Ketahui Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh Anda

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ketahui Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh Anda

Buah alpukat adalah buah yang kaya manfaat. Meski buah ini banyak dihindari oleh mereka yang sedang diet, namun siapa sangka bahwa buah yang memiliki daging bertekstur lembut ini sangat kaya akan nutrisi.

Kandungan gizi dalam buah alpukat

Buah alpukat merupakan buah penuh nutrisi seperti yang diungkapkan oleh ahli gizi Charlotte Stirling-Reed. Buah alpukat kaya akan sumber lemak tak jenuh tunggal atau dikenal pula lemak baik. Kandungan asam lemak tersebut baik karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Beberapa nutrisi di bawah ini adalah nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat:

  • Vitamin C: bermanfaat untuk memproduksi kolagen yang baik untuk persendian. Vitamin C juga baik untuk sistem kekebalan tubuh dan juga untuk gigi dan tulang
  • Vitamin B seperti vitamin B2, B5, B6 yang dapat membantu proses sintesis hormone. Vitamin B juga baik untuk menjaga kekebalan tubuh dan juga mengurangi dampak stress.
  • Biotin: bermanfaat untuk membantu dalam pertumbuhan rambut dan kuku
  • Magnesium: mineral magnesium bermanfaat untuk meredakan ketegangan otot dan juga untuk mengurangi rasa lelah pada tubuh
  • Vitamin E: bermanfaat untuk kecantikan kulit dan sebagai antioksidan tubuh

Manfaat Medis mengkonsumsi Buah Alpukat

1. Mencegah Diabetes

Meski memiliki cita rasa sedikit manis, namun buah alpukat ternyata telah terbukti bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit diabetes. Menurut riset yang dipublikasikan oleh Nutrition Journal di tahun 2013 membuktikan bahwa buah alpukat bermanfaat dapat menurunkan risiko sindrom metabolic yang terkait dengan sistem metabolisme tubuh. 

Karena bermanfaat untuk menurunkan risiko sindrom metabolic, buah alpukat bermanfaat untuk mencegah diabetes, stroke dan penyakit arteri.

2. Mengatur gula darah

Alpukat merupakan buah yang memiliki kadar lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh. Kadar lemak tak jenuh dalam alpukat bermanfaat untuk menghentikan resistensi insulin sehingga bermanfaat untuk penderita diabetes. Selain itu kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah.

3. Membantu sistem pencernaan

Menurut riset yang dilakukan oleh Mayo Klinik membuktikan bahwa mengkonsumsi buah alpukat baik untuk menjaga kesehatan pada pencernaan tubuh. Pencernaan yang sehat dapat membantu buang air besar secara berkala dan teratur.

4. Bermanfaat untuk kecantikan

Alpukat kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin E dan vitamin C yang merupakan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Karena kandungan vitaminnya tersebut, buah alpukat baik untuk menjaga kelembaban pada kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

5. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan lemak tak jenuh dalam buah alpukat tidak hanya baik untuk mengontrol gula darah dan membantu mengobati penderita penyakit diabetes, namun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. 

Hal ini disebabkan kadar lemak tak jenuh yang tinggi dalam buah alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol jahat atau LDL merupakan kolesterol yang sering menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah sehingga aliran darah terhambat. 

Akibatnya kerusakan pembuluh darah bisa menimbulkan stroke bahkan penyakit jantung

6. Mencegah cacat pada janin yang dikandung

Manfaat lain dari konsumsi alpukat tidak hanya untuk anda namun juga untuk janin bagi ibu yang sedang hamil. Alpukat diketahui sebagai sumber nutrisi terbaik untuk ibu-ibu yang sedang mengandung karena mengandung asam folat

Kandungan asam folat pada alpukat bermanfaat untuk mencegah cacat pada janin yang lahir seperti neural tube defect maupun spina bifida.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Avocados 101: Health Benefits, Nutrition Facts, Weight Loss Info, and More. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/avocados-health-benefits-nutrition-facts-weight-loss-info-more/)
12 health benefits of avocado. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/270406)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app