Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

6 Manfaat dan Risiko Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

Update terakhir: NOV 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 747.950 orang

6 Manfaat dan Risiko Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

Mandi di pagi dan sore hari merupakan kebiasaan yang dilakukan setiap orang karena dengan mandi dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh yang baik dalam melawan virus penyakit. Tetapi ketika cuaca dingin atau sedang musim hujan, manakah yang Anda pilih? Mandi air dingin atau mandi air hangat?

Kemungkinan besar mandi air hangat menjadi pilihan yang dirasa tepat. Tetapi sebenarnya, mandi air dingin atau mandi air hangat sama-sama memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Maka dari itu, Anda dapat menentukan suhu air mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda. Baca juga: Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Sebagai saran, di pagi hari, Anda dapat mandi air dingin karena akan membantu Anda lebih bersemangat sebelum mulai beraktivitas. Sementara di malam hari, Anda dapat mandi air hangat karena air hangat dapat membuat tubuh Anda lebih rileks, membantu meredakan stress, dan mengatasi gangguan tidur.

Apa manfaat mandi air hangat bagi kesehatan? Berikut ini adalah 6 manfaat mandi air hangat bagi kesehatan

1. Mengatasi flu dan sakit kepala

Penyempitan pembuluh darah di kepala seringkali menjadi penyebab sakit kepala. Maka, salah satu manfaat mandi air hangat adalah untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah sehingga memperlancar aliran darah dan mengurangi sakit kepala.

Selain itu, ketika mandi air hangat, memungkinkan Anda menghirup uap air yang merupakan dekongestan alami sehingga dapat membantu melawan dahak dan sakit tenggorokan.

2. Menghilangkan stress

Manfaat mandi air hangat dapat membuat Anda merasa lebih tenang dan rileks serta membantu mengurangi stress dan cemas, karena air hangat dapat merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin untuk melawan hormon cortisol (hormon penyebab stress).

3. Mengatasi sulit tidur (insomnia)

Jika Anda mengalami masalah insomnia atau sulit tidur, mandi air hangat dapat menjadi salah satu solusinya. Karena air hangat dapat menimbulkan perasaan rileks yang akan membuat Anda merasa lebih cepat mengantuk dan tidur lebih pulas.

4. Menurunkan tekanan darah

Mandi air hangat dapat menurunkan tekanan darah karena sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar, sehingga dapat mencegah masalah jantung yang lebih serius seperti stroke atau serangan jantung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Tetapi bagi penderita gangguan jantung, disarankan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan suhu air yang tepat untuk digunakan karena mandi air hangat juga dapat meningkatkan denyut jantung.

5. Menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendi

Mandi air hangat dapat membantu menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendi, bahkan membantu meredakan kondisi osteoarthritis. Ketika mandi, Anda dapat melakukan pergerakan pada bagian tubuh yang terasa kaku, seperti leher, pundak, pinggang, atau bagian tubuh lain.

6. Melepaskan racun dalam tubuh

Mandi air hangat dapat meningkatkan sirkulasi sistem getah bening dalam tubuh yang menyebabkan racun dan bakteri keluar melalui keringat. Selain itu, mandi air hangat dapat membantu membersihkan kulit wajah dari sisa-sisa kotoran dengan cara membuka pori-pori wajah.

Selain manfaat di atas, mandi air hangat tidak disarankan dalam waktu yang lama karena dapat menimbulkan beberapa risiko, terutama jika Anda menggunakan air yang terlalu panas. Secara umum, batas aman mandi air hangat tidak boleh melebihi 10 menit.

Apa risiko mandi air hangat bagi kesehatan?

Menyebabkan kulit kering

Mandi air hangat dapat membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah apalagi jika mandi terlalu lama. Ini disebabkan karena air hangat dapat mengganggu fungsi dari kelenjar minyak pada kulit. Padahal kelenjar minyak tersebut berfungsi untuk melembabkan kulit.

Tekanan darah menurun

Bagi orang normal atau penderita tekanan darah tinggi, mungkin mandi air hangat baik dalam menurunkan tekanan darah. Tetapi ketika tekanan darah turun secara drastis, dapat menyebabkan jantung harus memompa darah lebih kuat. Bagi penderita tekanan darah rendah (hipotensi), mandi air hangat memungkinkan Anda mengalami pusing, kehilangan keseimbangan, bahkan hilang kesadaran (pingsan).

Selain itu, risiko lain dari mandi air hangat bagi kesehatan adalah suhu tubuh menjadi tidak seimbang akibat panas dalam tubuh tidak dapat keluar sehingga tubuh menjadi kelebihan panas, kebiasaan mandi setelah makan juga dapat menyebabkan mual dan muntah.

Apakah mandi air hangat aman untuk ibu hamil?

Bagi ibu hamil, sebenarnya tidak ada pantangan untuk mandi air hangat. Tetapi tidak disarankan untuk mandi air hangat dalam suhu yang terlalu tinggi dan dalam waktu yang terlalu lama terutama pada masa awal kehamilan karena dapat menyebabkan keguguran ataupun cacat lahir pada bayi. 

Referensi

Burd, I. US National Library of Medicine, MedlinePlus (2016). Episiotomy – Aftercare.

Cleveland Clinic (2014). Hot Tubs can Land Your Heart in Hot Water.

Healthline (2012). Labor & Delivery: Episiotomy.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit