Kenali Apa Itu Jerawat Batu ?

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 4, 2019 Waktu baca: 3 menit

Namun, selain jerawat yang kemerahan, ada juga jenis jerawat yang kecil dan seringkali muncul di wajah. Jerawat batu, ya jerawat ini juga sama mengganggunya seperti jerawat yang merah biasa. Jerawat kecil ini terkadang sulit dilenyapkan walaupun sudah menggunakan obat dan krim jerawat pada umumnya.

Jika Anda memencetnya pun, berkemungkinan nantinya akan meninggalkan bekas seperti 'bopeng' di kulit wajah Anda. Sungguh sangat menyebalkan. Lalu, apa yang bisa Anda lakukan ? Simak ulasannya lebih lengkap di bawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Jerawat batu adalah….

Salah satu dari jenis jerawat yang dapat mengakibatkan wajah Anda menjadi kemerahan yang juga disertai munculnya benjolan kecil yang di dalamnya berisikan nanah. Ketika Anda mengalaminya, pada umumnya akan timbul rasa nyeri, sakit serta ngilu.

Bagaimana jerawat batu bisa muncul ? Jerawat jenis ini biasanya muncul ketika minyak serta sel-sel kulit mati yang ada di dalam rambut halus wajah Anda pecah/terinfeksi.

Jerawat batu tidak hanya muncul di bagian wajah Anda. Bahkan, jerawat jenis ini bisa juga muncul di area tubuh Anda yang lain seperti di dada, bahu, lengan atas bahkan punggung.

Jerawat batu ini bisa terjadi pada seseorang yang masih muda atau pun sudah lebih tua. Juga sering terjadi ketika usia remaja atau saat seseorang mulai menginjak usia dua puluh tahun an.

Lalu, apakah diperbolehkan memencet atau mengeluarkan jerawat batu ini menggunakan tangan?

Memencet jerawat terkadang banyak dilakukan orang, walaupun sebenarnya memencet jerawat juga terasa sakit, termasuk ketika Anda memencet jerawat batu.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Seorang dermatolog yang berada di Amerika Serikat bernama Dr. Amy Weschler, mengatakan bahwa sebenarnya tidaklah disarankan bagi semua orang untuk memencet atau pun mengeluarkan jerawat batu dengan cara memaksanya.

Beruntung jika Anda bisa mengeluarkan isi jerawatnya, namun jika tidak bisa lantas bagaimana ? Perlu Anda ketahui bahwa jika saat Anda memencet jerawat dan isinya tidak berhasil keluar dapat mengakibatkan luka terbuka dan isi jerawat yang tidak bisa keluar tadi, keduanya akan dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada kulit wajah Anda.

Hal tersebut dapat mengakibatkan timbulnya bekas luka kemerahan di kulit wajah bahkan parahnya, akan meninggalkan kondisi cekung tidak merata atau yang biasa disebut dengan 'bopeng' di kulit wajah Anda.

Jika Anda ingin melenyapkan jerawat batu di kulit wajah Anda dengan aman dan tepat, sebaiknya segeralah berkonsultasi ke dokter. Itulah yang disarankan oleh Dr. Wechsler.

Dokter akan lebih ahli dan dapat melakukan prosedur tindakan penyembuhan dengan lebih cepat ketimbang hanya dengan memencet atau mengeluarkan jerawat batu Anda begitu saja.

Untuk penanganan sementara guna meringankan pembengkakan dan rasa sakit yang muncul karena jerawat ini, Anda bisa mengompresnya dengan sekantong es.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Berapa lamakah jerawat batu ada di kulit wajah anda ?

Jerawat batu memang sedikit berbeda dengan jenis jerawat yang lain. Jerawat ini dapat bertahan cukup lama bahkan hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan menetap di kulit wajah Anda.

Wechsler mengungkapkan bahwa bekas jerawat batu juga dapat memicu kulit untuk memproduksi sel pigmen baru,  berarti bekas jerawat akan berwarna yang lebih gelap juga lebih lama lenyapnya.

Untuk membantu mengatasi warna bekas luka jerawat batu ini berubah, Anda bisa menggunakan krim wajah yang mengandung vitamin C. Juga disarankan sebaiknya Anda gunakan tabir surya atau sunscreen guna melindungi kulit wajah dari bahaya sinar UV A dan UV B. 

Cara menghindarinya

Pada umumnya, jerawat muncul karena kulit wajah yang sering terkena kuman dan bakteri, misalnya dari tangan yang tidak bersih, alas bedak, atau handuk setelah mandi. Untuk pencegahannya, menjaga kebersihan dan pola konsumsi makanan sehari-hari menjadi salah satu cara yang ampuh guna.

Dr. Weschsler mengungkapkan bahwa jerawat batu dapat dihindari dengan melakukan eksfoliasi kulit wajah secara teratur dan menggunakan produk dengan kandungan bahan seperti asam glikolat, asam salisilat serta scrub. Anda juga harus menjaga kulit tetap terhidrasi, caranya gunakanlah krim pelembab tiap hari.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Williams, H. C., Dellavalle, R. P., Garner, S. (2011, August 30). Acne vulgaris. The Lancet, 379(9813), 361–372 (http://www.thelancet.com/journals/lancet/article/PIIS0140-6736(11)60321-8/abstract?cc=y)
Mayo Clinic Staff. (2015, January 20). Acne: Definition (http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acne/basics/definition/con-20020580)
Hyde, P. (2014, June). Acne (http://kidshealth.org/en/kids/acne.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app