Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Makanan dan Diet Sehat

Kenali 6 Manfaat Nanas untuk Kesehatan Tubuh Anda

Update terakhir: NOV 11, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.152.545 orang

Kenali 6 Manfaat Nanas untuk Kesehatan Tubuh Anda

Siapa yang tidak kenal buah nanas? Buah daerah tropis ini memiliki cita rasa yang unik dan kaya akan serat serta berbagai nutrisi lainnya. Buah yang biasanya dijadikan sebagai bahan dasar minuman pina colada ini ternyata memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan

Di bawah ini adalah nutrisi yang terkandung dalam buah nanas dan manfaat mengkonsumsi nanas yang bisa anda peroleh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Nutrisi dalam Nanas yang Bermanfaat

Buah nanas sebagian besar terdiri dari air hingga 80% sementara sisanya sebagian besar terdiri dari gula, serat dan karbohidrat. Tidak hanya air dan karbohidrat saja, namun buah nanas juga kaya akan berbagai multivitamin dan mineral.

Vitamin yang terkandung dalam buah nanas misalnya vitamin B seperti riboflavin, niacin, thiamin, asam folat serta vitamin B6 yang dapat mencukupi 3 sampai 9% Angka Kecukupan Gizi harian. 

Selain vitamin B, vitamin C adalah vitamin yang memiliki jumlah terbesar dalam buah nanas. Dalam sebiji buah nanas, anda sudah dapat mencukupi kebutuhan vitamin C harian hingga 100%.

Mineral yang terkandung dalam buah nanas seperti zat besi, magnesium, potassium, zinc, mangan, tembaga, dan kalsium. Kandungan potassium dan mangan dalam buah nanas bermanfaat untuk otot dan tulang.

Manfaat Nanas untuk Kesehatan, Apa Saja?

1. Mengurangi risiko kanker

Buah nanas mengandung enzim bromerlain yang dapat mematikan sel kanker dan juga memperbaiki peradangan akibat penyebaran dan pertumbuhan sel kanker

Serat dalam buah nanas juga bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan sehingga lebih sehat. Buah nanas juga berfungsi membantu pertumbuhan bakteri baik yang dibutuhkan oleh usus. Dengan membantu pertumbuhan bakteri baik dapat mencegah kanker kolon dengan mencegah inflamasi dan ulserasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

2. Mencegah Katarak

Buah nanas juga kaya akan kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Hasil riset membuktikan bahwa konsumsi vitamin C dapat menurunkan kemungkinan gangguan mata buram pada lensa mata disebabkan oleh katarak.

3. Membantu menyembuhkan luka

Sama seperti poin nomor 1, kandungan enzim bromerlain di dalam buah nanas bermanfaat untuk mencegah terjadinya inflamasi dan infeksi oleh bakteri. Enzim bromerlain bekerja sebagai anti-inflamasi atau anti peradangan dan juga meningkatkan sistem imun pada tubuh. 

Untuk membantu mempercepat penyembuhan luka, anda bisa mengaplikasikan ekstrak buah nanas yang diolesi pada permukaan kulit yang luka.

4. Berfungsi sebagai anti-aging (penuaan)

Buah nanas mengandung mineral mangan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai organ tubuh dan kulit. 

Karena kandungan mangan yang tinggi dalam sebiji buah nanas, membuat konsumsi nanas secara rutin dapat membantu anti penuaan dini di kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Mangan juga bermanfaat untuk metabolisme protein, lemak dan karbohidrat juga untuk pembentukan sel tulang.

5. Membantu fungsi saluran cerna

Satu lagi manfaat dari keberadaan enzim bromerlain dalam buah nanas dapat membantu mengatasi berbagai saluran cerna seperti rasa mual dan juga susah buang air besar (Sembelit). 

Masalah pada pencernaan ini disebabkan tubuh tidak dapat mencerna tubuh dengan baik. Enzim bromerlain berfungsi untuk memecah protein lebih cepat sehingga mengurangi risiko sembelit dan mual.

6. Menjaga kesehatan reproduksi

Fungsi organ reproduksi dapat terbantu kerjanya dengan dukungan dari multivitamin seperti vitamin C, vitamin B, tembaga, asam folat, dan zinc. Vitamin dan mineral tersebut dapat menjaga keseimbangan hormon yang berperan dalam sistem reproduksi seperti menghasilkan sel sperma untuk pria dan sel telur untuk wanita.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit