Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
AHMAD MUHLISIN
Makanan dan Diet Sehat

8 Makanan Penyebab Asam Urat Ini Masih Boleh Dikonsumsi, Lho!

Update terakhir: OCT 21, 2019 Tinjau pada OCT 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.822.873 orang

8 Makanan Penyebab Asam Urat Ini Masih Boleh Dikonsumsi, Lho!

Salah satu pemicu timbulnya asam urat adalah makanan. Namun untungnya, Anda tidak perlu menghindari semua makanan penyebab asam urat karena ternyata ada beberapa yang masih bisa dikonsumsi asalkan tidak berlebihan. Kira-kira, apa saja makanan pantangan asam urat tapi boleh dikonsumsi sesekali? Berikut daftarnya untuk Anda.

Sekilas tentang asam urat

Gout atau asam urat adalah peradangan sendi yang disebabkan oleh menumpuknya kristal-kristal tajam asam urat pada area tubuh tertentu. Bila kristal tajam tersebut berkumpul di area sendi tertentu, maka akan timbul sensasi nyeri yang luar biasa. Umumnya rasa sakitnya mirip seperti ketika tubuh ditusuk-tusuk oleh jarum.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Jempol kaki merupakan bagian tubuh yang paling sering menjadi sasaran gangguan ini. Akan tetapi, asam urat juga bisa menyerang sendi kaki, pergelangan kaki, lutut, dan sendi-sendi di tangan.

Baca Selengkapnya: Gejala Asam Urat Pada Kaki dan Tips Mengatasinya

Ketika seseorang menderita asam urat, maka rasa nyeri yang dirasakannya bisa berhari-hari bahkan berbulan-bulan lamanya. Dibanding wanita, pria dan mereka yang berbadan gemuk ternyata memiliki berisiko lebih tinggi terkena asam urat.

Makanan penyebab asam urat yang masih boleh dikonsumsi

Selama bertahun-tahun, cara pengobatan alami untuk mengatasi asam urat adalah dengan menghindari semua makanan yang kadar purinnya tinggi. Meski beberapa makanan penyebab asam urat benar-benar harus dijauhi sama sekali, tapi ternyata masih ada makanan yang boleh dikonsumsi sesekali, lho!

Baca juga: Pantangan Asam Urat Agar Gejala Tak Mudah Kambuh

Berikut adalah daftar makanan penyebab asam urat yang perlu Anda ketahui:

1. Seafood

“Konsumsi makanan laut (seafood) dan daging perlu dibatasi kalau Anda ingin terhindar atau sembuh dari asam urat,” ujar Lona Sandon, asisten profesor klinik gizi di Universitas Texas Southwestern Medical Center, Dallas.

Hal ini dikarenakan makanan laut dan daging mengandung tinggi purin yang apabila dikonsumsi terlalu banyak, purin akan dicerna menjadi asam urat. Namun kalau Anda sangat menyukai makanan laut tersebut, maka batasi konsumsinya hingga 170 gr saja per hari.

2. Ikan haring

Meski ada beberapa jenis seafood yang masih boleh dikonsumsi sesekali, namun ada pula yang harus dihindari sama sekali oleh mereka yang menderita asam urat. Contohnya, kerang, ikan haring, sarden, makarel, trout, dan tuna. 

“Selain itu, udang, lobster, belut, dan kepiting masih tergolong aman dikonsumsi oleh penderita asam urat,” ujar Scott Zashin, MD, salah seorang profesor di UT Southwestern.

3. Bir

“Minum bir dapat meningkatkan risiko asam urat hingga berlipat-lipat,” ujar Dr. Zashin. Tak hanya meningkatkan kadar asam urat, bir juga membuat asam urat sukar dikeluarkan dari dalam tubuh.

Meski wine masih lebih baik ketimbang bir, minum alkohol berlebihan tetap saja berdampak buruk bagi kesehatan. Jadi, ketika asam urat menyerang, Anda sebaiknya tidak minum alkohol sama sekali.

4. Makanan yang mengandung lemak jenuh

Tak semua daging itu sama soal kandungan purinnya. Perlu diketahui bahwa daging putih cenderung lebih baik ketimbang daging merah.

Meski begitu, tak mengapa juga bila sesekali Anda mengonsumsi daging merah, contohnya daging sapi yang lebih baik ketimbang kambing. Akan tetapi saat asam urat sedang kambuh, Anda harus membatasi konsumsi daging merah, daging unggas yang dipadati lemak, serta produk susu berlemak tinggi.

5. Kaldu daging

Bukan hanya daging saja, kuah atau kaldu daging juga mesti dibatasi karena kadar purinnya sangat tinggi. Banyak yang tak menduga bahwa ini merupakan salah satu makanan penyebab asam urat.

6. Makanan dan minuman manis

Hindari makanan manis yang kandungan sirup jagung fruktosanya tinggi, contohnya seperti roti tawar putih, kue, permen, soda atau jus kemasan. Tak hanya berisiko bikin gemuk, kandungan pemanis dalam makanan ini dapat merangsang tubuh untuk memproduksi asam urat lebih banyak.

7. Jeroan

Sudah bukan rahasia lagi kalau jeroan seperti hati, ginjal, otak, dan sebagainya merupakan salah satu makanan penyebab asam urat yang harus dihindari konsumsinya sama sekali.

Walau rasanya enak, namun ada baiknya Anda menahan diri untuk tidak menyertakan jeroan dalam hidangan apapun yang sedang Anda santap.

8. Bayam

Bayam, legume, asparagus, kacang polong, dan jamur ternyata mengandung purin yang lebih banyak dibanding sayuran lainnya. Dalam setiap 100 gram porsi sayuran tersebut dinilai mengandung 50-150 mg purin.

Tapi untungnya, Anda tak perlu menghindari makanan ini karena berbagai studi menunjukkan bahwa sayuran tersebut tak meningkatkan risiko radang sendi asam urat. Walau kadar purinnya tergolong rendah, tidak ada salahnya kalau Anda membatasi konsumsinya yaitu tak lebih dari 2 porsi tiap minggunya.

Selain sayuran yang disebutkan di atas, makanan yang mengandung kadar purin rendah lainnya adalah tomat, buah-buahan, sereal, mentega, keju, telur, cokelat, kokoa, kopi, teh, minuman berkarbonasi, selai kacang, dan kacang-kacangan. Deretan makanan tersebut masih aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

Baca Juga: Kadar Asam Urat Normal Pada Pria, Wanita, dan Anak

Referensi

Medical News Today. (2017). What to Eat and What to Avoid with Gout.

Healthline. (2017). Best Diet for Gout: What to Eat, What to Aboud.

Mayo Clinic. (2018). Gout Diet: What's Allowed, What's Not.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit