Kebiasaan Sehat

Cara Tradisional Atasi Asam Urat

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Agu 15, 2019 Waktu baca: 1 menit
Cara Tradisional Atasi Asam Urat

Kadar asam urat terlalu tinggi dapat menimbulkan rasa nyeri luar biasa pada persendian, terutama di bagian kaki. Keluhan ini, dalam dunia medis, biasa disebut gout. Gout adalah tipe artritis yang disebabkan akumulasi asam urat dalam tubuh. Kristal asam urat bisa terbentuk di dalam persendian dan menyebabkan rasa sakit yang intens dan peradangan. Umumnya, gout menyerang ujung jari kaki. Meski begitu, kristal asam urat bisa terbentuk di mana saja di dalam tubuh.

Beberapa individu dengan asam urat yang sudah menyebar di persendian dan otot, dapat masuk ke kondisi yang dinamakan gouty artritis. Gouty artritis biasanya menyerang persendian lutut, pergelangan kaki, pinggul, tangan dan kaki. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Dapatkan Obat Diabetes Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 36

Faktor risiko gout karena asam urat terjadi pada mereka yang: 
1. Obesitas
2. Penyakit asam urat cenderung dialami mereka yang berusia lebih tua dan kaum pria.
3. Hobi mengonsumsi makanan sumber purin  
4. Pecandu atau orang yang hobi minum alkohol 
5. Menderita diabetes atau tekanan darah tinggi
6. Memiliki gangguan ginjal
7. Memiliki riwayat asam urat di keluarga.

Asam urat adalah produk hasil  metabolisme senyawa yang disebut purin. Karena itu, Dr John Briffa, dokter dan penulis A Good Look at Good Health, menyarankan Anda untuk menghindari risiko negatif asam urat dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung purin seperti daging merah, jeroan, seafood, biji-bijian, lentil dan sayuran hijau tua. 

Gula juga harus dihindari karena bisa menaikkan kadar asam urat. Konsumsi buah dan sayur segar karena dapat menaikkan kadar alkalin tubuh, yang pada gilirannya dapat menetralisir efek asam urat. Minumlah sedikitnya satu setengah liter air putih setiap hari untuk mempercepat metabolisme asam urat agar segera dibuang oleh tubuh. 

Buah- buahan seperti ceri juga bisa membantu karena mengandung proanthocyanidin yang ampuh untuk menetralisir asam urat dan inflamasi karena gout.
Studi kecil terhadap selusin pasien gout menunjukkan, mengonsumsi 226 gram ceri setiap hari dapat menghentikan serangan gout. 

Pengobatan tradisional lain yang direkomendasi  Dr. Briffa adalah Cynara scolymus (Globe artichoke). Herbal ini telah lama dipercaya dapat membantu meredakan gout. Konsumsilah 3-5 mililiter larutan Cynara atau setara empat gram Cynara kering perhari sampai gejala gout mereda. (LT)

Baca juga: 9 Obat Asam Urat Alami Tradisional

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Gout diet: What's allowed, what's not. Drugs.com. (https://www.drugs.com/mca/gout-diet-what-s-allowed-what-s-not)
How to Reduce Uric Acid: Lower Levels Naturally. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-to-reduce-uric-acid)
8 natural ways to lower uric acid. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325317.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app