Wow! Inilah 30 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 10 menit
Wow! Inilah 30 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Setiap 100 gram buah nanas mengandung 47,8 vitamin C, setara dengan pemenuhan 80% kebutuhan vitamin C harian.
  • Nanas memiliki kandungan utama berupa enzim bromelain yang dapat mengurangi dahak dan lendir, memperkuat kuku, serta mengatasi gatal di kulit kepala.
  • Kandungan vitamin C pada nanas bermanfaat untuk meningkatkan imunitas, menangkal radikal bebas, mempercantik kulit, hingga mencegah rambut rontok.
  • Nanas mengandung serat larut dan tak larut sekaligus yang mampu menjaga kesehatan pencernaan, termasuk mencegah konstipasi dan diare.
  • Manfaat buah nanas juga dikenal mampu mengatasi mual saat hamil (morning sickness). Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kandungan Anda dan lakukan pemeriksaan prenatal (cek kehamilan) untuk memantau kondisi janin Anda.

Nanas termasuk salah satu buah yang paling cocok diolah ke banyak jenis sajian. Mulai dari es buah, jus buah, asinan buah, atau sekadar dimakan langsung sebagai komponen rujak. Rasa manis-asamnya sudah tak lagi diragukan mampu menambah selera. Selain terasa segar, ternyata ada banyak manfaat buah nanas bagi kesehatan dan kecantikan, lho!

Sekilas Tentang Buah Nanas

Nanas adalah salah satu tanaman tropis yang tingginya mencapai 5-8 kaki dan menyebar sekitar radius 3-4 kaki. Daunnya berujung jarum dan kulit buahnya kasar serta sedikit tajam.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Secara ilmiah, buah ini dikenal dengan nama Ananas comosus dan termasuk famili Bromeliaceae, dalam genus Ananas. Manfaat buah nanas sangat beragam, dan telah banyak diteliti oleh para ahli.

Buah ini awalnya berasal dari penduduk pribumi Paraguay lokal di Amerika Selatan, kemudian dibawa ke Spanyol saat Columbus menemukan benua Amerika pada tahun 1493. Pada abad ke-15 dan ke-16, pelaut Eropa membawa nanas ke seluruh dunia untuk melindungi diri dari penyakit scurvy, penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C.

Nilai Gizi dan Kandungan Buah Nanas

Nanas segar adalah sumber vitamin antioksidan yang sangat baik. Setiap 100 gram buah nanas mengandung 47,8 vitamin C, setara dengan pemenuhan 80% kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C dibutuhkan untuk mendukung proses sintesis kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein struktural utama dalam tubuh yang dibutuhkan untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang.

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C secara teratur dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit scurvy, atau gagalnya sintesis kolagen dan pembentukan osteoid di dalam tubuh. Di samping itu, asupan vitamin C yang cukup juga mampu memberikan daya tahan terhadap infeksi dan mencegah radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Sedangkan jika dilihat dari kalorinya, setiap 100 gram buah nanas mengandung sekitar 50 kalori, setara dengan apel. Dagingnya tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Buah nanas juga merupakan sumber serat larut dan tidak larut seperti pektin.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Lebih jelasnya, berikut kandungan zat gizi dalam 100 gram buah nanas berdasarkan USDA National Nutrient data base:

Kandungan Nilai Gizi Persentase RDA
Energi 50 Kkal 2,5%
Karbohidrat 13,52 g 10%
Protein 0,54 g 1%
Lemak total 0,12 g <1%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat makanan 1,40 g 4%
Vitamin
Folat 18 mcg 4,5%
Niasin 0,500 mg 4%
Piridoksin 0.112 mg 9%
Riboflavin 0,018 mg 1,5%
Thiamin 0,079 mg 6,5%
Vitamin A 58 IU 2%
Vitamin C 47,8 mg 80%
Vitamin E 0,02 mg <1%
Vitamin K 0,07 mcg 0,5%
Elektrolit
Sodium 1 mg 0%
Kalium 109 mg 2,5%
Mineral
Kalsium 13 mg 1,3%
Tembaga 0.110 mg 12%
Besi 0,29 mg 3,5%
Magnesium 12 mg 3%
Mangan 0,927 mg 40%
Fosfor 8 mg 1%
Selenium 0,1 mcg <1%
Seng 0,12 mg 1%
Phyto-nutrient
Carotene-ß 35 mcg -
Crypto-xanthin-ß 0 mcg -

*RDA = Recommended Daily Allowance, jumlah nutrisi harian yang direkomendasikan untuk kesehatan tubuh optimal.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Membantu Mengobati Radang Sendi

Salah satu manfaat buah nanas yang paling terkenal dalam dunia kesehatan adalah kemampuannya dalam mengurangi peradangan sendi dan otot, terutama yang berhubungan dengan artritis. Atritis merupakan penyakit yang benar-benar membuat penderitanya tersiksa karena terjadi pembengkakan, kekakuan, dan keterbatasan bergerak.

Nanas mengandung enzim proteolitik yang disebut bromelain. Enzim tersebut berperan dalam reaksi pemecahan protein kompleks dan memberikan efek antiinflamasi. 

2. Meningkatkan Imunitas

Satu porsi buah nanas mengandung lebih dari 130% kebutuhan vitamin C setiap hari bagi manusia. Maka tak heran jika nanas menjadi salah satu sumber asam askorbat terbaik dan buah paling lezat.

Tubuh membutuhkan vitamin C untuk merangsang aktivitas sel darah putih guna melawan penyakit. Selain itu, jenis vitamin yang larut air ini juga bertindak sebagai antioksidan, sehingga mampu melindungi efek berbahaya dari radikal bebas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3. Membentuk Kolagen

Manfaat buah nanas yang satu ini lagi-lagi dipengaruhi oleh kandungan vitamin C yang tinggi pada buahnya. Vitamin C ternyata juga berperan untuk membentuk kolagen, yaitu basis protein penting dari dinding pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah nanas juga dapat membantu menyembuhkan luka pada tubuh dengan cepat. Ketika mulai ada serangan infeksi maupun penyakit pun, jenis vitamin inilah yang akan melindungi tubuh Anda agar tidak jatuh sakit. 

4. Mencegah Kanker

Selain vitamin C, buah nanas juga mengandung berbagai jenis antioksidan lainnya seperti vitamin A, beta karoten, bromelain, berbagai senyawa flavonoid, dan mangan yang tinggi. Hal ini menjadikan nanas dikenal baik untuk mencegah kanker.

Dalam sejumlah penelitian, nanas memiliki kemampuan yang secara langsung berhubungan dengan pencegahan kanker pada mulut, tenggorokan, hingga payudara.

5. Menunjang Kesehatan Pencernaan

Seperti kebanyakan buah pada umumnya, nanas adalah sumber serat yang tinggi. Lebih dari itu, nanas dinilai lebih istimewa karena mengandung serat larut dan tidak larut sekaligus.

Hal ini tentu menjadi pertanda baik. Pasalnya, rutin mengonsumsi nanas dapat melindungi Anda dari berbagai gangguan pencernaan, termasuk konstipasi, diare, sindrom iritasi usus besar, serta penyakit aterosklerosis dan pembekuan darah.

Baca Juga: Makan Nanas Bisa Buat Vagina Manis, Mitos Atau Fakta?

6. Membantu Mengobati Batuk dan Pilek

Kandungan utama nanas terletak pada enzim bromelain, yakni enzim yang diketahui dapat mengurangi dahak dan lendir yang terbentuk di saluran pernapasan dan rongga sinus. Oleh karena itu, untuk Anda yang sedang mengalami batuk atau pun pilek, tak ada salahnya untuk mencoba buah nanas.

Baca Juga: Mengobati Flu, Batuk Pilek Secara Tradisional dan Manjur

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Meskipun nanas tidak memiliki begitu banyak kandungan kalsium, nanas memiliki jumlah mangan yang melimpah. Mangan merupakan mineral lain yang memiliki peran penting dalam memperkuat tulang, sekaligus membantu pertumbuhan dan perbaikan pada tulang. Setiap satu porsi nanas mampu memenuhi 70% kebutuhan mangan sehari-hari Anda.

8. Menjaga Kesehatan Mulut

Selain memiliki senyawa antioksidan yang berfungsi melindungi dari kanker mulut, nanas juga memiliki kandungan astringent yang dapat memperkuat gigi dan gusi. Kandungan tersebut juga dapat membantu mencegah terjadinya rambut rontok, kelemahan otot, hingga kulit kendur.

9. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Siapa sangka bahwa manfaat buah nanas juga bisa dirasakan oleh mata. Pasalnya, makan nanas bisa membantu mencegah kerabunan sekaligus menjaga kesehatan organ penglihatan Anda.

Salah satu kerabunan terjadi akibat degenerasi makula yang umumnya mempengaruhi penglihatan orang lanjut usia. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab kandungan beta karoten dari nanas dapat membantu Anda mengurangi masalah ini.

10. Membantu Mengatur Tekanan Darah

Nanas memiliki sumber mineral yang sangat berharga, salah satunya kalium. Hati-hati, kekurangan kalium dapat menyebabkan berbagai bahaya kesehatan.

Salah satu fungsi utama kalium sebagai vasodilator, yakni kemampuan untuk meminimalisir terjadinya ketegangan dan tekanan pada pembuluh darah. Selain itu, kegunaan nanas juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh.

Bila pembuluh darah Anda rileks, tekanan darah Anda jadi berkurang sehingga aliran darah jadi lebih lancar. Alhasil, Anda akan terhindar dari risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

11. Menjaga Sirkulasi Darah

Tak hanya ada mineral mangan, buah berkulit kasar ini juga mengandung tembaga. Mineral yang satu ini berperan penting untuk mengatur sejumlah reaksi enzimatik dan senyawa dalam tubuh.

Tubuh membutuhkan asupan tembaga yang cukup untuk mendukung proses pembentukan sel darah merah yang sehat. Jumlah sel darah merah yang tinggi dapat meningkatkan oksigenasi ke berbagai sistem organ, sehingga organ-organ dalam tubuh Anda mampu berfungsi secara optimal.

12. Solusi Efektif untuk Jerawat

Manfaat buah nanas lainnya bisa dilihat dari kulit. Poin yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat.

Kandungan vitamin C pada buah nanas mampu menyingkirkan jerawat yang membandel. Ditambah lagi dengan enzim bromelain di dalamnya yang dapat mempercepat penyembuhan pada kulit berjerawat.

13. Membantu Kulit Tampak Lebih Muda

Kabar gembira untuk Anda semua wanita-wanita cantik yang menginginkan kulit kenyal dan halus. Mulai sekarang, jangan lewatkan buah eksotis ini dalam daftar belanjaan Anda.

Konsumsi buah nanas mampu mengoptimalkan proses sintesis kolagen dalam tubuh. Semakin tinggi sintesis kolagen, maka akan semakin kencang dan lentur pula kulit Anda.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tambahkan juga asupan makanan yang kaya asam amino dan vitamin C lainnya. Kombinasi makanan ini akan membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan tubuh dengan cepat, sehingga kulit Anda tetap sehat. 

Caranya, oleskan jus nanas segar di wajah Anda dan basuh dengan menggunakan air keran setelah 10 menit. Lakukan secara rutin dan buktikan sendiri hasilnya.

14. Mencerahkan Wajah

Potong-potong nanas menjadi beberapa irisan dan letakkan di wajah Anda sebagai masker. Masker buah nanas ini dapat mengangkat sel kulit mati dan melancarkan aliran darah, yang tentunya akan membuat kulit Anda terlihat lebih cerah.

15. Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah

Telapak kaki dan tumit yang pecah-pecah adalah masalah sepele tapi paling sering dialami. Meski tidak terlalu kelihatan karena letaknya jauh di bawah kaki, kondisi ini tetap saja mengganggu dan bikin tidak nyaman. 

Solusinya mudah saja. Coba gunakan kulit nanas dan gosokkan ke telapak kaki Anda. Cara ini efektif karena kulit kaki yang serampangan dan kapalan dapat mengelupas dengan mudah. Hasil akhirnya, telapak kaki dan tumit Anda berangsur-angsur jadi lebih halus, lembut, dan terlihat lebih cantik.

16. Mempercantik dan Memperkuat Kuku

Apakah kuku Anda terlihat kering dan rapuh? Jika iya, maka bisa jadi Anda mengalami kekurangan vitamin A dan B. 

Akan tetapi, Anda tidak perlu merasa khawatir sebab Anda bisa mengatasinya hanya dengan memanfaatkan buah nanas. Anda bahkan bisa membuat lotion sendiri menggunakan jus nanas untuk mempercantik kuku di rumah.

17. Membantu Merawat Kecantikan Kulit

Cuaca yang panas dan polusi yang terus-menerus terjadi membuat kulit kusam. Namun tenang saja, Anda hanya perlu menggunakan nanas untuk membantu mengembalikan hidrasi kulit.

Cara mendapatkan manfaat buah nanas yang satu ini cukup mudah, yaitu:

  • Campurkan sekitar 3 sendok makan (sdm) nanas yang telah dilumatkan sampai hancur, kuning telur, dan sedikit susu. Aduk sampai tercampur rata.
  • Oleskan ke bagian kulit yang diinginkan dan biarkan selama beberapa menit.
  • Cuci bersih dengan air hangat.

18. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Anda memiliki bibir yang pecah-pecah? Ambillah sedikit daging nanas lalu hancurkan, campurkan dengan minyak kelapa, lalu lihatlah hasilnya. Nanas, seperti minyak kelapa, memiliki sifat menghidrasi dan mampu memberi nutrisi pada kulit.

19. Mencegah Rambut Rontok

Punya rambut rontok dan sudah melakukan berbagai cara tapi tak juga membuahkan hasil? Cobalah rutin makan nanas di siang hari.

Lagi-lagi, manfaat nanas yang satu ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin C di dalamnya. Asupan vitamin C yang cukup mampu mencegah kerontokan rambut.

Ditambah lagi dengan sifat antioksidan kuat yang mampu memerangi kerusakan akibat radikal bebas. Makanlah beberapa irisan nanas setiap harinya atau Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus segar untuk mencegah rambut rontok.

20. Mengatasi Gatal pada Kulit Kepala 

Saat kulit kepala Anda terus-menerus dihinggapi rasa gatal, cobalah makan nanas untuk mengatasinya. Kandungan bromelain yang terdapat pada buah nanas adalah enzim antioksidan yang memiliki kekuatan anti-inflamasi.

Konsumsi nanas setiap hari juga dapat mencegah dan meredakan kondisi peradangan yang mempengaruhi kulit kepala. Hal ini juga bisa membantu mengatasi infeksi pada kulit kepala dan masalah rambut rontok.

21. Membantu Pertumbuhan Rambut yang Tebal

Ekstrak nanas diketahui mampu menebalkan rambut. Manfaat nanas yang satu ini terdapat pada enzim khas yang mampu memberikan nutrisi penting pada rambut, sehingga folikel rambut jadi lebih sehat. Hasil akhirnya, rambut Anda jadi lebih tebal, elastis, dan tidak mudah rontok.

Baca Juga: Cara Membuat Rambut Cepat Panjang Tanpa Bahan Kimia

22. Mencegah Kerusakan Akibat Radikal Bebas

Nanas adalah sumber antioksidan yang melimpah, sehingga dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Hal ini sangat penting untuk mencegah kerusakan sel lebih lanjut.

Kandungan antioksidan pada buah nanas juga mampu melindungi tubuh Anda dari penyakit seperti aterosklerosis, penyakit jantung, arthritis, berbagai jenis kanker, dan sebagainya.

23. Menjaga Gusi Sehat

Manfaat nanas selanjutnya adalah dapat memperkuat gusi serta menjaga agar gigi Anda tetap sehat dan kuat. Dengan demikian, Anda akan lebih percaya diri saat tersenyum ataupun tertawa.

24. Sebagai Anti-Inflamasi

Buah nanas terkenal dengan sifat anti-inflamasinya yang dapat menguatkan tulang dan mencegah peradangan pada pasien arthritis.

25. Membantu Menyembuhkan Sinusitis, Sakit Tenggorokan, Asam urat, Pembengkakan

Manfaat nanas lainnya yaitu kemampuannya untuk membantu mencegah sinusitis. Nanas juga efektif dalam menyembuhkan sakit tenggorokan, asam urat, dan pembengkakan. 

26. Membantu Mencegah Atherosclerosis

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab utama aterosklerosis alias pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini dapat dicegah dengan asupan antioksidan pada buah nanas yang melimpah. 

27. Membantu Meredakan Mual Pada Wanita Hamil

Di awal-awal kehamilan, kebanyakan wanita mengalami mual atau dikenal juga dengan morning sickness. Kabar baiknya, minum jus nanas diketahui dapat mencegah mual saat hami.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa ini bukan berarti Anda boleh minum jus nanas kebanyakan. Sebaiknya konsultasikan lebih lanjut pada dokter kandungan Anda sebelum mencoba minum jus nanas saat hamil. 

Baca Juga: Makan Nanas Saat Hamil, Aman Atau Berbahaya?

28. Membantu Membersihkan Parasit di Usus

Nanas mengandung enzim pencernaan bromelain, sehingga makan nanas dapat membantu membersihkan parasit usus tertentu, contohnya cacing pita. Jadi, ucapkan selamat tinggal pada beberapa penyakit yang disebabkan oleh cacing menjijikkan ini.

29. Membantu Mengatasi Catarrh

Catarrh terjadi saat ada penimbunan lendir di dalam hidung atau tenggorokan. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh inflamasi atau peradangan selaput lendir.

Catarrh biasanya terjadi bersamaan dengan masuk angin atau batuk berdahak. Kabar baiknya, kelainan ini bisa dicegah dengan mengonsumsi nanas secara teratur.

30. Membantu Mengobati Bronkitis

Anda pasti pernah memperhatikan bahwa sifat anti-inflamasi nanas sangat berguna dalam mengobati banyak penyakit. Selain itu, manfaat nanas juga ternyata dapat membantu mengurangi peradangan pada tabung bronkial, yang umumnya timbul karena bronkitis.

Nah, kini tak diragukan lagi bahwa manfaat nanas sangat baik bagi keseluruhan tubuh. Mulai dari efeknya pada kulit, rambut, kuku, hingga organ dalam tubuh sehingga mampu mencegah berbagai penyakit. Jadi, mulailah makan buah tropis yang satu ini dan rasakan sendiri manfaat buah nanas bagi kesehatan Anda.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The health benefits of pineapple. BBC Good Food. (https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/health-benefits-pineapple)
Pineapple Health Benefits & Nutrition. WebMD. (https://www.webmd.com/food-recipes/benefits-pineapple#1)
Pineapple: Nutrition and benefits. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/276903.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app