Kenali Penyebab Munculnya Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Munculnya penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai kondisi. Gerakan tiba-tiba atau posisi tubuh yang kurang baik saat mengangkat benda berat bisa mengakibatkan cedera dan hal ini merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Beberapa hal lainnya yang bisa menyebabkan terjadinya sakit pinggang sebelah kiri adalah:
Dipublish tanggal: Sep 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Pada umumnya sakit pinggang sebelah kiri akan muncul karena terdapat beberapa masalah pada struktur jaringan organ di sekitar pinggang sebelah kiri. Apabila seseorang semakin tua makan kekuatan tulang mereka akan semakin rapuh dan massa otot semakin menurun. 

Sehingga sakit pinggang sebelah kiri mungkin saja dapat muncul kapan saja.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Otot, Tulang dan Sendi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 14

Biasanya sakit pinggang sebelah kiri akan terasa hingga ke daerah tubuh lain seperti pada bokong, pangkal paha dan paha bagian belakang dengan penyebab yang beragam.

Gejala sakit pinggang sebelah kiri

Penyakit ini bisa saja dialami oleh siapa saja dengn berbagai gejala yang akan muncul, sepperti:

  • Rasa sakit yang akan semakin terasa apabila bergerak.
  • Terkadang rasa sakit diiringi dengan rasa kesemutan atau mati rasa pada bagian bokong atau kaki.
  • Kesulitan saat membungkuk atau bersandar.
  • Rasa nyeri yang menjalar hingga paha atau kaki, dan rasa ini dapat menyebabkan keluhan yang menggagu hingga sulit berjalan.
  • Terjadi kram pada otot-otot sekitaran tulang belakang atau spasme yang menyakitkan, sehingga menyebabkan rasa kaku pada pinggang.

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri

Munculnya penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai kondisi. Gerakan tiba-tiba atau posisi tubuh yang kurang baik saat mengangkat benda berat bisa mengakibatkan cedera dan hal ini merupakan penyebab yang paling sering terjadi. 

Beberapa hal lainnya yang bisa menyebabkan terjadinya sakit pinggang sebelah kiri adalah:

1. Otot tegang

Aktivitas yang berlebihan atau melakukan gerakan yang tidak biasa merupakan pemicu tegangnya otot. Pada kondisi seseorang yang melakukan gerakan punggung terlalu berat dapat menyebabkan otot punggung tertarik dan terjadilah tegang atau robek otot. 

Tegang otot diikuti dengan beberapa gejala seperti rasa sakir dan kaku pada pinggang. Hal ini akan reda dan pulih jika penderitanya melakukan istirahat dan menjalani fisioterapi.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Pinggang 5 Kali Visit Di NK Health

Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core strengthening exercise, stretching dan exercise lainnya. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit pinggang 5x visit di nk health

2. Skiatika 

Penyakit ini terjadi akibat tertekannya saraf yang menghubungkan saraf tulang belakang dan saraf tungkai. Kondisi ini dipicu ketika terjadinya pergeseran bantalan saraf pada tulag belakang atau kerusakan pada tulang punggung yang dapat menyebabkan penjepitan saraf. 

Gejala yang ditimbulkan dari skiatika adalah munculnya kesemutan diikuti dengan rasa nyeri hebat yang menjalar dari pinggang kiri atau kanan ke tungkai dan kaki.

3. Stenosis spinal

Stenosis spinal adalah penyempitan tulang belakang yang menyebabkan tertekannya saraf tulang belakang. Akibat dari tekanan pada saraf tulang belakang adalah timbulnya rasa kebas, kram, dan lemas di bagian tubuh manapun, tergantung pada saraf mana yang tertekan.

Gejala yang muncul dari kondisi ini akan bertambah parah jika seseorang berdiri atau berjalan. Stenosis spinal memiliki penyebab utama yaitu perubahan tulang akibat penuaan, yang menyebabkan bantalan saraf tulang belakang menekan saraf yang akhirnya menimbulkan rasa nyeri.

4. Gangguan pada ginjal

Gangguan pada ginjal seperti batu ginjal, nyatanya dapat memicu sakit pinggang sbelah kiri, hal ini karena letaknya dekat dengan pinggang. Sakit akibat kondisi ini akan muncul antara pada tulang rusuk terbawah dan panggul.

5. Cedera fisik

Sakit pinggang sebelah kiri juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada oto dan tulang sekitar pinggang kiri. Rasa sakit dari kondisi ini akan muncul beberapa saat setelah cedera terjadi, umumnya akibat patah tulang panggul atau oto di sekitar pinggang kiri yang mengalami kerusakan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Kista ovarium, endometriosis, pertumbuhan jaringan fibroid pada tahim dan kehamilan juga bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri muncul pada perempuan.

Kapan harus memeriksa diri ke dokter

Umunya penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya, namun terdapat beberapa kondisi yang perlu penanganan dari dokter.

Berikut beberapa gejala dari sakit pinggang sebelah kiri yang disarankan untuk mendapat pemeriksaan segera dari dokter, seperti:

  • Sulitnya mengontrol buang air kecil dan buang air besar.
  • Kelumpuhan atau mati rasa pada bagian pinggang dan kaki.
  • Berkurangnya massa (ukuran) dan kekuatan otot di kedua tungkai.
  • Demam.
  • Kesulitan berjalan atau nampak pincang saat berjalan.

Apabila sakit pinggang sebelah kiri terjadi secara berkelanjutan  dan/atau disertai dengan gejala di atas, lebih baik segerakan untuk berkonsultasi pada dokter.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Back pain - Symptoms and causes. Mayo Clinic. (Accessed via: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/back-pain/symptoms-causes/syc-20369906)
Low Back Pain Pictures: Symptoms, Causes, Treatments. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/back-pain/ss/slideshow-low-back-pain-overview)
Kidney Pain Early Symptoms, Causes, Treatment, and Cure. MedicineNet. (Accessed via: https://www.medicinenet.com/kidney_pain/article.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app