Seks dan Hubungan

Keputihan Berwarna Coklat: Penyebab dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Jun 12, 2019 Waktu baca: 2 menit
Keputihan Berwarna Coklat: Penyebab dan Pengobatan

Seperti kita ketahui bahwa keputihan merupakan masalah kewanitaan yang sering dialami oleh kaum hawa. Keputihan merupakan keluarnya sekret atau cairan dari vagina yang biasanya memang berwarna putih. Namun demikian, ada juga yang mengalami keputihan berwarna coklat.

Apa itu keputihan?

Keputihan dalam bahasa medis disebut dengan leukorea terjadi bukan hanya karena penyakit namun justru kebanyakan merupakan hal normal yang terjadi pada wanita. Keputihan merupakan usaha yang dilakukan tubuh untuk menjaga kebersihan vagina dan menjaga agar lingkungan pada area tersebut agar tetap sehat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Interaksi antara hormon baik estrogen maupun progesteron berperan besar terhadap perubahan tubuh wanita selama siklus menstruasi. Sehingga tidak heran jika warna, tekstur ataupun jumlah keputihan yang keluar juga bergantung dari tahapan siklus menstruasi yang sedang terjadi.

Keputihan bisa berwana putih susu (paling sering), keputihan warna coklat, kuning kehijauan, dan sebagainya tergantung dari penyebabnya.

Penyebab keputihan berwarna coklat muda

1. Kehamilan

Keputihan warna coklat (agak berwarna pink) bisa menjadi salah satu tanda awal kehamilan hal ini terjadi karena pada saat implantasi sel telur yang dibuahi pada rahim sedikit menimbulkan perdarahan sehingga keluar terlihat kecoklatan dan terkadang pink atau merah.

2. Pramenopause

Keadaan perimenopause (menjelang menopause) menjadi salah satu penyebab keputihan berwarna coklat, pink ataupun kekuningan.

3. Jaringan endometrium tua (akan terlepas)

Pada wanita muda sesaat sebelum menstruasi akan mengeluarkan keputihan berwarna coklat akibat terlepasnya jaringan endometrium yang sudah tua ketika menstruasi.

4. Vaginitis atropi

Merupakan peradangan pada vagina dengan gejala yang muncul berupa keputihan warna coklat, perdarahan, nyeri ataupun gatal pada daerah vagina.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

5. Polip uterus (rahim)

Disebut juga dengan polip endometriosis, yang merupakan massa abnormal atau tumor jinak pada rahim suatu ketika dapat menimbulkan gejala berupa menstruasi tak teratur, pendarahan dan terkadang terjadi keputihan warna coklat.

6. Infeksi menular seksual (IMS)

IMS pada tahap awal sering menimbulkan keluhan berupa keputihan yang berwarna kecoklatan.

Penyebab keputihan berwarna coklat tua

  • Kehamilan
  • Ovulasi
  • Menopause
  • Perdarahan endometrium
  • Penyakit inflamasi pelvis (radang panggul)
  • Kanker Serviks

Cara mengobati keputihan berwarna coklat

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan keputihan warna coklat seperti kehamilan ataupun perdarahan implantasi tidak perlu diobati karena merupakan perubahan tubuh yang normal. Namun, jika keluhan keputihan disertai dengan keluhan lain atau berlangsung lama maka kemungkinan ada penyebab lainnya sehingga harus dipastikan terlebih dahulu melalu pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan.

Jika sudah jelas bahwa penyebab keputihan yang berwarna coklat itu adalah penyakit maka cara mengobatinya juga akan tergantung dari penyakit yang mendasarinya. Misalnya jika keputihan berwarna coklat diakibat oleh:

  • Infeksi (IMS), maka diperlukan pengobatan dengan antibiotik atau obat lain yang sesuai dengan jenis bakteri penyebab infeksi.
  • Polip, maka terlebih dahulu mungkin dokter akan memberikan obat-obatan jika tidak berhasil prosedur bedah atau operasi mungkin diperlukan.
  • Kanker serviks, maka harus diobati dengan jenis terapi yang sesuai dengan stadium kanker, misalnya dengan jalan operasi, kemoterapi, terapi radiasi, ataupun kombinasi.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Brown Vaginal Discharge: 15 Possible Causes, Other Symptoms. Healthline. (https://www.healthline.com/health/brown-vaginal-discharge)
Vaginal Discharge: Causes, Types, Diagnosis and Treatment. WebMD. (https://www.webmd.com/women/guide/vaginal-discharge-whats-abnormal)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app