberian methisoprinol kepada orang lain mungkin menjadi penyebab overdosis.
  • Konsultasi dengan dokter atau farmasis Anda atau bacalah petunjuk yang tersedia bersama produk untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap.

Penyimpanan Methisoprinol

  • Simpan methisoprinol pada suhu ruangan, jauhkan dari sinar matahari langsung dan dari panas. Jangan membekukan methisoprinol kecuali memang diinstruksikan. Jauhkan methisoprinol dari anak-anak dan hewan peliharaan.
  • Jangan membuang methisoprinol ke dalam toilet atau menuangkan methisoprinol ke saluran air kecuali diinstruksikan untuk melakukannya. Methisoprinol harus dibuang dengan waspada karena apabila dibuang sembarangan akan menyebabkan lingkungan menjadi terkontaminasi. Konsultasikan kepada dokter atau farmasis untuk mendapatkan detil tentang tata cara untuk membuang methisoprinol secara aman.

Methisoprinol yang Kadaluarsa

Meminum satu buah dosis methisoprinol yang telah kadaluarsa mungkin tidak dapat menyebabkan terjadinya kejadian yang berbahaya. Namun, diskusikan dengan penyedia kesehatan Anda jika Anda merasa sakit atau tidak yakin. Methisoprinol yang telah kadaluarsa menjadi tidak efektif dalam mengobati kondisi Anda.


10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
MIMS Philippines (2018). Isoprinosine. (https://www.mims.com/philippines/drug/info/isoprinosine)
MIMS Indonesia (2018). Isprinol. (https://www.mims.com/indonesia/drug/info/isprinol)
MIMS Indonesia (2018). Methisoprinol Phapros. (https://www.mims.com/indonesia/drug/info/methisoprinol%20phapros)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app