Fucoidan : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Feb 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 916.334 orang

Definisi Fucoidan 

Fucoidan (sulfated alpha-L-fucan) adalah salah satu tipe polisakarida, disebut polisakarida-tersulfatkan kompleks, ditemukan pada rumput laut seperti alga cokelat, echinoderma dan rumput-rumput laut lain, dan telah diteliti efeknya sebagai anti kanker. Fucoidan sering ditemukan pada dinding sel rumput laut cokelat seperti kombu, limu moui, wakame, hijiki, dan bladderwrack. 

Fucoidan bermanfaat bagi penderita osteoarthritis dan pasien kanker yang menjalani pengobatan dengan kemoterapi. Fucoidan juga memiliki sifat pengencer darah dan memberi pengaruh pada sistem imun. Beberapa produk menggunakan fucoidan untuk suplemen penurun berat badan, agen antivirus, dan antioksidan.

Cara kerja obat

Fucoidan memicu kematian sel dengan melepaskan tiga enzim metalloproteinase: MMP-1, MMP-3 dan MMP-9. Fucoidan mengurangi aktivitas pengikatan NF-kappaB, pergerakan nuklir p65 dari protein dari cairan seluler ke nukleus, dan degradasi IκB-α, yang mencegah terjadinya peradangan. 

Fucoidan menstimulasi sel pembunuh alami (natural killer cell (NK cell)) dan penurunan faktor transkripsi AP-I, yang berperan dalam pertumbuhan dan pembelahan sel. Fucoidan juga membunih virus leukimia T-cell tipe I (HTLV-1) dengan menonaktifkan NF-kB, regulator dari protein antipoptotik. Fucoidan mengaktifkan caspases 8 dan 9, enzim yang berperan dalam mengatur kematian sel.

Indikasi penggunaan

Seperti rumput laut, fucoidan kadang disarankan untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Fucoidan juga dapat digunakan untuk membantu mengobati alergi, infeksi bakteri dan jamur, dan peradangan, dan membantu untuk menstimulasi sistem imun. Bladderwack – salah satu tipe rumput laut yang menghasilkan fucoidan – dapat membantu menangani luka dan mencegah infeksi. Kelp, bentuk lain rumput laut cokelat mengandung fucoidan, kadang disarankan untuk mengobati infeksi virus seperti herpes, pilek yang umum dan influenza. 

Beritahukan ke dokter sebelum menggunakan fucoidan atau tipe rumput laut cokelat lainnya untuk penggunaan medis.

Peringatan

Meskipun tidak ada reaksi yang berbahaya yang sudah dilaporkan akibat penggunaan fucoidan, fucoidan dapat menyebabkan risiko peningkatan pendarahan apabila Anda juga menggunakan obat pengencer darah lainnya. Jika Anda mengonsumsi salah satu tipe rumput laut cokelat seperti bladderwack atau kelp, dalam jumlah besar, Anda mungkin akan mengalami masalah tiroid karena kelebihan konsumsi iodine. 

Selain itu, rumput laut cokelat seperti kelp mungkin mengandung kadar zat beracun yang tinggi seperti arsen, yang diserap oleh tumbuhan dari lingkungan perairan yang terkontaminasi, yang dapat menyebabkan keracunan saat Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang besar.

Manfaat Fucoidan 

  • Fucoidan dapat membantu untuk mengatasi gejala osteoarthritis. Pada sebuah studi, peneliti memberikan suplemen fucoidan pada 12 orang yang menderita osteoarthritis. Selama penggunaan 3 bulan, gejala arthritis berkurang hingga 18 persen dan fucoidan 1000 mg mengurangi gejala hingga 52 persen. Studi lain, peneliti memberikan fucoidan dari bladderwrack sebanyak 255 mg pada penderita masalah pada lutut dan pinggul, tidak menunjukkan adanya perbedaan dalam penurunan gejala arthritis.
  • Fucoidan mungkin dapat melawan kanker. Fucoidan melawan kanker dengan mengaktifkan sel imun dan menurunkan produksi sitokinesis antikanker. Fucoidan yang diekstraksi dari bladderwrack dapat menyebabkan kematian sel pada banyak kasus sel kanker pada manusia, termasuk leukimia, kanker payudara, kanker perut, kanker paru-paru, kanker prostat dan sel kanker pada hati. Fucoidan mencegah pertumbuhan sel, menyebabkan kematian sel yang terprogram, dan menekan pembentukan sel darah baru pada sel kanker tiroid.
  • Fucoidan dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah. Pada studi sel, fucoidan meningkatkan aktivitas protein yang mencegah proses penggumpalan. Pada suatu penelitian, fucoidan 2250 mg diberikan selama 12 hari dapat menurunkan kemampuan penggumpalan darah dengan mengganggu langkah terakhir proses pembekuan darah.
  • Fucoidan dapat melindungi dari radiasi. Fucoidan dapat melindungi dari radiasi pada sel dan tikus.
  • Fucoidan dapat melindungi dari efek kemoterapi. Pada tikus yang diberi kemoterapi, fucoidan mencegah terjadinya peradangan pada usus dan meningkatkan jumlah pili pada usus.
  • Fucoidan dapat melindungi perut. Fucoidan memicu infeksi Heliobacter di usus pada perut dengan mencegah bakteri menempel pada dinding. Pada tikus yang diberi asprin agar menyebabkan bisul, fucoidan mencegah pembentukan bisul.
  • Fucoidan melindungi hati. Akibat penggunaan fucoidan, bladderwrack membantu melindungi dari luka berlebihan akibat zat kimia pada hati. Fucoidan mengurangi penyakit hati yang berlemak akibat induksi alkohol pada tikus.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit