Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Jujube: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.236.055 orang

]Jujube (Ziziphus Jujuba) adalah tanaman bersemak ukuran kecil asal Asia Selatan yang memiliki buah-buahan dengan ukuran yang sama persis seperti kurma, disebut-sebut juga dengan “kurma merah”. Tumbuhan ini memiliki tinggi 5-12 meter.

Buah mudanya berwarna hijau dan akan berubah menjadi kuning atau kemerahan saat sudah matang. Buahnya juga dapat makan dimakan segar, mentah, dimasukan ke dalam teh, bahkan dijadikan jus. Masyarakat Korea Selatan biasanya mengkonsumsi jujube untuk dijadikan sebagai menu sarapan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kegunaan lainnya yang dapat Anda temukan dari buah ini, dapat dijadikan sebagai obat penambah darah sehingga sangat digemari oleh masyarakat terutama dikalangan para wanita yang telah melahirkan untuk digunakan sebagai suplemen yang dapat memulihkan fisik lemah akibat kekurangan darah.

Kandungan Jujube

Jujube memiliki berbagai macam kandungan, seperti:

  • Air
  • Protein
  • Magnesium
  • Lemak total
  • Kalsium
  • Besi
  • Pospor
  • Potasium
  • Sodium
  • Zinc
  • Thiamin
  • Riboflavin
  • Vitamin A, B, (B6 dan B12), C

Manfaat penggunaan Jujube

Jujube kaya akan serat dengan energi, vitamin, dan mineral penting yang dapat memberikan banyak manfaat, yaitu:

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah jujube membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh serta menghambat penyebaran sel kanker. Sebuah penelitian menyatakan bahwa jujube dapat meningkatkan pembentukan sel darah putih, menurunkan kadar kolesterol serum, meningkatkan serum albumin dan dapat melindungi organ hati.

Jujube mengandung zat yang dapat menghambat penyebaran sel kanker sehingga dapat mengubah sel kanker menjadi sel normal.

Menurunkan kadar Kolesterol

Orang yang sering mengkonsumsi jujube jarang menderita batu empedu karena mengandung banyak vitamin C. Kandungan vitamin C dapat mengubah kolesterol yang tinggi dan mencegah  terjadinya batu empedu.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Membantu mengatasi Insomnia

Mengkonsumsi ekstrak buah jujube dapat mengatasi masalah insomnia atau gelisah. Sifat menenangkan dari senyawa jujube ini dapat menenangkan tubuh dan pikiran.

Jika Anda tidak dapat tidur nyenyak di malam hari. Sebaiknya rebuslah sedikit buah jujube lalu minum airnya agar membantu pikiran anda tenang.

Memperlancar sirkulasi darah

Buah Jujube kaya akan zat besi dan fosfor. Kedua kandungan ini merupakan bahan-bahan utama untuk sel darah merah. Anda disarankan mengkonsumsi buah jujube jika mengalami anemia.

Selain itu, buah ini dapat meningkatkan kadar zat besi dan fosfor, sehingga meningkatkan aliran darah yang membuat oksigen terdistribusi ke sistem organ.

Memperkuat tulang

Meningkatkan asupan mineral dengan kalsium, fosfor, dan zat besi yang terkandung dalam buah jujube dapat membuat tulang Anda akan tetap kuat untuk beberapa tahun kedepan.

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Buah Jujube banyak mengandung antioksidan, termasuk vitamin C, vitamin A, dan berbagai senyawa organic dan asam.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Antioksidan di buah Jujube mampu menetralisirkan radikal bebas, produk sampingan berbahaya dan respirasi sel, yang menyebabkan banyak penyakit kronis dan penyakit dalam tubuh.

vitamin C yang terkandung dalam buah Jujube juga dapat merangsang produksi sel darah putih, yang berperan penting pada sistem kekebalan tubuh.

Dapat mengurangi stress

Buah Jujube telah terbukti memiliki efek anxiolytic dan menenangkan pada tubuh. menggunakan ekstrak atau makan buahnya langsung dapat memberikan pengaruh pada tingkat hormonal dan menginduksi rasa tenang, serta memberikan sensasi rileks seluruh tubuh dan pikiran.

Orang yang menderita stress kronis atau gelisah dapat mengkonsumsi buah Jujube untuk meringankan pikiran dan melindungi tubuh dari efek samping yang serius dari kondisi yang disebabkan oleh hormone stress.

Mengobati Kanker

Meskipun buah Jujube masih diteliti oleh parah ilmuwan, hasil awal menunjukan korelasi positif antara senyawa bioaktif dalam Jujube dan penurunan aktivitas radikal bebas dan penyebaran sel-sel kanker.

Kandungan Antioksidan dalam buah Jujube membuat pencegahan yang sangat efektif untuk kanker serta penyakit kronis lainnya, termasuk penyakit jantung.

Efek samping mengkonsumsi buah Jujube

Jujube memiliki antioksidan sangat baik seperti vitamin C, vitamin A, dan senyawa antioksidan lainnya . asupan antioksidan yang tinggi untuk waktu yang lama dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda.

Mengkonsumsi jujube dengan dosis yang tinggi dapat menimbulkan gangguan seperti penyumbatan usus, diare, gangguan lambung dan peningkatan berat badan. Reaksi alergi dapat terjadi pada beberapa orang dengan gejala gatal-gatal, ruam, bibir bengkak, iritasi tenggorokan, dan lainnya.

Ibu hamil boleh mengkonsumsi buah jujube karena dapat memenuhi asupan nutrisi yang terdapat pada kandungan buahnya. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakannya dengan dosis yang dianjurkan.

Penderita hipertensi yang sudah minum obat dan mengonsumsi buah jujube dengan dosis yang berlebihan dapat mengganggu reaksi obat dan memberikan efek samping yang serius.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini