Nyeri Mata Kaki - Tanda, Penyebab, Gejala, Cara Mengobati

Dipublish tanggal: Apr 10, 2019 Update terakhir: Nov 6, 2020 Tinjau pada Jul 24, 2019 Waktu baca: 3 menit

Nyeri pergelangan kaki mengacu pada semua jenis rasa sakit atau ketidaknyamanan di pergelangan kaki Anda. Nyeri ini bisa disebabkan oleh cedera, seperti terkilir, atau oleh kondisi medis, seperti radang sendi.

Menurut National University of Health Sciences ( NUHS ), terkilir pergelangan kaki adalah salah satu penyebab paling umum dari nyeri pergelangan kaki. terkilir pergelangan kaki mencakup 85% dari semua cedera pergelangan kaki. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Terkilir terjadi ketika ligamen Anda (jaringan yang menghubungkan tulang) robek atau meregang.

Sebagian besar kasus terkilir pada pergelangan kaki adalah kasus terkilir lateral, yang terjadi ketika ligamen pada pergelangan kaki bagian samping luar mengalami cedera akibat suatu aktivitas (gerakan melompat). Tindakan ini meregangkan atau merobek ligamen.

Pergelangan kaki yang terkilir sering membengkak dan memar selama sekitar 7 hingga 14 hari. Namun, mungkin diperlukan beberapa bulan bagi cedera pergelangan kaki yang parah untuk sembuh sepenuhnya.

Setelah sembuh, pergelangan kaki yang terkilir terkadang secara permanen akan menjadi lebih lemah dan kurang stabil daripada pergelangan kaki lainnya. 

Menurut sebuah makalah yang diterbitkan oleh American Academy of Family Physicians ( AAFP ), pernah mengalami terkilir pada pergelangan kaki sebelumnya merupakan faktor risiko terbesar untuk menyebabkan kaki terkilir di kemudian hari.

Penyebab Nyeri Pergelangan Kaki

Terkilir adalah penyebab umum yang menyebabkan nyeri pergelangan kaki. Nyeri pergelangan kaki juga bisa disebabkan oleh:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Terkilir umumnya disebabkan oleh gerakan, berlari, melompat, mendarat yang salah sehingga gerakan-gerakan yang salah tersebut merobek ligamen pergelangan kaki yang menyatukan tulang. 

Gerakan-gerakan yang salah tersebut juga dapat menyebabkan kerusakan pada tulang rawan atau tendon pergelangan kaki Anda.

Gout atau yang lebih dikenal sebagai penyakit asam urat, terjadi ketika asam urat menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan asam urat dapat tersimpan dalam bentuk kristal di daerah persendian, sehingga saat kristal asam urat tersebut melukai struktur sekitar, akan menyebabkan rasa nyeri yang tajam.

Pseudogout adalah kondisi serupa dengan asam urat, di mana terjadi penumpukan kalsium berlebih di sendi. Gejala gout dan pseudogout meliputi rasa sakit, bengkak, dan kemerahan.

Artritis juga dapat menyebabkan nyeri pergelangan kaki. Arthritis adalah peradangan sendi. Berbagai jenis radang sendi dapat menyebabkan rasa sakit di pergelangan kaki, tetapi osteoartritis adalah peradangan sendi yang paling sering terjadi. 

Osteoartritis sering disebabkan oleh keausan pada sendi. Semakin tua usia seseorang, semakin besar kemungkinan mereka menderita osteoartritis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asam Urat via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 43

Artritis septik adalah radang sendi yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Artritis septik dapat menyebabkan rasa sakit di pergelangan kaki, jika pergelangan kaki adalah salah satu daerah yang terinfeksi.

Merawat Nyeri Pergelangan Kaki di Rumah

Untuk perawatan langsung nyeri pergelangan kaki di rumah, metode RICE direkomendasikan. Metode RICE meliputi:

Rest / Beristirahat

Menghindari memberikan beban berlebih pada pergelangan kaki Anda. Cobalah untuk bergerak sesedikit mungkin selama beberapa hari pertama. Gunakan tongkat jika Anda harus berjalan atau bergerak.

Ice/ Es
Mulailah dengan meletakkan kantong es di pergelangan kaki Anda setidaknya selama 20 menit saat mengalami cedera atau pada waktu-waktu tertentu di rumah. Lakukan ini tiga hingga lima kali sehari selama tiga hari setelah cedera. Dengan meletakan es, dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mati rasa.

Compression / Kompresi
Bungkus pergelangan kaki Anda yang terluka dengan perban elastis, seperti perban ACE . Jangan membungkusnya terlalu erat sehingga pergelangan kaki Anda mati rasa atau jari-jari kaki membiru.

Elevate / Angkat pergelangan kaki 
Jika memungkinkan, pertahankan pergelangan kaki Anda terangkat setinggi jantung Anda menggunakan tumpukan bantal atau penopang lainnya.

Anda dapat minum obat yang dijual di apotik, seperti acetaminophen atau ibuprofen , untuk menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan.

Setelah rasa sakit Anda mereda, Anda dapat melatih pergelangan kaki Anda dengan hati-hati dengan memutarnya. Putar ke dua arah, dan berhenti jika mulai terasa sakit.

Anda juga bisa menggunakan tangan untuk melenturkan pergelangan kaki ke atas dan ke bawah secara perlahan.

Latihan-latihan ini akan mengembalikan rentang gerak Anda dan membantu melatih pergelangan kaki Anda, sehingga menurunkan risiko cedera kembali.

Jika nyeri pergelangan kaki Anda disebabkan oleh artritis, Anda tidak akan dapat menyembuhkan atau menghilangkan rasa sakit itu. Namun, ada beberapa cara untuk mengelolanya. seperti:

  • menggunakan penghilang rasa sakit topikal (krim, salep)
  • minum obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) untuk mengurangi rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan
  • tetap aktif secara fisik dan ikuti program kebugaran yang berfokus pada olahraga ringan
  • menerapkan kebiasaan makan sehat
  • lakukan peregangan untuk mempertahankan rentang gerak yang baik pada persendian Anda
  • menjaga berat badan Anda dalam kisaran yang sehat, sehingga dapat mengurangi stres pada persendian

17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app