Lithium Orotate: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 2 menit

Lithium Orotate merupakan sejenis suplemen elemen Lithium didalamnya. Sejatinya Lithium mendapatkan namanya dari kata “lithos” yang dalam bahasa yunani berarti batu. Lithium mendapatkan namanya karena elemen ini dapat ditemukan di hampir keseluruhan jenis bebatuan.

Suplemen ini biasa digunakan untuk menangani pasien yang mengalami gangguan mental, seperti bipolar, depresi, dan schizophrenia. Tidak hanya untuk permasalahan mental, Lithium juga dapat menangani gangguan pola makan seperti, anorexia dan bulimia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Lithium terdafatar dalam kelas medikasi yang dinamani agen antimaniac, yang bekerja dengan mengurangi aktifitas tidak normal yang berlangsung didalam otak.

Anda dapat menemukan Lithium secara natural didalam beberapa jenis makanan seperti :

  1. Produk susu
  2. Telur
  3. Daging
  4. Udang
  5. Lobster
  6. Tiram
  7. Scallop
  8. Legumes
  9. Rumput Laut
  10. Jagung biru
  11. Mustard
  12. Gandum
  13. Nasi

Manfaat penggunaan Lithium Orotate

Mengkonsumi Lithium Orotate sebagai suplemen pengobatan alternatif tentunya akan memiliki manfaat bagi tubuh Anda. Lithium bekerja dengan meningkatkan aktifitas pemberian pesan pada otak.

Selain hall tersebut, suplemen ini juga dipercaya dapat bekerja dalam menangani :

  1. Bipolar disorder
  2. Depresi akut
  3. Schizophrenia, Lithium biasanya digunakan bersama agen antipsychotic dalam menangani keluhan ini
  4. ADHD
  5. Ketergantungan alkohol
  6. Gangguan pada sel darah

Dosis penggunaan Lithium Orotate

Dalam menentukan dosis yang paling tepat bagi penggunaan Lithium Orotate, diperlukan pertimbangan dari beberapa faktor seperti umur, kesehatan, dan kondisi lain yang dimiliki oleh tubuh Anda.

Bagi Anda yang mengalami Acute Manic Episodes, Anda dapat menggunakan Lithium Carbonate sebanyak 1.8g atau 20-30 mg per hari di 2-3 dosis yang dibedakan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sedangkan untuk menangani Bipolar disorder, dosis yang biasa digunakan oleh usia dewasa ialah 900 mg sampai dengan 1.2 g per harinya.

Perlu diingat bahwa penggunaan suplemen belum tentu aman. Oleh karena itu mintalah saran dari dokter maupun perawat disekitar Anda sebagai panduan profesional dalam mengkonsumsi herbal ini.

Hindari penggunaan Lithium kepada ibu hamil dan juga ibu yang sedang dalam tahap menyusui buah hatinya. Karena kandungan dari suplemen ini dapat meracuni janin dan meningkatkan resiko penyakit jantung.

Efek samping penggunaan Lithium Orotate

Lithium Orotate jika digunakan secara tepat dan melalui pengawasan medis yang benar tentu saja akan memberi efek baik bagi tubuh Anda. Meskipun begitu, tetap ada efek samping yang dapat terjadi akibat satu alasan atau lain.

Beberapa efek samping yang biasa timbul akibat pengkonsumsian suplemen ini berupa :

  1. Mual
  2. Diare
  3. Pusing
  4. Pelemahan otot
  5. Kecapaian
  6. Berkunang-kunang
  7. Tremor
  8. Sering kencing
  9. Rasa haus
  10. Penambahan berat badan
  11. Kelebihan cairan
  12. Jerawat
  13. Psoriasis

Perhatian dan peringatan

Perlu Anda ingat kembali bahwa penggunaan suplemen ini tanpa pengawasan profesional dapat membawa efek buruk terhadap kondisi tubuh Anda. Oleh karena itu, carilah ahli maupun profesionnal sebagai pembimbing dalam pengkonsumsian herbal ini.

Gunakan produk-produk yang mengandung Lithium Orotate secara bijak, dan pertimbangkanlah efek samping yang dapat terjadi.

Jangan pernah mencampur penggunaan Lithium dengan ACE inhibitors, anticonvulsants, antidepressant, calcium channel blockers, loop diuretics, dextromethrophan, meperidine, methylzanthines, monoamine oxidase inhibitors, nonsteroidal anti-inflammatory drugs, pentazocine, phenothiazines, thiazide diuretics, skeletal muscle relaxants, atau tramadol.

Serta setelah penggunaan dari herbal Lithium Orotate, jika terjadi perburukan kondisi dari penyakit yang Anda alami. Segera konsultasikan kembali dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Benefits of Lithium Orotate Supplements. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/the-benefits-of-lithium-orotate-89475)
Lithium Orotate Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/lithium-orotate.html)
Lithium orotate in the treatment of alcoholism and related conditions. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/3718672)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app