Atasi Sakit Punggung Dengan 8 Pose Yoga Ini

Mungkin Anda sudah meminum banyak obat untuk meredakan sakit pinggang ini, namun bila rasa sakit masih tetap ada, mungkin Anda bisa melakukan beberapa gerakan yoga. Berikut ini 8 pose yoga yang bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa sakit punggung.
Dipublish tanggal: Jun 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 13, 2019 Waktu baca: 2 menit
Atasi Sakit Punggung Dengan 8 Pose Yoga Ini

Bila Anda adalah seorang pekerja kantoran dan duduk di depan komputer selama hampir 12 jam, masalah kesehatan yang sering dialami adalah sakit punggung. Biasanya Anda akan merasa badan sangat sakit atau seperti mau rontok ketika bangun tidur atau melakukan beberapa aktivitas lain. 

Mungkin Anda sudah meminum banyak obat untuk meredakan sakit pinggang ini, namun bila rasa sakit masih tetap ada, mungkin Anda bisa melakukan beberapa gerakan yoga. Berikut ini 8 pose yoga yang bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa sakit punggung. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Pinggang 5 Kali Visit Di NK Health

Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core strengthening exercise, stretching dan exercise lainnya. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit pinggang 5x visit di nk health

Spinx pose

Spinx pose ini termasuk dalam kategori backbend yang bermanfaat untuk meredakan sakit punggung. Pose ini sangat mudah dan bila dilakukan dengan baik bisa membantu menguatkan tulang belakang

Cat cow pose

Cat cow pose ini baik untuk meredakan sakit pada pinggang dan punggung. Hal ini karena posisi ini memungkinkan punggung untuk melengkung ke atas dan bawah. Anda bisa melakukan gerakan ini setiap pagi setelah bangun tidur untuk meredakan sakit punggung. 

Standing forward fold

Pose standing forward fold sangat mudah dilakukan setiap hari dan bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada bagian pinggang bawah. Pose ini juga bisa membantu memanjangkan otot di tulang punggung. 

Bila Anda sering duduk dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa melakukan pose ini setiap pagi setelah bangun tidur. 

Locust pose

Pose locust ini cocok untuk menguatkan otot pinggang, pantat, dan punggung. Hal ini karena ketika punggung dan pinggang kuat, maka rasa sakit juga akan berkurang. Anda bisa meredakan rasa sakit pinggang dengan melakukan latihan ini secara rutin. 

Bridge pose

Bridge pose ini baik untuk menguatkan otot pinggang bawah, pantat, dan juga paha bawah. Pose ini membantu mengurangi rasa sakit pada pinggang serta menguatkan otot-otot disekitar pinggang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Otot, Tulang dan Sendi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 14

Supine Spinal Twist

Pose supine spinal twist ini sangat cocok untuk mengurangi nyeri pinggang karena posenya memungkinkan tubuh untuk memutar. Posisi ini baik untuk meregangkan bagian tulang belakang dan otot pinggang. 

Selain untuk meredakan rasa sakit pinggang, posisi ini juga bisa membantu menstimulasi organ tubuh termasuk organ perut, ginjal, saluran kecing, dan juga usus. Sehingga posisi yoga ini tidak hanya bermanfaat untuk meredakan sakit pinggang namun juga bermanfaat untuk kesehatan secara umum. 

Seated forward fold

Selain dilakukan dalam posisi berdiri, pose yang sama juga bisa dilakukan dalam keadaan duduk. Opsi ini bisa dilakukan bila Anda cenderung merasa pusing setelah membungkuk dalam posisi berdiri. 

Meskipun dilakukan dalam posisi duduk, manfaat yang diberikan tetap sama yaitu untu membuka pinggang bagian bawah serta melegakan rasa sakit akibat otot kaku

Eagle pose

Eagle ini termasuk dalam kategori yoga advanced atau yoga level yang lebih tinggi karena membutuhkan kekuatan dan keseimbangan. Meskipun begitu pose ini cocok untuk merengangkan pinggang dan pinggul Anda. 

Selain itu, pose ini termasuk dalam kategori backbend yang bermanfaat untuk meredakan rasa sakit pada punggung. 

Bila Anda masih pemula dalam olahraga yoga, Anda bisa mulai dengan intensitas yang ringan dan bertahap menigkat menjadi lebih tinggi. Jangan langsung melakukan yoga dengan level advance atau tanpa pemanasan telebih dahulu. 

Selain itu usahakan untuk melakukan yoga dengan rutin sehinggga hasilnya bisa terlihat signifikan dalam meredakan sakit punggung dan pinggang. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
A guide to yoga. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/exercise/guide-to-yoga/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app