HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Kelelahan Adrenal, Gangguan Kesehatan Zaman Modern

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kelelahan Adrenal, Gangguan Kesehatan Zaman Modern

Ketika kita stres, tubuh kita akan  masuk ke dalam mode  "melawan atau lari". Kelenjar adrenal akan  menghasilkan lonjakan hormon stres (kortisol dan adrenalin), memungkinkan kita untuk berpikir dan bertindak cepat. 

Stres yang berkepanjangan, akan membuat kadar  kedua hormon di atas menjadi konstan tinggi dan itu justru akan mengurangi kemampuan kita mengatasi stres. Kondisi ini disebut kelelahan adrenalin.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Kelelahan adrenalin dapat terjadi secara bertahap, dapat juga secara cepat dan tiba-tiba, tergantung pada lingkungan dan genetik Anda. Kelelahan adrenalin  dapat memengaruhi kerja seluruh tubuh. Pada kasus yang berat, dapat menimbulkan gangguan kesehatan atau memperburuk penyakit yang sudah ada. Penyakit yang bisa dipengaruhi oleh kelelahan adrenalin di antaranya adalah  tekanan darah tinggi, jerawat, sakit maag, asma dan sindrom iritasi usus (IBS).
Dalam kasus yang kurang ekstrim, kelelahan adrenalin bisa menimbulkan gejala:

Mental:
Kesulitan mengingat sesuatu
Sulit konsentrasi
Pikiran tidak teratur
Tidak bisa berpikir jernih

Emosi:
Kelelahan dan depresi
Fluktuasi emosi
Sulit tidur
Tidak sabaran
Berpikir negatif
Merasa sendiri dan terisolasi

Fisik:
Sakit kepala
Sakit punggung
Otot-otot terasa kaku
Gerakan usus tidak konsisten, menyebabkan konstipasi atau diare
Nyeri dada
Detak jantung cepat
Kehilangan atau bertambah berat badan
Timbul jerawat, psoriasi atau eczema
Libido menurun
Imun tubuh turun
Hilang nafsu makan
Ingin mengonsumsi obat penenang atau alkohol
Grogi, menggiti kuku

Sering mengertakkan gigi
Keringat berlebih atau tangan lembap karena keringat

Penyebab stres yang berkepanjangan, bervariasi dari orang ke orang. Biasanya terkait dengan kesibukkan  sehari-hari. Tapi, kadang-kadang dapat disebabkan oleh  satu peristiwa besar seperti kematian orang yang dicintai, perceraian atau perpisahan,  kebangkrutan atau cedera  atau sakit parah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Untuk mengatasi supaya stres tidak menjadi berkepanjangan, ada baiknya Anda mencari tahu hal apa yang menurut Anda tepat dan cocok untuk membuat Anda lebih rileks. Mungkin yoga, membaca buku, bermain atau mendengarkan musik dan lain sebagainya. 

Atau, Anda juga bisa mencoba teknik rileksasi mindfullness. Mindfullness akan mengajarkan Anda cara untuk fokus pada saat ini, tidak memikirkan masa lalu dan tidak khawatir akan masa depan.  Mindfulness telah terbukti secara klinis dapat mengurangi stres, kecemasan dan depresi.

Nutrisi memainkan peran besar dalam manajemen stres. Ada banyak tumbuh-tumbuhan dan mineral alami  yang telah terbukti mampu membantu meringankan tekanan emosi. Berikut ini di antaranya: 
1. Vitamin B: Kebutuhan vitamin B kompleks meningkat selama masa stres dan infeksi. Vitamin B5 misalnya, yang dikenal sebagai vitamin anti-stres. B5 diperlukan untuk sintesis beberapa kontrol stres dan hormon yang berhubungan dengan seks yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. Oleh karena itu, kekurangan vitamin dapat merusak fungsi adrenal. Orang dewasa dianjurkan untuk mengkonsumsi 5 miligram vitain B5  setiap hari.

2. Lemon Balm: Aroma lemon yang segar dipercaya  memiliki efek yang sangat menenangkan, membantu untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Magnesium: Mineral ini membantu dalam banyak cara, mendukung kelenjar adrenal, otot dan saraf stres menjadi lebih rileks dan membantu Anda tidur lebih nyenyak. 

4. Vitamin C
Kelenjar adrenal mengandung konsentrasi tertinggi vitamin C dibandingkan dengan semua kelenjar dan organ tubuh lainnya. Adrenal melepaskan vitamin C ke dalam aliran darah untuk digunakan oleh sel-sel dan jaringan tubuh yang berbeda untuk menangani berbagai jenis stres. Kekurangan vitamin C akan menyebabkan kelenjar adrenal tidak bekerja dengan baik dan kehilangan kemampuannya  dalam memerangi stres.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Adrenal Fatigue: Myths, symptoms, disorders, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/245810.php)
Adrenal Fatigue Diet: Good and Bad Foods for Adrenal Health. Healthline. (https://www.healthline.com/health/adrenal-fatigue-diet)
Adrenal Fatigue: Is It Real? Symptoms, Causes, Treatments. WebMD. (https://www.webmd.com/a-to-z-guides/adrenal-fatigue-is-it-real)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app