HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Minum Air Hangat Setiap Pagi, Ini Manfaat Sehatnya

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Minum Air Hangat Setiap Pagi, Ini Manfaat Sehatnya

Minum air hangat setiap pagi, mungkin jarang Anda lakukan. Kebanyakan dari Anda membuka hari dengan meminum teh atau kopi hangat untuk membangun energi dalam tubuh segera setelah bangun tidur. Namun, saat Anda meminum air pertama kali di pagi hari, kebanyakan dari Anda cenderung memilih air dingin. Hal ini bertentangan dengan metode pengobatan Ayurvedic yang mempercayai bahwa meminum air dingin adalah cara meminum air yang kurang tepat, terutama di pagi hari.

Minum air hangat di pagi hari, dapat membantu menyembuhkan tubuh, menyediakan suntikan kekuatan pada pencernaan dan membantu mengurangi sisa-sisa metabolik yang dapat bertumpuk di sistem imun tubuh. Air hangat dipadukan dengan lemon yang kaya akan polyphenol dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Air hangat  juga akan membuat usus mengencang, membantu mengeliminasi racun dari dalam tubuh lewat feses

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Manfaat minum air hangat setiap pagi


Bagi Anda yang sulit membangun kebiasaan untuk meminum air hangat terutama di pagi hari, berikut ini beberapa manfaat yang dapat membantu Anda memulai kebiasaan menyehatkan ini.

1. Pencernaan menjadi lebih bersih

Meminum air hangat di pagi hari dapat membantu membersihkan tubuh Anda dengan mengeluarkan racun-racun. Cairan yang diminum dalam kondisi hangat dapat membantu mencerna makanan yang masih ada di dalam perut dan menjaga kelancaran sistem pencernaan.

Air hangat dapat membantu pencernaan makanan ini secara lebih cepat sehingga makanan lebih mudah dicerna. Meminum air dingin selama dan sesudah makan dapat mengeraskan minyak yang terkandung di dalam makanan dan membuat simpanan lemak dalam usus bertambah. Menambahkan es batu pada air yang sudah diproses malah dapat menghilangkan mineral alami dalam air dan berfungsi menjaga saluran pencernaan tetap sehat.

2 .Membantu mengatasi sembelit

Sembelit pasti pernah dialami oleh siapa saja, sehingga ketika tiba saatnya untuk mengeluarkan feses terjadi kesulitan dan perut yang terasa kembung. Sembelit terjadi akibat kurangnya konsumsi dan asupan air di dalam tubuh.

Dengan meminum air hangat di pagi hari ketika perut dalam keadaan masih kosong, dapat membantu pergerakan usus sehingga sembelit teratasi karena makanan dicerna dengan baik dan dapat melewati usus dengan lancar. Stimulasi yang terjadi pada pencernaan juga dapat membantu tubuh kembali berfungsi dengan normal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

3. Meredakan rasa sakit

Air hangat dapat membantu meredakan rasa sakit akibat haid hingga sakit kepala. Panas dari air hangat memiliki manfaat yang menenangkan dan merilekskan otot-otot perut, membantu meredakan kram dan kejang otot. Cairan yang panas dapat membantu menambah aliran darah ke kulit dan membantu merilekskan otot-otot yang kram.

4. Membantu membuang kelebihan lemak

Bagi yang sedang berdiet, meminum air hangat ketika bangun pagi juga dapat membantu proses penurunan berat badan Anda. Air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh dan menambah laju metabolisme dalam tubuh.

Laju metabolisme yang bertambah memungkinkan tubuh untuk membakar lebih banyak kalori dan menyehatkan saluran pencernaan dan ginjal agar memiliki fungsi yang lebih baik. Tambahkan perasa lemon dalam air hangat. Khasiat lemon akan dapat membantu menguraikan jaringan adipose atau lemak dalam tubuh, serta membantu mengontrol nafsu makan lewat serat pectin dalam lemon.

5. Memperbaiki sirkulasi darah

Lemak yang tersimpan di dalam tubuh mulai tereliminasi bersama dengan lemak yang tersimpan di dalam sistem saraf saat Anda mengonsumsi segelas air hangat. Cara ini menyaring dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh yang ikut tersirkulasi dalam darah dan kemudian memperbaiki sirkulasi darah agar kembali normal. Adanya otot yang juga menjadi lebih rileks setelahnya juga akan membantu.

6. Membantu menghentikan penuaan dini 

Penuaan dini ditandai dengan munculnya keriput saat sebenarnya keriput dapat Anda tunda kemunculannya. Dengan meminum air hangat secara teratur, racun-racun yang ada di dalam tubuh dan dapat mempercepat penuaan dini dapat dikeluarkan secara teratur sehingga perbaikan sel kulit dapat terus terjadi dan kulit tetap elastis dalam waktu yang lama. 

Minumlah air yang hangat, bukan air yang panas karena air yang terlalu panas malah dapat merusak jaringan mulut dan kerongkongan. Setelah merebus air, biarkan air mendingin beberapa menit sebelum Anda mulai meminumnya.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Drinking hot water: Benefits and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319673.php)
10 Benefits of Drinking Hot Water: How Can It Help Your Health?. Healthline. (https://www.healthline.com/health/benefits-of-drinking-hot-water)
7 Health Benefits of Water. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-water-health)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app