Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Biotin : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.220.311 orang

Apa itu Biotin?

Vitamin B7, atau umum disebut biotin, adalah bagian vital metabolisme tubuh yang sehat dan befungsi untuk membuat enzim yang penting. Biotin adalah vitamin yang dapat larut di dalam air yang membantu tubuh untuk memetabolisme lemak, karbohidrat dan protein. Biotin umum digunakan untuk memperkuat rambut dan kuku, meskupun belum ada bukti yang kuat, dan sering disebut vitamin H (untuk hair atau rambut). Vitamin yang dapat larut dalam air tidak dapat disimpan oleh tubuh, sehingga konsumsi biotin sehari-hari merupakan hal yang penting. Vitamin B7 tidak dapat disintesis oleh sel manusia, tetapi dihasilkan oleh bakteri yang ada dalam tubuh dan tersedia di banyak makanan. Terapi biotin dapat mengobati beberapa kondisi medis.

Manfaat Biotin untuk kesehatan

Tubuh memerlukan biotin untuk memetabolisme lemak, karbohidrat dan protein. Biotin adalah koenzim untuk enzim karboksilase. Enzim karboksilase penting untuk:

  • Mensintesis atau membentuk asam lemak
  • Mensintesis asam amino isoleusin dan valin
  • Gluconeogenesis atau menggenerasi glukosa.
  • Mempertahankan kondisi sehat selama kehamilan. Kekurangan biotin pada masa kehamilan merupakan hal yang cukup umum. Kekurangan biotin dapat menyebabkan perkembangan janin yang tidak normal. Pemberian suplemen asam folat direkomendasikan baik setahun sebelum atau selama kehamilan. Merupakan hal yang penting untuk mendapatkan asupan multivitamin yang memberikan setidaknya 30 mcg selain asam folat, untuk mencegah defisiensi.
  • Menurunkan gula darah. Beberapa studi menunjukkan bahwa biotin mampu menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 1 dan 2.
  • Mengontrol neuropati. Biotin dapat mengurangi kerusakan saraf pada orang-orang yang menderita diabetes atau sedang menjalani cuci darah untuk penyakit ginjal. Biotin berperan penting dalam aktivitas pyruvate carboxylase. Tanpa biotin, kadar pyruvate dan aspartat dapat meningkat dan mengganggu saraf.
  • Penyakit biotin-responsive basal ganglia. Merupakan penyakit jarang dan penyakit turunan. Penyakit ini mempengaruhi bagian dari sistem saraf yang mengontrol pergerakan. Penyakit ini menyebabkan ketegangan otot involunter, kekakuan otot, kelemahan otot, dan beberapa masalah lain. Kondisi ini muncul karena kebutuhan thiamin dan biotin.
  • Mengobati sklerosis berganda (multiple sclerosis,MS). Studi menunjukkan bahwa terapi biotin dengan dosis tinggi dapat memperbaiki kondisi penderita multiple sclerosis, yaitu penyakit autoimun yang mempengaruhi sistem saraf yang menyebabkan kelemahan otot dan beberapa masalah lainnya.

Makanan yang mengandung Biotin

Makanan biasanya menjadi pilihan pertama untuk mendapatkan biotin. Biotin pada makanan biasanya bergabung dengan protein. Makanan yang kaya akan biotin adalah:

  • Ragi roti
  • Gandum
  • Daging organ
  • Telur utuh yang matang
  • Remis

Telur mentah mengandung protein yang disebut avidin yang menginhibisi penyerapan biotin. Memakan dua atau lebih putih telur mentah selama beberapa bulan sering diasosiasikan dengan defisiensi biotin.

Cara menggunakan Biotin

Saat Anda berencana untuk menggunakan suplemen herbal, mintalah saran pada dokter. Anda mungkin memerlukan untuk berkonsultasi pada praktisioner yang terlatih dalam penggunaan suplemen kesehatan atau suplemen herbal. Jika Anda memilih untuk menggunakan biotin, gunakan sesuai dengan petunjuk pada kemasan atau sesuai dengan petunjuk dokter, farmasis atau penyedia kesehatan lainnya. Jangan menggunakan produk ini melebihi yang direkomendasikan pada label. Kira-kira memerlukan 3 sampai 6 bulan sebelum kondisi rambut atau kuku meningkat. 

Periksakan ke dokter apabila kondisi yang Anda tangani dengan biotin tidak mengalami kemajuan atau tambah buruk selama menggunakan biotin. Biotin dapat menyebabkan hasil yang salah pada tes kesehatan. Beritahukan pada dokter yang menyarankan Anda untuk menggunakan biotin. Setelah berhenti menggunakan biotin, kuku Anda mungkin kembali ke kondisi normalnya setelah 6 hingga 9 bulan.

Efek samping penggunaan Biotin

Biotin adalah vitamin yang aman dan tidak beracun. Biotin belum pernah diasosiasikan dengan efek samping serius, meskipun pada dosis yang tinggi. Namun, mungkin terjadi efek samping yang umum, yaitu:

  • Maag
  • Ruam kulit yang ringan

Interaksi dengan obat lain

Mengonsumsi obat tertentu dapat menurunkan kadar biotin dalam darah, yang dapat mempengaruhi kebutuhan dosis biotin Anda. Tanyakan pada dokter atau farmasis jika Anda menggunakan obat berikut:

  • Phenobarbital
  • Primidone
  • Carbamazepine
  • Phenytoin

Obat di atas belum list lengkap. Obat yang dapat berinteraksi dengan biotin antara lain obat resep dan obat yang dijual bebas, vitamin, dan produk herbal tertentu.

 


Referensi

BPOM RI (2018). Cek BPOM. Biotin.

Catlett, T. Healthline (2017). Biotin for Hair Growth: Does it Works?

Drugs.com (2018). Biotin (Oral).

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp