Kehamilan

Tanda Tanda Awal Kehamilan

Update terakhir: Apr 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 429.595 orang

Tanda Tanda Awal Kehamilan

Tanda awal kehamilan penting diketahui karena banyak wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya hamil. Tanda awal kehamilan memang sulit diketahui karena tanda yang muncul biasanya tidak terlalu siknifikan. 

Beberapa wanita mungkin dapat merasakan ada yang berbeda namun menganggapnya sebagai tanda tubuh sedang kurang sehat. Mengetahui tanda awal kehamilan sangatlah penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung.

Domperidone if 10mg tab 1

Walaupun tanda awal kehamilan pada setiap wanita berbeda, namun beberapa tanda hamil di bawah ini mungkin dapat membantu memastikan apakah Anda hamil atau tidak.

Tanda-tanda awal hamil yang mungkin terjadi

1. Tidak Menstruasi (haid)

Tanda awal kehamilan yang tidak asing lagi bagi kita yaitu ketika seorang wanita tidak mendapatkan menstruasi  (haid). Namun pada beberapa wanita yang memilki jadwal menstruasi (haid) yang tidak lancar, mungkin sulit membedakannya.

Namun ada kondisi-kondisi tertentu yang membuat menstruasi terlambat seperti faktor stress, psikis, terlalu aktif, dsb. Tespack (tespek) atau tes kencing untuk kehamilan adalah salah satu alat pemeriksaan dini yang menunjukkan kemungkinan hamil.

Baca juga: Membaca Hasil Tespek: Positif, Negatif, atau Samar

2. Payudara membesar

Pada saat hamil payudara akan berubah menjadi lebih besar dan terkadang terasa sakit. Membesarnya payudara dapat mencapi dua cup , beberapa wanita mungkin akan mengalami gatal pada bagian payudara karena garis strech mark yang timbul akibat pembesaran payudara yang terjadi pada awal kehamilan.

Baca juga: Keluarnya Cairan Bening dari Payudara Selama Masa Kehamilan

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung.

Domperidone if 10mg tab 1

3. Sering buang air kecil

Selain karena rahim tumbuh dan mendorong kandung kemih, perubahan hormon yang terjadi saat hamil juga menjadi penyebab Anda sering buang air kecil. Hindari atau minimumkan minuman berkafein saat hamil karena sifatnya yang diuretik dan melakukan senam kegel  dapat bermanfaat untuk meminimalkan keinginan untuk sering buang air kecil. 

4. Nafsu makan berkurang

Kurang nafsu makan merupakan salah satu tanda awal kehamilan disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon beta-hCG. Berkurangnya nafsu makan dapat menjadi penyebab ibu dan janin kekurangan gizi. Penting bagi ibu untuk tetap mengosumsi makanan penuh gizi, Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nafsu makan berkurang saat hamil adalah menghindari makanan yang tidak disukai terutama yang dapat memicu mual.

Baca juga: Cara Alami Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

5. Lebih peka terhadap bau

Beberapa bau atau aroma dapat mengganggu ibu hamil, biasanya sensitivitas penciuman ibu hamil akan meningkat pada trisemester awal kehamilan.  Peningkatan estrogen pada ibu hamil menjadi penyebabnya, estrogen sering dikaitkan dengan peningkatan daya cium wanita.

Ibu hamil akan mengalami peningkatan estrogen dalam tubuhnya sehingga membuat indera penciuman menjadi lebih peka. Kondisi inilah yang juga dapat menyebabkan ibu hamil merasa mual. 

6. Mual dan muntah

Mual dan muntah bisa menjadi indikasi awal bahwa  seorang wanita sedang hamil. Biasanya mual dirasa sangat berat di pagi hari, dalam istilah medis disebut morning sickness

Dalam bukunya yang berjudul The Working Woman's Pregnancy Book, Dr. Marjorie Greenfield menyebutkan bahwa sekitar 70% wanita mengalami mual dan 50% wanita mengalami muntah saat awal kehamilan. 

Bahkan beberapa ahli berpendapat justru itu baik karena mual muntah disebabkan oleh hormon beta-HCG yang menunjukkan bahwa kehamilannya tumbuh dengan baik.

Untuk membantu mengatasi mual dan muntah saat hamil, Anda dapat mencium wewangian seperti peppermint. 

7. Sesak fafas

Beberapa wanita merasa agak sesak napas pada awal kehamilan bahkan terkadang selama kehamilan. Hal ini karena ibu hamil membutuhkan oksigen ekstra untuk pertumbuhan janin.

Meningkatnya hormon progesteron pada ibu hamil juga menjadi penyebabnya, hormon progesteron dapat menstimulasi pusat pernapasan pada otak.

8. Mudah lelah

Mudah lelah adalah tanda hamil yang paling sering dialami wanita, jika ditinjau dari ciri-ciri diatas, tidak heran jika ibu hamil merasa mudah lelah. Mual dan muntah, kekurangan oksigen, hilang nafsu makan menjadi faktor pendukung dari turunnya stamina ibu hamil.

Baca juga: 

  • Ciri Ciri Hamil Muda Pada Perut
  • Seperti Inilah Perbedaan Keputihan Mau Haid dan Hamil

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit