Perawatan Wajah

Bolehkah Facial Saat Wajah Berjerawat

Dipublish tanggal: Agu 13, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Memiliki wajah yang bersih menjadi dambaan setiap orang, terlebih kaum wanita. Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan kondisi wajah yang diinginkan, salah satunya adalah dengan melakukan facial. 

Meskipun menjadi perawatan yang banyak disukai, melakukan facial ketika wajah sedang berjerawat masih menimbulkan pro dan kontra. Ada yang berpendapat bahwa facial saat wajah berjerawat tidak masalah, ada juga yang tidak setuju dengan hal tersebut. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Nah untuk mengatasi kebingungan Anda, simak ulasan berikut ini dari sisi medis mengenai boleh tidaknya facial saat wajah berjerawat. 

Apa itu facial ?

Facial yang sering Anda temukan disalon-salon kecantikan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk merawat wajah secara keseluruhan. 

Tindakan ini terdiri dari beberapa langkah, seperti penijatan, pembersihan wajah menggunakan scrub, chemical peeling, mikrodermabrasi, ekstraksi komedo, dan pemberian masker wajah sebagai sentuhan akhir yang juga disesuaikan dengan kulit Anda. 

Pada umumnya, langkah-langkah dalam melakukan facial sangat bervaiasi, tergantung pada setiap klinik kecantikan yang Anda kunjungi. Bahan ynag digunakan pun akan disesuaikan dengan jenis kulit yang Anda miliki. 

Seperti bagi pemilik wajah berjerawat, dengan menggunakan asam salisilat, prosedur facial dapat dikombinasikan dengan chemical peeling. 

Apakah boleh facial wajah berjerawat atau tidak? 

Melakukan prosedur facial wajah sedang berjerawat atau disebut dengan acne pone skin memberikan manfaat bagi kulit Anda. Saat facial, proses mengeluarkan komedo dapat menurunkan risiko munculnya jerawat di wajah Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Bakteri P. Acnes penyebab jerawat juga dapat dikurangi dengan masker khusus yang Anda gunakan diakhir prosedur. 

Meskipun membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat, informasi yang akurat mengenai boleh tidaknya melakukan facial saat kulit berjerawat masih menjadi pro dan kontra. Lalu apakah facial tetap bisa dilakukan? 

Dari sisi medis, ketika wajah sedang berjerawat, Anda masih bisa menjalani prosedur facial asalkan tidak melakukan ekstraksi pada jerawat yang sedang meradang. Proses ekstraksi perlu dihindari karena akan menimbulkan infeksi dan bopeng pada kuli wajah Anda. 

Oleh sebab itu, Anda tetap bisa melakukan prosedur ini, namun harus memperhatikan kondisi wajah berjerawat Anda. Apabila jerawat hanya sedikit, Anda dapat mengambil facial untuk wajah dengan sedikit jerawat. Selain itu, jangan lakukan proses ekstraksi ketika jerawat sedang meradang. 

Jerawat yang sedang meradang memiliki ciri meliputi kulit wajah dan jerawat yang berwarna kemerahan, hingga mengandung nanah. Facial tidak diperbolehkan apabilan Anda memiliki kondisi wajah seperti ini, tunggu sampai jerawat membaik. 

Berapa kali facial boleh dilakukan untuk kulit berjerawat? 

Tidak ada batasan waktu untuk melakukan tindakan ini. Dalam sebulan, Anda bisa melakukan facial lebih dari satu kali. Namun, jangan terlalu sering menjalani prosedur ini karena akan melukai dan membuat pori-pori wajah semakin membesar. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kulit membutuhkan waktu selama 14 sampai 28 hari untuk melakukan proses regenarasi, sehingga ketika Anda ingin melakukan facial, lakukanlah sekali dalam 4 minggu. 

Selain itu, hal penting yang juga harus Anda perhatikan sebelum melakukan facial adalah kulit wajah bebas dari infeksi kulit. Lakukanlah prosedur ini di klinik yang terpercaya dengan menggunakan peralatan yang steril dan tidak akan menyebabkan masalah pada kulit wajah Anda. 

Bisakah facial wajah berjerawat membersihkan kulit? 

Terdapat dua jawaban berbeda untuk pertanyaan ini. Ya dan tidak. Jawaban ini muncul karena pada dasarnya, facial merupakn tindakan yang membantu Anda membersihkan wajah lebih dalam seperti dengan ekstraksi komedo dan mengangkat kulit mati yang menumpuk. 

Sementara itu, jerawat yang muncul dikulit wajah Anda disebabkan oleh banyak faktor, tidak hanya komedo dan sel kulit mati saja. 

Oleh karena itu, facial tidak menjadi patokan utama yang dapat membantu Anda dalam membersihkan kulit berjerawat. Facial juga tidak hanya dilakukan satu kali, perlu diulang berkali-kali. 

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk membersihkan jerawat dan mempertahankan kesehatan kulit berjerawat Anda. Disisi lain, Anda bisa menggunakan produk perawatan yang terdapat dipasaran apabila jerawat semakin bertambah parah. 

Gunakanlah sabun dan krim wajah yang mengandung benzoil peroksida atau sulfur. Juga, hentikan kebiasaan memencet jerawat agar kulit Anda terhindar dari bopeng. 


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Acne: Causes, Risk Factors, and Treatment. Healthline. (https://www.healthline.com/health/skin/acne)
Acne - Symptoms and causes. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/acne/DS00169/DSECTION=causes)
What to Know Before You Pop a Pimple. WebMD. (https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/features/pop-a-zit)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit