HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. SCIENTIA INUKIRANA
Ditinjau oleh
DR. SCIENTIA INUKIRANA

Vitamin B9: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mar 11, 2019 Update terakhir: Mar 11, 2020 Tinjau pada Mar 22, 2019 Waktu baca: 3 menit

Vitamin B9 atau asam folat merupakan suplemen vitamin yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh, termasuk dalam memproduksi eritrosit atau sel darah merah. 

Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah kecacatan berupa celah pada tulang belakang bayi (penyakit spina bifida). Suplemen vitamin B9 tergolong obat bebas yang dapat dikonsumsi oleh dewasa dan anak-anak serta dapat dibeli di toko obat dan apotek. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Vitamin B9 (asam folat) juga dapat menjadi golongan obat keras apabila terkandung dalam sediaan injeksi. Vitamin B9 dapat diperoleh dari makanan, seperti brokoli, kentang, buncis, bayam, kubis, hati, sereal, kacang polong, kacang hijau, sera, da asparagus. 

Vitamin B9 dapat mengatasi efek samping methotrexate pada penyakit arthritis, psoriasis, dan penyakit crohn yang tergolong parah. Kekurangan vitamin B9 dapat diketahui dari gejala cepat lelah yang merupakan salah satu tanda terkena penyakit anemia. 

Vitamin B9 dapat terkandung dalam bentuk sediaan tablet, kapsul lunak, dan cairan. Asupan vitamin B9 setiap harinya dapat didapatkan dari makanan ataupun suplemen. Apabila dalam bentuk suplemen, vitamin B9 (asam folat) dapat diminum sebelum atau sesudah makan.

Cara kerja Vitamin B9

Vitamin B9 atau asam folat merupakan senyawa biokimia inaktif. Cara kerjanya adalah setelah dikonsumsi akan berubah menjadi asam tetrahidrofolat dan metiltetrahidrofolat melalui bantuan enzim dihidrofolat reduktase. 

Kemudian, senyawa kimia tersebut akan diangkut menuju sel-sel yang membutuhkan oleh reseptor-mediated endositosis. Senyawa kimia tersebut penting dalam menjaga proses normal pembentukan sel darah merah atau dikenal dengan proses eritropoiesis serta sintesis purin dan pirimidin.

Manfaat dan efek samping Vitamin B9                          

Vitamin B9 bermanfaat dalam mencegah anemia, mencegah kerusakan sistem saraf tengah pada janin, mencegah efek samping pengobatan methotrexate pada kasus arthritis, psoriasis, dan penyakit crohn. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Efek samping jarang terjadi pada penggunaan vitamin B9 (asam folat) apabila digunakan dengan dosis yang tepat. Namun, terdapat laporan efek samping pada penggunaan suplemen vitamin B9 pada dosis 5 miligram, yaitu perut kembung, mual, dan kehilangan nafsu makan.

Dosis Vitamin B9

Sediaan: tablet 400mcg, 800mcg dan 1gram . suntikan 5mg/ml.

Dosis sebagai suplementasi harian oleh recommended deietary allowance (RDA)

  • Laki-laki 400mcg/hari
  • Perempuan 400-800mcg/hari
  • Wanita hamil 600mcg/hari
  • Wanita menyusui 500mcg/hari
  • Batas maksimal 1gram/hari

Wanita yang berencana hamil untuk pencegahan cacat tabung saraf pada bayi yang dikandung dapat mengkonsumsi vitamin ini 3bulan sebelum rencana program kehamilan hingga melahirkan dengan dosis 600mcg/hari.

  • Pada kasus defisiensi asam folat diberikan melalui dosis 0,4-1mg baik melalui suntikan, minum atau subkutan (dibawah lemak).
  • Pada kasus keracunan alkohol (methanol) 50-75mg iv tiap 4 jam dalam 24 jam
  • Pada perawatan kasus anemia hemolitik kronis atau pada pasien cuci darah, dosis vitamin B9 (asam folat) yang dianjurkan adalah 5 mg.

Peringatan terhadap Vitamin B9

Untuk penggunaan pada ibu hamil dan menyusui dapat menyesuaikan dosisnya dengan anjuran dokter. Perhatikan penggunaan vitamin B9 bagi pasien yang memiliki jenis tumor yang bergantung pada folat. 

Disarankan untuk tidak mengonsumsi suplemen vitamin B9 jika mengalami kekurangan (defisiensi) laktosa, kesulitan menyerap glukosa-galaktosa, atau intolerasi terhadap galaktosa. Jangan menggunakan suplemen vitamin B9 bersamaan dengan produk obat herbal tanpa saran dari dokter. 

Apabila mengalami reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter. Reaksi alergi asam folat yang dapat terjadi, seperti urtikaria (gatal disertai bengkak) khususnya pada area wajah, lidah, atau tenggorokan, pusing kepala yang sangat berat, hingga syok anafilaksis. 

Overdosis Vitamin B9

Suplemen vitamin B9 apabila dikonsumsi melebihi dosis yang dianjurkan dapat menyebabkan overdosis dengan gejala pada sistem pergerakan anggota tubuh yang melambat, tidak umum atau tak terkendali, kaku dan lemas pada otot, mulut dan lidah yang terasa nyeri merasa kebingungan serta kesulitan konsentrasi.

Interaksi terhatadap obat lain

Vitamin B9 (asam folat juga) dapat berinterakasi apabila digunakan bersamaan dengan obat-obat, seperti antiepilepsi (phenytoin dan pirimidone), kontrasepsi oral (kombinasi hormone esterogen dan profestin), obat antituberkulosis (ethambutol, rifampisin, isoniazid), methotrexate, aminopterin, pyrimethamine, trimethoprim, dan sulfonamides Interaksi asam folat dengan fenitoin (obat antiepilepsi) juga akan menurunkan konsentrasi fenitoin dalam darah. Selain itu asam folat juga berinteraksi dengan teh hijau yaitu asam folat akan menurun kadarnya di dalam darah.


20 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Top 10 Facts About Folic Acid Your Women Patients Should Know. New York State Department of Health. (https://www.health.ny.gov/publications/1340/)
Folate — Health Professional Fact Sheet. Office of Dietary Supplements (ODS). (https://ods.od.nih.gov/factsheets/Folate-HealthProfessional/)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app