Jerawat Bernanah, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jerawat bernanah dan jerawat lainnya dapat timbul karena disebabkan oleh beberapa hal, yaitu perubahan hormone yang disebabkan oleh pubertas atau kehamilan, obat tertentu seperti pil KB atau kortikosteroid, memiliki orang tua atau keluarga yang berjerawat, dan menu makanan atau minuman yang mengandung tinggi gula atau karbohidrat seperti keripik atau roti dan juga makanan yang berminyak seperti, gorengan atau pizza.
Dipublish tanggal: Sep 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit

Jerawat dapat terjadi pada semua orang, mau dia pria atau pun wanita. Hal ini dianggap biasa dan umum karena pada sebagian besar anak remaja yang sedang beranjak dewasa pernah mengalami jerawat sehingga dianggap sebagai hal yang normal dari masa-masa pubertas

Jerawat tidak hanya muncul pada anak remaja, melainkan pada orang dewasa pun juga dapat mengalaminya. Jerawat yang timbul di muka dapat dikatakan sebagai hal yang normal, tetapi ketika jerawat yang hadir sangat mengganggu penampilan Anda, apalahi jika jerawat itu bernanah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Kelenjara minyak (sebaceous gland) yang menempel di folikel rambut pada pori-pori kulit, menstimulasi di saat masa pubertas atau karena adanya perubahan hormone lainnya dan akhirnya menghasilkann sebum berlebih dapat menimbulkan jerawat. 

Sebum atau minyak adalah zat alami yang melumasi dan melidungi kulit. Selain itu, hal lain yang dapat menimbulkan terjadinya jerawat yaitu adanya penumpukan sel-sel kulit mati atau infeksi bateri pada pori-pori kulit.

Jerawat bernanah mengindikasi adanya infeksi

Anda dapat menemukan jerawat di bagian mana saja di tubuh. Tetapi, jerawat lebih sering muncul di wajah, punggung, leher, dada dan bahu. 

Jerawat memiliki beberaoa jenis, yaitu komedo hitam (benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit dan merupakan cikal bakal terjadinya jerawat), komedo putih atau whitehead (salah satu jenis jerawat yang terbentuk ketika sel-sel kulit mati, minyak, dan bakteri terperangkap di dalam pori-pori), papula, dan pustula atau jerawat bernanah.

Pustula atau jerawat bernanah adalah jerawat merah kecil yang memiliki nanah di bagian ujungnya. Jika Anda mengalami infeksi dapat menimbulkan pustula atau jerawat bernanah di mana sel darah putih berusaha untuk melawannya. 

Hal ini dapat mengakibatkan campuran cairan pada kulit yang terinfeksi kuman dan sel darah putih mati menjadi nanah. Pada saat nanah terbentuk di bawah kulit atau pori-pori kulit Anda, hal itu dapat menyebabkan terbentuknya pustula atau jerawat yang bernanah.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Jerawat bernanah atau pustula ini memiliki ukuran yang lebih kecil anatar 5 hingga 10 milimeter. Bakteri dan jamur dapat menimbulka nanah yang sangat terindikasi. 

Beberapa jenis pustule dapat timbul bukan karena disebabkan oleh infeksi, melainkan jenis ini bersifat steril dan dapat menyebabkan penyakit kulit menjadi radang seperti pemphigus atau psoriasis.

Jerawat bernanah dan jerawat lainnya dapat timbul karena disebabkan oleh beberapa hal: 

Yaitu perubahan hormone yang disebabkan oleh pubertas atau kehamilan, obat tertentu seperti pil KB atau kortikosteroid, memiliki orang tua atau keluarga yang berjerawat, dan menu makanan atau minuman yang mengandung tinggi gula atau karbohidrat seperti keripik atau roti dan juga makanan yang berminyak seperti, gorengan atau pizza.

Cara mengatasi jerawat bernanah

Anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasi jerawat bernanah, di antaranya:

1. Tidak memencet jerawat

Jerawat memang sungguh sangat mengganggu penampilan kita terlebih lagi jika jerawat itu muncul di wajah Anda. Tentu saja hal ini tidak disarankan karena dapat menimbulkan risiko dan memicu peradangan yang lebih parah. J

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

ika Anda melakukan perawatan pada wajah Anda dengan baik saat berjerawat, maka jerawat itu sendiri dapat hilang dengan sendirinya. Jika jerawat bernanah pecah dengan sendirinya, bersihkan dengan kapas atau kasa steril dan olesi dengan antibiotic salep. 

Jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan dokter kulit untuk mendapat penanganan yang lebih baik.

2. Menggunakan obat yang dijual bebas tanpa resep dokter

Anda dapat menggunakan obat topikal (obat oles) yang dijual bebas di pasaran tanpa resep dokter, tetapi untuk mengatasi pustula atau jerawat bernanah dapat menggunakan benzoil peroksida. Benzoil peroksida dapat tersedia dalam bentuk gel dan krim jerawat. 

Dengan menggunakan benzoil peroksida dapat mengeringkan jerawat yang ada dan mencegah munculnya jerawat baru, selain itu juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

3. Menggunakan sulfur dan asam salisilat

Ramuan alami dengan aroma khas yang ditemukan pada beberapa losion, pembersih dan masker adalah ramuan yang berasal dari sulfur. Sedangkan asam salisilat merupakan konsentrasi tertentu yang terkandung dalam sabun dan pembersih wajah yang berjerawat dapat mencegah pori-pori tidak tersumbat. 

Jerawat tidak akan muncul ketika pori-pori di kulit wajah bersih. Penggunaan pembersih wajah untuk mengatasi jerawat yang bersifat mengelupas kulit (exfoliator) harus dihindari saat menggunakan obat salep yang mengandung asam salisilat.

4. Penggunaan antibiotic

Jerawat yang bernanah dan sulit untuk diobati dan dihilangkan, biasanya dokter akan memberikan obat antibiotic oral atau topikal untuk membunug bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan. 

Antibiotik biasanya hanya digunakan dalam waktu yang pendek, sehingga tubuh Anda tidak membangun resistensi dan membiarkan diri Anda rentan terhadap infeksi. Antibiotik hanya dapat digunakan sesuai dengan penyebab kuman infeksi pada jerawat dan atas anjuran dari dokter.

5. Isotretinoin (Accutane)

Isotretinoun adalah obat yang digunakan untuk mengatasi kondisi jerawat yang sulit ditangani dengan antibiotic atau perawatan kulit lainnya. Obat ini berbahan dasar vitamin A yang digunakan untuk mengobati kasus jerawat nodular parah. 

Jerawat yang tidak kunjung hilang dapat menggunakan obat ini apabila obat-obat yang lain sudah dicoba. Pada ibu hamil, obat jerawat yang mengandung tretinoin tidak boleh digunakan karena dapat mengakibatkan cacat pada janin. 

Iritasi kulit seperti kulit kering dan gatal merupakan efek samping lain dari penggunaan obat salep yang mengandung tretinoin. Kulit wajah tidak boleh terpapar sinar matahari saat menggunakan obat salep yang mengandung zat tretinoin. 

Konsultasi kepada dokter spesialis kulit terlebih dahulu saat hendak menggunakan obat golongan isotretinoin.

Jerawat bernanah dapat dicegah dengan berbagai cara selain cara-cara di atas yang sudah dijelaskan, yaitu mencuci muka dua kali sehari dengan pembersih muka tanpa minyak, hindari paparan sinar matahari, bersihkan wajah dengan sabun yang lembut untuk kulit dan tidak bersifat iritan.  

Hindari penggunaan make up yang mengandung minyak (noncomedogenic), menghapus make up dan membersihkan kulit Anda secara menyeluruh sebelum tidur, mandi setelah melakukan olahraga, menghindari pakaian yang ketat, mengonsumsi makanan yang sehat dan kurangi stress. 

Tidur secara teratur minimal 8 jam setiap malam.

Anda disarankan untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit apabila jerawat bernanah tidak kunjung sembuh setelah berbagai cata pengobatan telah dilakukan. Dokter spesialis kulit akan segera melakukan tindakan penanganan dan pengobatan yang tepat untuk Anda.


24 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app