Mati Rasa Jari - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Sep 18, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 2 menit

Apa itu mati rasa pada jari kaki?

Mati rasa pada jari kaki adalah gejala yang terjadi ketika sensasi pada jari-jari kaki Anda terpengaruh akibat gangguan saraf. Kondisi yang akan muncul berupa perasaan, kesemutan, atau bahkan sensasi terbakar yang bisa menimbulkan kesulitan berjalan hingga rasa sakit.

Mati jari kaki bersifat sementara  atau bisa juga merupakan suatu gejala kronis jangka panjang. Mati rasa kaki kronis dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk berjalan dan mungkin menyebabkan cedera dan luka yang mungkin tidak Anda sadari. Meskipun mati rasa jari kaki dapat menjadi kekhawatiran, kondisi ini sangat jarang menimbulkan komplikasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Dapatkan Obat Diabetes Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 36

Apa yang menyebabkan mati rasa pada jari kaki?

Tubuh Anda mengandung jaringan saraf sensorik yang kompleks yang memberikan sensai pada indera perabaan Anda. Ketika saraf ditekan dan rusak, ini akan menyebabkan terputusnya koneksi antar saraf ke jaringan.. Ini menghasilkan rasa kesemutan sementara atau berangsung lama.

Sejumlah kondisi medis dapat menyebabkan kesemutan pada jari kaki, termasuk:

Beberapa orang mengalami mati rasa dan kesemutan berkaitan dengan berolahraga,, terutama setelah melakukan latihan seperti berlari atau berolahraga. Ini karena terjadi kompresi saraf saat  berolahraga yang mereda setelah beristirahat.

Mati rasa dan kesemutan jarang menimbulkan gangguan neurologis yang lebih serius. Mati rasa pada satu sisi tubuh dapat disebabkan oleh:

  • Pukulan keras
  • transient ischemic attack (TIA)

Apa saja tanda-tanda mati rasa pada jari kaki?

Mati jari kaki adalah sensasi abnormal yang sering kali mengurangi kemampuan Anda untuk merasakan jari-jari kaki sendiri atau saat menapakkan kaki. Anda juga merasakan kesemutan pada kaki atau jari kaki saat sensasi kembali dan mati rasa hilang. Mati rasa juga bisa menyebabkan sensasi tertusuk di jari kaki Anda. Ini dapat terjadi pada satu atau kedua kaki bergantung pada penyebabnya.

Bagaimana cara menangani mati rasa pada jari kaki?

Perawatan untuk mati rasa pada jari kaki tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Dapatkan Obat Diabetes Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 36

Jika neuropati diabetes adalah penyebabnya, dokter Anda akan merekomendasikan obat dan perawatan untuk memastikan gula darah Anda tetap pada angka normal. Meningkatkan aktivitas fisik Anda dan memperhatikan diet Anda juga dapat membantu mencegah keluhan.

Jika mati rasa disebabkan oleh kompresi saraf di kaki, mengganti jenis sepatu yang Anda pakai mungkin bisa membantu mengurangi gejala. Jika mati rasa terkait dengan alkohol, Anda harus berhenti minum dan mulai mengonsumsi multivitamin.

Selain langkah-langkah ini, dokter dapat meresepkan obat penghilang rasa sakit diantaranya:

Mencegah mati rasa pada jari kaki yang kronis

Orang dengan mati rasa jari kaki yang kronis perlu menjalani pemeriksaan kaki rutin untuk memeriksa luka dan sirkulasi kaki. Mereka juga harus tetap menjaga kebersihan kaki dengan baik, seperti:

  • memotong kuku kaki
  • memeriksa kaki setiap hari untuk memantau adanya luka
  • genggam untuk memeriksa bagian bawah kaki
  • mengenakan kaus kaki tebal guna melindungi kaki
  • mengenakan sepatu yang pas yang memungkinkan jari kaki bergerak

23 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Steven Shoshany, DC, Fingers Numb (https://www.spine-health.com/blog/getting-right-diagnosis-numb-fingers), 16 November 2015.
Nancy Hammond, M.D., Fingers Numb (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324456.php), 14 February 2019.

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app