Larch: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 19, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Pohon-pohon Larch diperkenalkan di Inggris pada tahun 1639 dan telah dibudidayakan di sana sejak awal abad ke-19. Pohon tersebut ditanam terutama untuk kayunya, tetapi kulit bagian dalam dan getahnya juga dapat digunakan. 

Pohon larch sangat terkenal karena kemampuan tumbuhan tersebut untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Larch merupakan zat kimia seperti pati yang ditemukan di banyak tanaman. Larch dapat digunakan untuk pengobatan. Sebagian besar larch yang akan Anda temukan di toko diproduksi dari pohon larch barat atau pohon larch timur. Namun, larch juga dapat diproduksi oleh spesies pohon larch lainnya.

Mengenai Larch

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Serbuk herbal

Komposisi

  • Larix (arabinogalactan)
  • (Larix occidentalis ekstrak)

Manfaat Larch

Larch telah dilaporkan dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan respons antibodi terhadap vaksin. Hal ini mungkin berguna dalam mengobati infeksi saluran pernapasan atas dan dislipidemia.

Larch umumnya digunakan untuk menangani berbagai macam infeksi, termasuk flu , flu H1N1 ( flu babi), infeksi telinga pada anak-anak, dan HIV / AIDS. Larch juga dapat digunakan untuk mengobati kanker hati, serta kondisi otak yang disebabkan oleh kerusakan hati (ensefalopati hepatik). 

Beberapa orang menggunakan larch sebagai suplemen serat makanan, menurunkan kolesterol, dan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam makanan, larch arabinogalactan digunakan sebagai penstabil, pengikat, dan pemanis makanan.

Iklan dari HonestDocs
Beli DEXTAMINE Kaplet via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Dextamine tab 1

Namun masih diperlukan lebih banyak bukti untuk menilai efektivitas larch arabinogalactan untuk penggunaan tersebut.

Efek samping Larch

Larch mungkin aman bila diminum dalam jumlah yang sesuai untuk kurang dari 6 bulan. Kebanyakan orang umumnya tidak mengalami reaksi negatif dengan penggunaan larch. 

Namun, karena larch adalah sumber serat makanan, efek samping seperti perut kembung, dan efek samping saluran pencernaan ringan lainnya mungkin dapat terjadi.

Masih tidak cukup informasi yang diketahui tentang keamanan jangka panjang penggunaan larch arabinogalactan.

Kontraindikasi

Larch tidak boleh digunakan pada orang dengan gangguan autoimun seperti systemic lupus erythematosus, penyakit Crohn, atau rheumatoid arthritis karena efek stimulasi pada sistem kekebalan tubuh. 

Larch juga tidak direkomendasikan pada orang dengan TBC karena larch adalah komponen struktural dari dinding sel mycobacterium.

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Informasi penting mengenai suplemen Larch

  • Kehamilan dan menyusui: Tidak ada informasi yang cukup tentang keamanan penggunaan larch pada ibu hamil atau menyusui. Konsultasikan kembali ke dokter sebelum menggunakan suplemen larch pada kondisi tersebut.
  • Penyakit autoimun seperti multiple sclerosis (MS), lupus (systemic lupus erythematosus, SLE), rheumatoid arthritis (RA), atau kondisi lain: Larch dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih aktif, dan hal tersebut dapat meningkatkan gejala penyakit autoimun. 

Jika Anda memiliki salah satu dari kondisi autoimun tersebut, sebaiknya hindari mengkonsumsi larch.

  • Penerima transplantasi organ: Larch dapat meningkatkan risiko penolakan transplantasi organ. Jika Anda telah menerima transplantasi organ, jangan gunakan suplemen larch.

Dosis Larch

Dosis larch yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia, faktor kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan produk laminaria.

Dosis khusus orang dewasa adalah 1 hingga 3 sendok makan / hari bubuk larch dalam dosis terbagi. Pada anak-anak, dosis tipikal adalah 1 hingga 3 sendok teh / hari bubuk larch dalam dosis terbagi. Bubuk bisa dicampur dengan air atau jus, atau ditambahkan ke makanan.

Interaksi Larch dengan obat Lain

  • Obat-obatan yang menurunkan sistem kekebalan (Immunosupresan). Larch tampaknya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatkan sistem kekebalan larch dapat menurunkan efektivitas obat-obatan yang menurunkan sistem kekebalan tubuh. 

Beberapa obat yang dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh atau obat imunosupresan termasuk azathioprine (Imuran), basiliximab (Simulect), cyclosporine (Neoral, Sandimmune ), daclizumab (Zenapax), muromonab-CD3 (OKT3, Orthoclone OKT3), mikofenolat (CellCept), tacrolimus (FK506, Prograf), sirolimus (Rapamune), prednison (Deltasone, Orasone), kortikosteroid (glukosteroid) (kortikosteroid).


6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Kim, L. S., Burkholder, P. M., & Waters, R. F. (2002). Effects of Low-Dose Larch Arabinogalactan From Larix Occidentalis: A Randomized, Double-Blind, Placebo-Controlled Pilot Study. Complementary Health Practice Review, 7(3), 221–229. https://doi.org/10.1177/153321010200700305. SAGE Journals. (https://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/153321010200700305)
Larch Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/larch.html)
Does larch arabinogalactan enhance immune function? A review of mechanistic and clinical trials. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4828828/)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app