19 Manfaat Air Hangat Bagi Tubuh dan Kesehatan

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
19 Manfaat Air Hangat Bagi Tubuh dan Kesehatan

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Air hangat dapat memberikan manfaat bagi tubuh dalam 2 cara, yakni diminum secara langsung atau saat diguyurkan pada tubuh saat mandi.
  • Manfaat minum air hangat bisa membantu mempercepat metabolisme tubuh, sehingga bisa membuat berat badan Anda turun perlahan.
  • Sensasi hangat dari air dapat membantu mengeluarkan toksin atau racun lewat urin dan keringat dari tubuh. Bagus untuk proses detoksifikasi tubuh.
  • Jika digunakan untuk mandi, manfaat air hangat bisa membantu menenangkan otot-otot tubuh sekaligus melancarkan sirkulasi darah.
  • Manfaat mandi air hangat juga bisa membantu mencegah insomnia. Sensasi hangatnya akan membuat tubuh jadi rileks dan lebih cepat tidur.

Saat bangun tidur, kebanyakan orang akan memulai harinya dengan minum segelas air, teh, atau kopi. Namun air putih yang dikonsumsi itu biasanya disajikan dalam keadaan dingin, bukannya hangat. Meski rasa air hangat tidak begitu enak di lidah, namun perlu diketahui bahwa manfaat air hangat ternyata begitu besar bagi tubuh kita.

Manfaat minum air hangat

Air hangat dapat memberikan manfaat bagi tubuh dalam 2 cara, yakni diminum secara langsung atau saat diguyurkan pada tubuh saat mandi. Berikut ini berbagai manfaat minum air hangat bagi tubuh Anda bila dilakukan secara rutin, antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang berencana diet ketat tapi ingin dengan cara yang sehat, maka cobalah rutin minum air hangat. Tidak hanya menaikkan suhu tubuh, manfaat minum air hangat ternyata dapat mempercepat metabolisme tubuh.

Cairan ini juga bebas kalori, sehingga aman dikonsumsi tanpa menaikkan berat badan.

2. Mendetoksifikasi tubuh

Tak banyak orang tahu bahwa air hangat merupakan ramuan ajaib yang dapat mengeluarkan toksin atau racun melalui urin dan keringat dari tubuh. Anda boleh menambahkan perasan lemon atau madu untuk menambah cita rasanya. 

3. Memperlancar proses pencernaan

Minum air hangat selama makan dapat membantu mempercepat proses cerna. Selain itu, minum air hangat saat perut masih kosong juga bisa meningkatkan pergerakan lambung dan mencegah konstipasi.

Baca Juga: Bahaya Akibat Kurang Minum Air Putih

4. Mencegah penuaan dini

Selain mempermudah keluarnya toksin dari dalam tubuh, manfaat air hangat juga dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga menjauhkan gejala penuaan dini seperti kulit kering, berkerut, dan bernoda hitam.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

5. Meredakan gejala demam dan batuk

Air yang masuk dalam tubuh dapat membantu mengencerkan dahak sekaligus melegakan pernapasan. Rasa gatal dan nyeri pada tenggorokan juga bisa mereda hanya dengan minum air hangat yang banyak.

6. Menjauhkan penyakit

Mendidihkan air bisa membunuh kuman penyakit yang terdapat di dalamnya sehingga beragam penyakit pun bisa dihindari. Apalagi kalau diminum selagi hangat, maka akan mendapatkan manfaat air hangat lainnya bagi tubuh.

7. Menghidrasi usai berolahraga

Setelah berolahraga, tubuh tentu akan kehilangan banyak cairan sehingga perlu segera di'isi ulang'. Salah satu cara tercepatnya adalah dengan minum air hangat.

Tak hanya menghidrasi, air hangat juga bisa mengembalikan vitamin dan mineral yang hilang dari tubuh dengan cara mempertahankan keseimbangan elektrokemikal. Di samping itu, minum air hangat pasca latihan juga mampu mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh.

8. Meningkatkan kualitas tidur

Menyeruput air hangat selama makan malam atau sebelum tidur tak hanya dapat melancarkan pencernaan, namun juga membersihkan tubuh dari toksin. Hal ini membuat tubuh menjadi lebih rileks dan cepat terlelap.

Tak hanya itu, Anda takkan mudah lapar saat tengah malam tiba dan bakal merasa lebih segar keesokan harinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

9. Melancarkan sirkulasi darah

Saat segelas air hangat mengalir masuk dalam tubuh, timbunan lemak dan toksin akan terkikis dan dikeluarkan dari tubuh. Selain meningkatkan peredaran darah, risiko penyakit yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah akan berkurang.

10. Melindungi tubuh dari infeksi

Tak hanya sel kulit yang mendapat manfaat air hangat, namun juga bisa mendetoksifikasi permukaan kulit. Bila wajah berjerawat atau kulit kepala berketombe, minumlah sedikitnya 8 gelas air hangat setiap harinya agar pori-pori tak lagi tersumbat.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Manfaat mandi air hangat bagi tubuh

Manfaat air hangat tidak hanya bisa dirasakan jika diminum secara langsung, bahkan dengan memakainya saat mandi pun bisa memberikan khasiat bagi tubuh. Berikut ini beragam manfaat mandi air hangat yang tak boleh Anda lewatkan:

1. Meringankan rasa sakit

Suhu hangat dari air mampu menenangkan otot tubuh karena sirkulasi darah jadi meningkat. Selain diminum, Anda juga bisa menggunakan air panas yang disimpan dalam wadah tertentu sebagai kompres untuk meredakan kram atau otot kejang.

Bagi para wanita yang kerap menderita kram perut saat haid, maka jangan ragu meredakan rasa sakitnya melalui kompres air hangat. 

2. Membunuh kuman penyakit

Mandi dengan air hangat bisa membantu membunuh kuman penyakit yang menempel di tubuh. Selain itu, air hangat juga dapat membantu menjaga kebersihan organ intim, lho!

3. Mencegah insomnia

Anda yang kerap mengalami insomnia perlu membuktikan khasiat mandi dengan air hangat. Kebiasaan ini diam-diam bisa membantu merilekskan otot-otot tubuh yang tegang, memperbaiki mood, dan membuat Anda lebih cepat terlelap.

4. Meredakan stres

Berkenaan dengan manfaat air hangat sebelumnya, mandi air hangat tak hanya menenangkan otot kaku, namun juga menghilangkan stres sehingga membuat tidur lebih nyenyak.

5. Menurunkan kadar gula dalam darah

Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa manfaat mandi air hangat mampu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga ideal bagi para penderita diabetes. Anda dapat berendam dalam air panas selama 20-30 menit sebanyak 3 kali seminggu agar gula darah menurun hingga 13%.

6. Melancarkan peredaran darah

Merendam tubuh dalam air hangat sebenarnya merupakan salah satu jenis olahraga yang diperlukan pembuluh darah. Hal ini dikarenakan air mampu memberikan tekanan secara fisik pada tubuh.

7. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat mandi air hangat bisa menurunkan tekanan darah karena detak jantung jadi lebih cepat. Meski demikian, bagi Anda yang bermasalah dengan jantung, tak ada salahnya berkonsultasi lebih dulu ke dokter untuk masalah ini.

8. Meredakan sakit kepala

Kebanyakan sakit kepala disebabkan karena menyempitnya pembuluh darah di area tersebut. Oleh sebab itu, agar peredaran darah lebih lancar, maka cobalah mandi dengan air hangat.

Sensasi hangatnya mampu merilekskan otot-otot kepala yang tegang, sehingga aliran darah jadi lebih lancar. Alhasil, sakit kepala tak kan bertahan lama dan Anda pun akan merasa lebih baik.

9. Melembabkan kulit

Manfaat air hangat yang terakhir adalah mampu mengunci kelembaban kulit sehingga bertahan lebih lama. Namun, jangan terlalu lama mandi air hangat karena justru bisa membuat kulit Anda jadi kering.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Drinking hot water: Benefits and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319673.php)
10 Benefits of Drinking Hot Water: How Can It Help Your Health?. Healthline. (https://www.healthline.com/health/benefits-of-drinking-hot-water)
7 Health Benefits of Water. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-water-health)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app