Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kehamilan

Mengenal Pertumbuhan Janin Setiap Trisemester

Update terakhir: NOV 20, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 896.740 orang

Hamil atau kehamilan adalah kondisi dimana seorang wanita membawa atau memiliki embrio yang kemudian berkembang menjadi fetus dalam tubuhnya. 

Embrio terbentuk dari sel sperma yang membuahi ovum, kemudian menjadi zigot yang memiliki DNA dari kedua orang tua.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Setelah melewati fase awal, embrio akan berkembang menjadi fetus. Janin membentuk struktur utama dan sistem organ pada akhir minggu kedelapan kehamilan. Setelah itu janin akan disebut calon bayi.

Pada beberapa kasus kehamilan seperti kehamilan kembar dapat melibatkan lebih dari 1 (satu) janin.

Periode hamil dimulai dari konsepsi (pembuahan sel sperma terhadap ovum) sampai janin lahir, yang adalah sekitar 40 minggu namun tidak lebih dari 43 minggu dari periode terakhir menstruasi.

Proses hamil

Sekitar 2 minggu setelah seorang wanita mengalami menstruasi, wanita akan berovulasi dan melepaskan 1 buah telur matang yang memiliki masa fertilasi 12-24 jam selama perjalanannya menuju rahim

Jika sel telur matang bertemu dengan sel sperma dalam perjalanan menuju rahim maka keduanya akan melebur menjadi satu sel, proses ini disebut konsepsi atau pembuahan.

Pada saat pembuahan, jenis kelamin fetus sudah ditentukan berdasarkan apakah sel telur menerima kromosom X atau Y.  Jika kromosom X yang diterima maka jenis kelamin janin adalah wanita dan kromosom Y untuk pria

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Menurut Cleveland Clinic, embrio membutuhkan 3-4 hari menuju uterus, dimana embrio akan menempel dan mulai bertumbuh menjadi fetus dan plasenta

Plasenta adalah jaringan yang mengalirkan oksigen, makanan dan hormon dari darah ibu ke janin agar dapat berkembang.

Masa hamil

Trisemester pertama (minggu 1-12)

Perubahan pada wanita hamil


Perubahan pada bentuk tubuh wanita mungkin belum terlihat pada trisemester awal kehamilan, namun perubahan banyak terjadi di dalam tubuh seperti perubahan hormon. Beberapa wanita juga mengalami beberapa gejala hamil muda seperti mual, pusing, mudah lelah, sakit kepala

Contoh perubahan hormon yang terjadi adalah munculnya hormon hCG dalam darah wanita hamil dari pertama kali terjadi pembuahan. Jika hCG ditemukan pada urin wanita saat melakukan tes kehamilan dengan tespek, maka wanita tersebut positif hamil.

Selain hCG, wanita hamil juga akan mengalami peningkatan hormon estrogen yang mengakibatkan wanita mual pada masa awal kehamilan, yang sering dikenal dengan morning sickness

Pertumbuhan janin


Pada bulan pertama kehamilan, organ jantung dan paru-paru pada embrio mulai berkembang. Embrio akan tumbuh sebesar biji kacang merah pada bulan kedua kehamilan, selain itu embrio juga mulai menumbuhkan mata kaki, lengan, jari-jari, lipatan mata, tulang, alat genital dan bagian dalam kuping. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Saat memasuki minggu ke-8 embrio akan disebut fetus. Pada minggu 8-10 organ utama fetus akan mulai terbentuk, periode ini adalah masa paling rawan karena ibu akan rentan terhadap keguguran dan bayi akan rentan terhadap kemungkinan cacat. Untuk itu disarankan agar ibu tidak megosumsi makanan atau obatan yang berbahaya. 

Trisemester kedua (minggu 13-27)

Perubahan pada wanita hamil


Pada trisemester kedua kehamilan, Anda dapat mengharapkan gejala morning sickness membaik karena tubuh sudah beradaptasi dengan perubahan hormon yang terjadi. 

Namun wanita akan mulai mengalami tekanan pada panggul, seakan seseuatu memberatkan menarik kebawah. Ibu hamil juga akan mulai melihat perut mulai membesar karena perkembangan fetus, gatal pada kulit perut karena kondisi kulit yang tertarik dan nyeri di bagian belakang pinggang.

Pertumbuhan janin


Janin akan bertumbuh sepanjng 7- 12cm ketika memasuki trisemester kedua. Janin mulai membentuk alis, bulu mata, kuku, leher dan kulit keriput. Pada bulan keempat tangan dan kaki mulai dapat ditekuk, organ ginjal juda mulai dapat bekerja dan menghasilkan urin. 

Pada bulan kelima, janin akan mulai aktif dan ibu akan mulai dapat merasakan gerakan janin. Pada bulan keenam, janin akan mulai menumbuhkan rambut, mata mulai membuka dan organ otak mulai berkembang. Namun organ paru-paru belum dapat berfungsi.

Trisemester ketiga (minggu 28-40)

Perubahan pada wanita hamil


Karena janin yang membesar mendorong diafragma ibu, otot yang berperan dalam sistem pernapasan akan tertekan sehingga ibu akan sulit bernapas. Menurut Johns Hopkins Medicine, mata kaki, tangan, kaki dan wajah ibu juga akan membengkak karena sirkulasi darah yang lambat. 

Ibu hamil juga akan lebih sering buang air kecil karena tekanan pada kandung kemih. Sakit pinggang, panggil dan pinggul juga akan terasa nyeri karena persiapan persalinan

Garis halus akan muncuk pada perut, paha dan payudara dan kemunculan varises pada kaki ibu hamil. 

Pertumbuhan janin


Memasuki bulan ketujuh, janin dapat bereaksi terhadap cahaya maupun suara, mata juga dapat membuka dan menutup dengan sempurna. Pada bulan kedelapan, Anda dapat mengharapkan bayi bertambah berat badan dengan cepat. 

Tulang mengeras namun bagian kepala tetap lunak dan flexibel untuk memudahkan persalinan.  Kehamilan penuh adalah ketiga bayi lahir setelah 39-40 bulan dalam kandungan ibu. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit