Kenaikan Berat Badan Tidak Disengaja - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 14, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 445.465 orang

Peningkatan berat badan yang tidak disengaja terjadi ketika Anda mengalami penambahan berat badan tetapi tidak mengalami peningkatan konsumsi makanan atau cairan dan tanpa mengurangi aktivitas Anda.

Peningkatan berat badan seperti ini sering disebabkan oleh retensi cairan, pertumbuhan jaringan abnormal, konstipasi, atau kehamilan. Peningkatan berat badan yang tidak disengaja dapat terjadi secara perlahan, terus menerus, atau terjadi dalam jangka waktu yang cepat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Penambahan berat badan yang tidak disengaja termasuk fluktuasi berat badan yang teratur. Salah satu contoh kenaikan berat badan yang tidak disengaja dialami selama seorang wanita mengalami menstruasi.

Peningkatan berat badan yang tidak disengaja, tetapi terjadi dalam jangka panjang seringkali merupakan manifestasi klinis dari kehamilan yang berlangsung selama 9 bulan.

Peningkatan berat badan yang cepat dan tidak disengaja mungkin disebabkan oleh efek samping obat. Sebagian besar penyebab kenaikan berat badan yang tidak disengaja tidak membahayakan kesehatan.

Tetapi beberapa gejala yang dialami bersamaan dengan kenaikan berat badan yang cepat mungkin dapat menandakan kondisi medis yang serius.

Apa yang menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak disengaja?

1. Kehamilan

Penyebab paling umum kenaikan berat badan yang tidak disengaja adalah kehamilan. Tetapi kebanyakan wanita akan makan lebih banyak untuk mendukung pertumbuhan bayi.

Selama kehamilan, saat hamil, berat badan seorang wanita akan bertambah bersamaan dengan pertumbuhan bayi. Berat ekstra ini terdiri dari bayi, ari-ari, cairan ketuban, peningkatan suplai darah, dan rahim yang membesar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

2. Perubahan hormon

Antara usia 45 dan 55, wanita memasuki tahap yang disebut menopause. Selama masa reproduksi wanita, estrogen adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur siklus menstruasi.

Begitu seorang wanita mengalami menopause, kadar estrogen yang dihasilkan oleh tubuh wanita tersebut terlalu rendah untuk bisa menyebabkan menstruasi.

Penurunan estrogen yang terjadi pada wanita yang mengalami menopause akan menyebabkan kenaikan berat badan di sekitar daerah perut dan pinggul. Selain dari perubahan hormon akibat menopause, wanita yang didiagnosis dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) juga dapat mengalami penambahan berat badan yang tidak disengaja.

Perubahan hormon seiring dengan bertambahnya usia Anda juga dapat menyebabkan metabolisme Anda melambat, sehingga dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Kondisi medis lainnya yang mempengaruhi kadar hormon juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan baik pada laki-laki maupun wanita. Contoh kondisi medis yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan adalah :

  • hipotiroidisme
  • Sindrom Cushing
  • peningkatan produksi kortisol (hormon stres)

3. Haid

Pertambahan berat badan secara berkala sering disebabkan oleh siklus menstruasi. Wanita mungkin mengalami retensi air dan kembung saat datang bulan. Perubahan kadar estrogen dan progesteron dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Jenis kenaikan berat badan ini mereda ketika periode menstruasi berakhir untuk bulan tersebut. Dan akan kembali muncul pada bulan selanjutnya saat wanita tersebut mengalami datang bulan.

4. Retensi cairan

Peningkatan berat badan yang cepat dan tidak dapat dijelaskan mungkin merupakan hasil dari retensi cairan. Retensi cairan, yang merupakan suatu proses penumpukan cairan di jaringan tubuh atau yang dikenal dengan istilah edema, dapat menyebabkan anggota tubuh, tangan, kaki, wajah, atau perut Anda terlihat bengkak. Orang dengan gagal jantung, penyakit ginjal, atau mereka yang minum obat tertentu mungkin mengalami kenaikan berat badan jenis ini.

Anda harus selalu melaporkan pertambahan berat badan yang cepat dan retensi cairan ke dokter Anda, walaupun gejala ini tidak disertai dengan gejala lainnya.

5. Obat-obatan

Peningkatan berat badan yang tidak disengaja dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu, seperti:

  • kortikosteroid
  • antidepresan
  • obat antipsikotik
  • pil KB

Apa saja gejala kenaikan berat badan yang tidak disengaja?

Tergantung pada penyebabnya, gejala kenaikan berat badan yang tidak disengaja dapat berbeda dari orang ke orang. Gejala yang terkait dengan kenaikan berat badan jenis ini termasuk ketidaknyamanan perut atau rasa sakit dan kembung.

Anda juga mungkin akan mengalami pembengkakan yang terlihat di perut dan area lain di tubuh Anda, atau ekstremitas (tungkai, kaki,lengan, atau tangan).

Anda harus segera ke dokter jika mengalami gejala-gejala berikut:

  • demam
  • Kulit yang terlalu sensitif
  • sesak nafas
  • sulit bernafas
  • kaki bengkak
  • jantung berdebar-debar
  • berkeringat
  • gangguan penglihatan
  • pertambahan berat badan yang cepat

Ketika gejala-gejala ini muncul bersamaan dengan peningkatan berat badan yang tidak disengaja, hal ini dapat merupakan suatu tanda terjadinya suatu kondisi medis yang serius.

Bagaimana mendiagnosis kenaikan berat badan yang tidak disengaja?

Dokter Anda akan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai gejala, gaya hidup, dan riwayat kesehatan Anda. Dokter Anda juga dapat mengambil sampel darah untuk memeriksa kadar hormon, fungsi ginjal, dan fungsi hati.

Dokter juga mungkin akan melakukan pemeriksaan lain yang dapat membantu mereka menegakkan diagnosis dari penyakit yang mendasari terjadinya kenaikan berat badan yang tidak disengaja.

Pemeriksaan radiologi seperti ultrasound, X-ray, MRI, atau CT scan mungkin diperlukan.

Apa saja pilihan perawatan untuk mengatasi kondisi medis yang menyebabkan penambahan berat badan yang tidak disengaja?

Ada beberapa cara untuk mengatasi kenaikan berat badan yang tidak disengaja. Metode pengobatan terbaik tergantung pada penyebab mendasar yang menyebabkan kenaikan berat badan Anda yang tidak disengaja.

Jika ketidakseimbangan hormon adalah penyebabnya, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat untuk menyeimbangkan kadar hormon Anda. Obat akan tergantung pada hormon apa yang terpengaruh. Obat-obatan ini sering digunakan jangka panjang.

Jika obat adalah penyebab masalahnya, dokter Anda akan merekomendasikan perawatan alternatif atau pengurangan dosis untuk mengatasi kondisi ini.

Ditinjau secara medis oleh Peggy Pletcher, MS, RD, LD, CDE pada 2 Februari 2017 - Ditulis oleh April Kahn

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit