Doctor men
Ditinjau oleh
AHMAD MUHLISIN
Makanan dan Diet Sehat

Asam Urat, Benarkah Bisa Diturunkan dengan Lemon dan Baking Soda?

Update terakhir: OCT 20, 2019 Tinjau pada OCT 20, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.936.548 orang

Asam Urat, Benarkah Bisa Diturunkan dengan Lemon dan Baking Soda?

Penyakit asam urat atau gout adalah penyakit sejenis radang sendi yang disebabkan oleh pengkristalan natrium urat di dalam atau di sekitar sendi. Penyebab penyakit asam urat adalah tingginya kadar asam urat

Bisa dibilang asam urat adalah limbah yang terbentuk dari zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Setiap hari asam ini dibuang dari tubuh melalui ginjal. Jika asam urat yang dibuang jauh lebih sedikit dari jumlah produksinya, maka sisanya akan menumpuk di dalam dan sekitar sendi dalam bentuk kristal-kristal natrium urat.

Lantas apa yang bisa dilakukan agar kadar asam urat tetap normal? Cara mencegah asam urat mudah saja. Intinya adalah apa yang Anda makan atau tidak makan adalah faktor penting dalam mempertahankan kadar asam urat dalam darah terkendali. 

Meski ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa mengonsumsi makanan atau minuman tinggi vitamin C seperti  jus lemon dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah, namun efektivitasnya dalam mengatasi nyeri sendi akibat arthritis (peradangan sendi)  karena peningkatan kadar asam urat belum pernah dibuktikan; demikian halnya dengan baking soda.  Lebih baik bertanya ke dokter, sebelum Anda memutuskan mengonsumsinya sebagai obat alternatif untuk mengobati asam urat. 

Para pendukung teori tersebut mengatakan, kombinasi lemon dan baking soda dapat mengurangi tingkat keasaman darah, termasuk kadar asam urat. Tapi petunjuk manajemen gout yang dikeluarkan oleh Arthritis Care and Research tahun 2012, sama sekali tidak menyebutkan manfaat kedua bahan tersebut untuk mengatasi penyakit asam urat.

Vitamin C dan Gout
Review sebuah artikel yang dipublikasikan di jurnal medis internasional QJM pada 2012 menyebutkan, suplementasi vitamin C mungkin dapat mengurangi serangan gout. Jus dari sebuah lemon mengandung sekitar 19 mg vitamin C atau 30 persen asupan harian yang dianjurkan. Selain dibuat jus, sari lemon juga bisa dinikmati bersama teh dan salad.


Baking Soda dan Gout
Sementara jus lemon mungkin bisa membantu menurunkan risiko gout, sebaliknya baking soda justru akan memperburuk asam urat. Studi pada 2005 yang dipublikasikan di jurnal Drug and Chemical Toxicology menyebutkan, percobaan suplementasi baking soda pada ayam broiler terbukti meningkatkan kadar asam urat. Penelitian terhadap manusia masih perlu dilakukan untuk memastikan efek baking soda terhadap kadar asam urat. 


Diet untuk Penderita Gout
Sampai saat ini, cara terbaik mengurangi risiko asam urat adalah dengan mengatur gaya hidup. Hindari makanan tinggi purin seperti daging merah, unggas dan makanan laut untuk mecegah asam urat. Perbanyak sayur, buah dan biji-bijian. Cukupi kebutuhan air putih Anda setiap hari untuk memastikan sisa asam urat terbuang bersama urin. (LT)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit