Penyebab Anemia Defisiensi Vitamin B12 dan Folat

Dipublish tanggal: Agu 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 6, 2020 Waktu baca: 3 menit
Penyebab Anemia Defisiensi Vitamin B12 dan Folat

Kandungan folat (vitamin B9) dan vitamn B12 dalam tubuh mempunyai fungsi penting untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat dan membantu menjaga kesehatan sistem saraf, sehingga ketika tubuh kekurangan dua nutrisi tersebut maka dapat terjadi anemia defisiensi vitamin B12 dan folat.

Vitamin B9 dan vitamin B12 sendiri berfungsi memproduksi sel darah merah yang mengangkut oksigen untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Tetapi jika jumlah vitamin tersebut kurang dalam tubuh, hal inilah yang menyebabkan terjadinya anemia dan disebut dengan anemia megaloblastik. Dalam kondisi anemia defisiensi vitamin B12 dan folat ini, sumsum tulang hanya dapat menghasilkan sedikit sel darah merah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Vitamin & Suplemen via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 13

Tanpa jumlah sel darah merah yang cukup, jumlah kosigen dalam tubuh juga secara tidak langsung akan berkurang dan memungkinkan terjadinya beberapa gangguan pada organ tubuh karena tidak dapat berfungsi secara optimal. Beberapa kondisi anemia ini menyebabkan penderita harus mengonsumsi suplemen untuk membantu meningkatkan kadar vitamin yang kurang tersebut.

Penyebab anemia defisiensi vitamin B12 dan folat (vitamin B9)

Anemia defisiensi vitamin B12 dan folat (vitamin B9) dapat terjadi karena tubuh mengalami kekurangan nutrisi terhadap kedua jenis vitamin tersebut sehingga produksi sel darah merah dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik.

Penyebab anemia defisiensi vitamin B12

Penyakit anemia defisiensi vitamin B12 dapat disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut:

  • Kurangnya asupan makanan yang kaya akan vitamin B12
  • Menderita penyakit usus seperti penyakit Crohn
  • Terjadi gangguan usus karena bakteri
  • Minum minuman beralkohol
  • Mengonsumsi obat tertentu yang menghambat penyerapan folat

Jika kadar vitamin B12 tidak tercukupi dengan baik, maka untuk mengatasi defisiensi vitamin B12, Anda dapat meningkatkan jumlah asupan makanan yang kaya akan vitamin tersebut, seperti mengonsumsi daging, telur, dan susu. Penyebab anemia megaloblastik lainnya yang mungkin terjadi adalah tidak terserapnya vitamin B12 secara sempurna oleh usus, sehingga meski Anda merasa telah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dalam jumlah yang cukup tetapi setelah diperiksa ternyata kadarnya dalam tubuh tidak tercukupi.

Baca juga: Makanan yang Mengandung Asam Folat

Ketika usus halus tidak bisa menyerap vitamin B12 yang berasal dari makanan yang dikonsumsi tubuh, maka akan terjadi anemia defisiensi vitamin B12. Kondisi di mana usus halus tidak bisa menyerap dengan baik biasanya terjadi karena:

  • Adanya bakteri abnormal pada usus
  • Kondisi pasca menjalani operasi usus
  • Mengidap penyakit usus seperti: 
    • Penyakit crohn, yaitu penyakit radang usus yang menyebabkan peradangan pada seluruh lapisan dinding sistem pencernaan
    • Penyakit celiac, yaitu penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh setelah mengonsumsi gluten sehingga merusak lapisan usus halus dan menghambat penyerapan nutrisi
  • Masuknya makanan yang terkontaminasi cacing pita ke dalam tubuh akibat makanan yang dikonsumsi tidak dicuci bersih ataupun tidak mengalami proses pemasakan yang matang sempurna
  • Kurangnya faktor intrinsik yang diproduksi lambung yang berfungsi untuk menyerap nutrisi dari makanan akibat kelainan atau kerusakan sistem imun

Penyebab anemia defisiensi vitamin B9 (folat)

Selain penyebab di atas yang memicu tubuh kekurangan vitamin B12, anemia defisiensi vitamin B9 atau folat bisa disebabkan oleh hal-hal berikut:

  • Kurangnya asupan makanan yang kaya folat, seperti sayuran hijau dan buah
  • Mengolah makanan terlalu matang yang bisa menghancurkan vitamin B
  • Gangguan penyerapan folat dalam saluran gastrointensinal yang dipengaruhi oleh kondisi berikut:
    • Penyakit celiac
    • Penyakit Crohn
    • Penyakit kanker tertentu
    • Gagal ginjal
  • Efek samping dari penggunaan obat tertentu, termasuk yang menyebabkan tubuh sulit menyerap folat seperti obat Sulfasalazine, Methotrexate, Phenytoin, maupun Kotrimoksazol
  • Mengonsumsi alkohol secara berlebihan sehingga meningkatkan pengeluaran folat melalui urine
  • Terjadinya mutasi genetik yang menghambat penyerapan asupan folat dalam tubuh
  • Keluarnya urine secara berlebihan termasuk kandungan folat akibat mengalami penyakit komplikasi vitamin B9 dan B12, seperti gagal jantung, kerusakan hati, serta pasien cuci darah jangka panjang

Baca juga: Komplikasi Akibat Anemia Defisiensi Vitamin B12 dan Folat

19 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Ferri FF. Vitamin deficiency (hypovitaminosis). In: Ferri's Clinical Advisor 2020. Elsevier; 2020. https://www.clinicalkey.com.
Rethinking drinking: Alcohol and your health. National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism. http://pubs.niaaa.nih.gov/publications/RethinkingDrinking/Rethinking_Drinking.pdf.
Folate: Fact sheet for health professionals. National Institutes of Health Office of Dietary Supplements. https://ods.od.nih.gov/factsheets/Folate-HealthProfessional/.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app