Laminaria: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 19, 2019 Update terakhir: Mei 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Laminaria merupakan jenis rumput laut. Laminaria digunakan sebagai makanan di banyak negara Asia. Laminaria mengandung yodium, unsur yang dibutuhkan tubuh untuk membuat hormon tiroid. Laminaria juga merupakan sumber kaya zat besi dan kalium. Saat ini beberapa orang menggunakan laminaria sebagai obat.

Golongan

Obat Herbal

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Kemasan

Batangan (stick), kapsul

Kandungan

Kandungan yang terdapat di dalam Laminaria adalah fucoidan, iodine organic, alginate, laminarin dan mineral.

Manfaat Laminaria

Laminaria yang diminum berfungsi untuk menurunkan berat badan, tekanan darah tinggi, sebagai obat pencahar untuk sembelit, dan untuk mengobati penyakit radiasi. Laminari juga dapat digunakan untuk mencegah kanker.

Terkadang dokter menggunakan laminaria untuk memperluas serviks, mulut rahim, sebelum prosedur medis tertentu. Dokter menempatkan batang atau lapisan laminaria langsung di dalam leher rahim. 

Batang laminaria digunakan dengan tujuan untuk memperbesar serviks sebelum pelebaran dan kuretase (pengikisan uterus), pengangkatan alat medis yang ada di dalam rahim, prosedur diagnostik, penempatan radium untuk perawatan kanker dan prosedur ginekologi lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Batang Laminaria juga digunakan pada wanita hamil untuk mematangkan atau memperluas serviks untuk membuat persalinan dan proses melahirkan lebih mudah, dan juga dapat menyebabkan aborsi. Namun penggunaan laminaria pada ibu hamil dapat meningkatkan kemungkinan infeksi pada ibu dan bayi. 

Oleh karena itu konsultasikan kembali ke dokter mengenai manfaat dan efek samping penggunaan laminaria pada kondisi tersebut.

Efek samping Laminaria

Laminaria mungkin tidak aman bila diminum sebagai obat. Hal ini disebabkan karena laminaria mengandung yodium dalam jumlah yang cukup tinggi untuk merusak tiroid, kelenjar yang menggunakan yodium untuk membuat hormon. 

Suplemen rata-rata yang berbasis laminaria mungkin mengandung sebanyak 1000 mcg yodium. Mengkonsumsi lebih dari 150 mcg yodium per hari dapat menyebabkan hormon tiroid normal menjadi terlalu aktif atau kurang aktif, atau membuat hormon tiroid yang terlalu aktif menjadi lebih buruk. 

Beberapa produk laminaria juga mengandung arsenik dalam jumlah besar, suatu unsur kimia yang beracun. Pada beberapa orang laminaria juga dapat menyebabkan jerawat atau memperburuk penyakit tiroid.

Informasi penting mengenai Laminaria

  • Kehamilan: Penggunaan laminaria langsung pada leher rahim selama kehamilan atau persalinan mungkin tidak aman bila digunakan untuk mematangkan serviks dan sangat tidak aman bila digunakan untuk menginduksi persalinan. 

Hal ini dapat menyebabkan efek samping yang serius bagi ibu dan anak, termasuk infeksi, pecahnya leher rahim, dan kematian bayi. Mengkonsumsi laminaria secara oral selama kehamilan juga tidak aman karena laminaria dapat mempengaruhi hormon.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku
  • Menyusui: Mengkonsumsi laminaria secara oral selama menyusui sangat tidak aman karena laminaria mungkin mengandung beberapa bahan kimia beracun. Jika Anda hamil atau menyusui, hal yang terbaik adalah menghindari penggunaan laminaria.
  • Gangguan ginjal: Laminaria dapat menyebabkan peningkatan kalium dan yodium yang sangat berbahaya. Jangan mengkonsumsi laminaria jika Anda memiliki masalah ginjal.
  • Gangguan tiroid: Laminaria mengandung sejumlah besar yodium, yang dapat memperburuk gangguan tiroid. Jangan mengkonsumsi laminaria jika Anda memiliki gangguan tiroid.

Dosis Laminaria

Dosis laminaria yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia, faktor kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang sesuai untuk laminaria. 

Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan produk laminaria.

Interaksi Laminaria dengan obat Lain

Berhati-hatilah menggunakan laminaria dengan kombinasi obat-obatan berikut ini:

  • Digoxin (Lanoxin). Laminaria mengandung banyak kalium. Sejumlah besar kalium dapat meningkatkan efek dan efek samping dari digoxin (Lanoxin). Oleh karena itu hindari penggunaan laminaria jika Anda menggunakan digoxin (Lanoxin).
  • Obat untuk tekanan darah tinggi (ACE inhibitor). Laminaria mengandung kalium dalam jumlah besar. Beberapa obat tekanan darah tinggi dapat meningkatkan kadar kalium dalam darah. 

Mengkonsumsi laminaria bersama dengan beberapa obat untuk tekanan darah tinggi dapat menyebabkan terlalu banyak kalium dalam darah. Beberapa obat untuk tekanan darah tinggi termasuk captopril (Capoten), enalapril (Vasotec), lisinopril (Prinivil, Zestril) , ramipril (Altace), dan lainnya.

  • Suplemen kalium. Laminaria mengandung kalium dalam jumlah besar. Mengkonsumsi suplemen kalium bersama dengan laminaria mungkin dapat menyebabkan terlalu banyak kalium yang berada di dalam tubuh.
  • Pil Hormon tiroid. Tubuh secara alami menghasilkan hormon tiroid. Laminaria dapat meningkatkan jumlah hormon tiroid yang diproduksi oleh tubuh. Mengkonsumsi laminaria bersama dengan pil hormon tiroid dapat meningkatkan efek dan efek samping dari hormon tiroid.
  • Diuretik hemat kalium. Laminaria mengandung kalium dalam jumlah besar. Beberapa obat diuretik juga dapat meningkatkan kadar kalium dalam tubuh. Mengkonsumsi beberapa obat diuretik bersamaan dengan laminaria mungkin dapat menyebabkan terlalu banyak kalium yang berada di dalam tubuh. 

Beberapa obat diuretik yang dapat meningkatkan kalium dalam tubuh termasuk amiloride (Midamor), spironolactone (Aldactone), triamterene (Dyrenium), dan lainnya.


6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Laminaria Uses, Benefits & Dosage. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/laminaria.html)
Laminaria: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/laminaria/supplements.htm)
Laminaria: Benefits, Uses, In Pregnancy, Risks, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/laminaria)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app