Makanan Penghilang Stress

Di bawah terdapat jenis makanan apa saja yang sehat dan bermanfaat untuk mengubah stres anda serta mencegah perubahan suasana hati di dalam diri.
Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Makanan Penghilang Stress

Makanan menjadi kebutuhan hidup bagi semua orang. Setiap orang memiliki jenis makanan yang digemari. Mulai dari makanan manis, asam, pedas, dan pahit seperti kopi. 

Konsumsi makanan dapat membantu kinerja sehari-hari serta membantu membangun mood dalam hidup kita. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Makanan menjadi tujuan utama bagi banyak orang terutama yang sedang frustasi menghadapi pekerjaan, sekolah, dan dapat membangun mood yang baru dalam menjalankan kehidupan. 

Dalam hal stres, aktivitas seperti berolahraga, tidur yang cukup, dan bermeditasi, tetapi kita juga bisa mengubah pola makan untuk membantu kita rileks. 

Makanan tertentu mengandung vitamin dan nutrisi yang dapat membuat kita tenang, dan mengonsumsi makanan ini dapat membantu mengurangi stres. 

Tidak hanya konsumsi makanan instant atau junkfood, namun penting untuk memilih makanan yang sehat dan memiliki sifat yang juga dapat meningkatkan mood Anda. 

Mengapa kita harus memilih makanan sehat?

Ada hubungan kuat antara makanan dan suasana hati. Ketika kita stres, kita memiliki tingkat hormon kortisol yang lebih tinggi, yang membuat kita lebih mungkin meraih makanan yang tinggi lemak, garam, dan kalori.

Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan glukosa darah dan menguras nutrisi yang kita butuhkan untuk melawan stres kita. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Makanan tinggi garam, gula, dan lemak biasanya tidak juga penuh dengan lemak, serat, atau protein tanpa lemak yang menyehatkan jantung yang membantu menstabilkan kadar glukosa dan rasa lapar dalam darah. 

Memilih makanan yang tepat 

Makanan yang kita makan memiliki efek dramatis pada perasaan kita. Misalnya, ketika Anda minum secangkir kopi maka segera merasakan dorongan energi. 

Makanan untuk relaksasi bekerja dengan cara yang sama ketika Anda merasa cemas, maka makanan ini dapat membantu mengendurkan sistem saraf Anda dan menenangkan saraf Anda.

Seperti makanan manis yang mengandung gula. 

Perjalanan metabolisme gula ini memengaruhi konsentrasi dan menciptakan perubahan suasana hati, mendatangkan peningkatan pada kadar gula darah dan merusak kinerja kerja metabolisme dalam tubuh dan aktivitas Anda. 

Makanan apa saja yang cocok untuk melepas stress?

Di bawah terdapat jenis makanan apa saja yang sehat dan bermanfaat untuk mengubah stres anda serta mencegah perubahan suasana hati di dalam diri. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Beberapa makanan tersebut diantaranya:

1. Madu 

Madu mengandung tryptophan tingkat tinggi, yang merupakan senyawa yang mengurangi kecemasan dan melemaskan saraf Anda sehingga dapat mengatasi stres dan pikiran. 

2. Dark chocolate 

Cokelat tidak hanya lezat, tetapi sebenarnya memiliki sifat mengurangi stres. Mengonsumsi 150 kalori cokelat per hari dapat menurunkan kadar kortisol. Cokelat dengan kadar 70% lebih baik daripada cokelat susu. 

3. Yogurt 

Otak Anda mengirimkan sinyal ke usus Anda, itulah sebabnya ketika Anda stres, Anda dapat merasakan gangguan pada perut. Yogurt mengandung probiotik sehat yang membantu menjaga bakteri sehat di perut Anda.

4. Teh hijau 

Teh hijau kaya akan L-theanine, yang merupakan bahan kimia yang telah terbukti mengurangi stres dan mendorong rasa tenang. 

Minum secangkir teh hijau tanpa kafein sebelum tidur adalah cara terbaik untuk melakukan relaksasi setelah aktivitas berat sepanjang hari. 

5. Gandum 

Konsumsi karbohidrat ketika kami stres karena mereka meningkatkan kadar serotonin di otak, tetapi penting untuk memilih karbohidrat kompleks yang tinggi serat untuk menjaga kadar gula darah stabil, Oatmeal juga merupakan makanan yang dipilih. 

6. Pisang 

Buah ini kaya akan potasium dan magnesium, yang dikenal sebagai pelemas otot alami. 

Karena otot-otot yang rileks mendorong tubuh untuk rileks, sumber-sumber kalium dan magnesium adalah pilihan yang tepat untuk meredakan stres yang meningkat secara fisik. 

Pisang juga mengandung triptofan, yang mempromosikan pelepasan serotonin di otak

7. Telur

Sama seperti susu, telur adalah sumber asam amino yang dikemas dengan triptofan yang merupakan bahan kimia otak yang menenangkan. Makanan dengan bahan telur sangat cocok dikonsumsi saat sarapan. 

8. Salmon 

Salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang telah terbukti berperan dalam mengurangi kecemasan dan gejala depresi,

9. Buah alpukat 

Alpukat mengandung vitamin B yang tinggi termasuk vitamin B5 (asam pantotenat) dan B6, yang keduanya mengurangi stres dengan membantu menjaga sistem saraf yang sehat. 

Asam Pantotenat juga membantu produksi energi dan metabolisme lemak. 

10. Kacang Almond

Kacang almond adalah salah satu makanan utama untuk relaksasi karena mereka tinggi magnesium. 

Magnesium membantu saraf dan otot Anda rileks yang mengurangi ketegangan terkait stres dan meningkatkan relaksasi secara keseluruhan.

 Almond juga melemaskan pembuluh darah dan arteri Anda yang meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 Best Foods to Fight Off Stresscancel. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition-pictures/how-to-reduce-stress-with-diet.aspx)
Best Foods for Stress. Health.com:. (https://www.health.com/food/12-superfoods-for-stress-relief)
8 Foods That Help Fight Stress. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/foods-that-help-fight-stress-4111678)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app