Daftar Makanan Sumber Asam Folat Tinggi yang Mudah Didapatkan

Dipublish tanggal: Sep 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Daftar Makanan Sumber Asam Folat Tinggi yang Mudah Didapatkan

Manfaat asam folat bagi kesehatan ada banyak sekali, terutama bagi kaum hawa. Konsumsi makanan sumber asam folat selama masa kehamilan dan program hamil sangat baik untuk mengoptimalkan perkembangan janin dalam kandungan. Lalu, makanan apa saja yang mengandung kaya asam folat?

Manfaat asam folat untuk kesehatan 

Asam folat sebetulnya merupakan bentuk sintetis dari vitamin B9. Jenis vitamin ini sangat baik untuk semua orang, baik pria maupun wanita, anak-anak, hingga ibu hamil dan menyusui.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Manfaat asam folat dapat membantu memproduksi sel darah merah dan menjaga sistem saraf tetap berfungsi optimal. Selain itu, jenis vitamin B ini juga dapat membantu mengolah lemak dan karbohidrat dalam tubuh.

Yang tak kalah penting, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi banyak makanan kaya asam folat. Sebab, nutrisi ini dapat mencegah risiko cacat lahir.

Baca Selengkapnya: 31 Fungsi dan Manfaat Asam Folat untuk Wanita dan Pria

Sumber makanan kaya asam folat

Tidak perlu terburu-buru mengonsumsi suplemen vitamin B9 untuk mencukupi kebutuhan asam folat tubuh. Pasalnya, Anda bisa memperolehnya dari berbagai makanan sumber asam folat seperti berikut ini:

Sayur-sayuran hijau

Buah-buahan

  • Alpukat
  • Buah bit
  • Jus jeruk
  • Jus tomat
  • Pepaya
  • Pisang
  • Melon jingga

Baca Selengkapnya: Segarnya 13 Buah yang Mengandung Asam Folat Berikut

Kedelai dan kacang-kacangan

  • Kacang kedelai
  • Kacang merah
  • Kacang hijau
  • Kacang polong
  • Kacang tanah
  • Brussel sprout

Biji-bijian

  • Gandum
  • Olahan gandum atau pasta
  • Jagung 
  • Olahan jagung atau tepung jagung
  • Sereal

Selain itu, asupan asam folat juga bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi jenis makanan berikut ini:

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku
  • Ikan salmon
  • Hati sapi
  • Susu
  • Olahan susu atau yogurt
  • Daging unggas
  • Makanan laut (seafood)
  • Kacang lentil yang sudah dimasak
  • Sereal diperkaya asam folat
  • Telur

Manfaat asam folat untuk kesehatan

Asam folat tak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil atau wanita yang mempersiapkan kehamilan. Asam folat penting untuk dikonsumsi oleh siapa saja, baik pria atau wanita dewasa hingga anak-anak.

Berikut ini berbagai manfaat asam folat untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

  • Mencegah cacat lahir, salah satunya cacat tabung saraf (neural tube defect) yang merupakan cacat lahir pada bagian otak, tulang belakang, dan saraf tulang belakang
  • Mengurangi risiko bayi lahir prematur dengan berat badan rendah
  • Menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku
  • Menjaga fungsi sel dalam tubuh
  • Membantu pembentukan sel darah merah, bersama dengan vitamin B12
  • Mengoptimalkan pembentukan DNA
  • Mencegah anemia dan penyakit jantung
  • Menjaga kesehatan mata yang kerap menurun akibat faktor usia
  • Membantu meredakan gejala depersi, jika dikonsumsi bersama dengan obat antidepresan
  • Mengurangi gejala hipertensi
  • Mengatasi masalah gusi yang disebabkan oleh kehamilan atau konsumsi obat-obatan tertentu
  • Meredakan gejala vitiligo

Berapa banyak asupan asam folat yang dibutuhkan?

Kebutuhan konsumsi asam folat setiap orang akan berbeda-beda. Hal ini tergantung dari jenis kelamin, usia, hingga kondisi kesehatan pasien tersebut.

  • Ibu hamil: 400-600 mcg per hari
  • Ibu menyusui: 500 mcg per hari
  • Wanita yang berisiko melahirkan bayi dengan gangguan bawaan lahir: 400-600 mcg per hari
  • Wanita yang sedang merencanakan kehamilan: 400-600 mcg per hari
  • Orang dengan kelainan genetik yang menyebabkan tubuhnya tak bisa mengolah asam folat: 400-600 mcg per hari
  • Pria dan wanita dewasa: 400 mcg per hari
  • Anak usia 4-8 tahun: 200 mcg per hari
  • Anak usia 9-13 tahun: 300 mcg per hari

Kebutuhan asam folat harian tersebut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi berbagai makanan sumber zat besi, seperti yang telah disebutkan di atas. Namun jika masih tidak cukup, maka Anda dapat mengonsumsi suplemen asam folat. Sebelum minum suplemen tambahan, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk mengetahui jenis dan dosis suplemen yang sesuai kondisi Anda.

Baca Juga: Meski Mirip, Folat dan Asam Folat Itu Berbeda, Lho!

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Top Folate Foods for Pregnancy. Parents. (https://www.parents.com/pregnancy/my-body/nutrition/folate-foods/)
Folate: Health benefits and recommended intake. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/287677)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app