Berapa Kadar Asam Urat yang Normal? Yuk, Cek di Sini!

Dipublish tanggal: Sep 6, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
Berapa Kadar Asam Urat yang Normal? Yuk, Cek di Sini!

Asam urat sebetulnya merupakan senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh. Jika kadarnya normal, maka hal ini tidak akan menimbulkan masalah. Sebaliknya, kalau kadar asam urat dalam tubuh melebihi batas normal alais tinggi, maka lambat laun dapat memicu berbagai jenis penyakit. Memangnya, berapa kadar asam urat yang normal dalam tubuh? Berikut penjelasannya.

Proses terbentuknya asam urat

Proses terbentuknya asam urat dipengaruhi oleh zat purin yang ada pada berbagai jenis makanan dan minuman. Contohnya daging merah, makanan laut (seafood), hati, ikan makarel, kacang, atau bir. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Darah akan membawa purin ke organ ginjal untuk disaring, lalu sisa-sisanya dibuang bersama urine. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan mengandung purin, maka ginjal harus bekerja ekstra untuk menyaring dan membuang kelebihan purin.

Semakin banyak asupan purin dalam tubuh, maka ginjal lama-kelamaan tidak akan mampu mengekuarkannya dari tubuh. Akibatnya, asam urat yang berlebihan tadi akan membentuk kristal padat yang menempel pada sendi-sendi tubuh. Hal inilah yang menyebabkan peradangan sendi dan menimbulkan rasa sakit.

Tanda dan gejala rematik asam urat

Ciri-ciri asam urat dapat dialami oleh siapa saja. Tidak hanya lansia, orang-orang berusia muda pun bahkan bisa mengalami gejala asam urat. Namun bila dilihat berdasarkan kelaminnya, pria cenderung lebih rentan terkena asam urat daripada wanita.

Tanda dan gejala asam urat yang dapat terjadi antara lain:

  • Nyeri pada persendian
  • Nyeri pada ibu jari kaki
  • Sulit berjalan
  • Kemerahan pada sendi yang terasa nyeri dan sulit digerakkan
  • Rasa nyeri yang berlangsung selama seminggu lebih karena dibiarkan terus-menerus

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala asam urat tersebut, segera cek kadar asam urat Anda. Jika hasilnya normal tapi Anda tetap merasakan gejalanya, ini artinya asam urat Anda telah mengkristal dan membutuhkan pengobatan segera.

Baca Selengkapnya: Gejala Asam Urat Pada Kaki dan Tips Mengatasinya

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asam Urat via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 43

Berapa kadar asam urat yang normal?

Untuk mengetahui kadar asam urat dalam tubuh, Anda dapat melakukan 2 jenis pemeriksaan, yaitu tes darah dan tes urine. Berikut kadar asam urat yang normal berdasarkan masing-masing pemeriksaan, yaitu:

1. Kadar asam urat yang normal dalam darah

Cara paling mudah untuk mengetahui kadar asam urat yang normal adalah dengan tes darah. Jenis pemeriksaan ini tidak memerlukan waktu yang lama dan hasilnya akan keluar dalam waktu singkat.

Berikut adalah acuan kadar asam urat yang normal dalam darah, antara lain:

  • Perempuan: 2,4-6,0 mg/dL
  • Laki-laki: 3,4-7,0 mg/dL
  • Anak-anak: 2,0-5,5 mg/dL

Lebih dari angka tersebut, maka tandanya kadar asam urat Anda tinggi.

2. Kadar asam urat yang normal dalam urine

Selain lewat darah, kadar asam urat juga bisa diketahui lewat pemeriksaan urine. Biasanya, kadar asam urat dalam urine akan menurun apabila ginjal tidak mampu membuang asam urat dari darah secara normal. Dengan kata lain, asam urat tadi justru menumpuk dalam ginjal dan bisa memicu terbentuknya batu ginjal.

Maka dari itu, pemeriksaan urine dapat dilakukan untuk mengetahui kadar asam urat dalam tubuh. Begini prosedur pemeriksaannya:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1
  1. Buang air kecil setelah bangun tidur di pagi hari. Urine ini tidak perlu ditampung, Anda hanya cukup mencatat jam berapa Anda buang air kecil.
  2. Setelah itu, tampung semua air kencing yang Anda keluarkan dalam 24 jam setelah pencatatan. Masukkan urine ke kantong sampel dari laboratorium.
  3. Bawa sampel urine ke laboratorium.

Jumlah asam urat yang tergolong normal pada urine berbeda dengan dalam darah. Kadar asam urat normal pada urine adalah 250-750 mg atau 1,48-4,43 mmol.

Cara mempertahankan kadar asam urat normal dalam tubuh

Supaya gejala asam urat tidak mudah kambuh, selalu jaga pola makan Anda setiap hari. Hindari berbagai jenis makanan atau minuman yang mengandung tinggi purin, seperti daging merah, seafood, hati, ikan sarden, olahan kacang kedelai, hingga minuman beralkohol seperti bir.

Baca Juga: 8 Makanan Penyebab Asam Urat Ini Masih Boleh DIkonsumsi, Lho!

Selain itu, ada beberapa cara lainnya yang dapat membantu menormalkan kadar asam urat Anda, antara lain:

  • Tidak merokok
  • Menghindari minuman dengan pemanis buatan
  • Berolahraga secara teratur
  • Mempertahankan berat badan ideal
  • Minum air putih yang cukup agar tubuh tidak mengalami dehidrasi

Walaupun asam urat tidak menyebabkan penyakit serius yang mengancam nyawa, namun jika tidak diobati, asam urat dapat memicu kondisi serius seperti batu ginjal. Jagalah pola makan dan terapkan gaya hidup sehat setiap hari supaya kadar asam urat Anda tetap normal. 

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app